Urbanhire Jobseeker

2019: Evolusi Pada HR

24

Jul 2019

Blog

Urbanhire – Di dalam sebuah perusahaan, SDM atau Sumber Daya manusia memang sangat penting untuk diperhatikan. Hal tersebut karena SDM sendiri memberikan peranan yang sangat penting, mengingat menjadi faktor utama dalam memajukan dan mengembangkan sebuah perusahaan. Oleh karena itu SDM juga harus semakin berkualitas agar perusahaan menjadi lebih baik. Dan untuk bisa mendapatkan sebuah Sumber Daya Manusia yang baik dalam perusahaan yang kamu bangun, maka harus terdapat sebuah evolusi HR atau evolusi SDM. Dimana SDM dari tahun ke tahun tentu saja mengacu pada suatu hal yang berbeda dan selalu berubah. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang perkembangan SDM dari masa ke masa dan seperti apa SDM yang dibutuhan di era yang akan datang.

Perubahan Sumber Daya Manusia Dari Masa Ke Masa

Sumber Daya Manusia sendiri semakin berkembang dan berubah seiring dengan tahun – tahun yang berlalu. Dimana dibagi menjadi tiga waktu, yaitu pra 1900an, awal 1900an dan akhir 1900an. 

  1. Pada masa pra 1900an, manajemen dari SDM adalah kerja keras dan kondisi lebih keras. Dimana para pekerja atau karyawan harus diperlakukan secara baik, tidak sebagai sumber daya yang mana dapat dihabiskan oleh sebuah perusahaan.
  2. Kemudian di awal masa 1900an, manajemen dari SDM adalah kualitas mengalahkan kuantitas. Dimana tujuannya adalah lebih fokus dengan upaya untuk menciptakan sebuah tenaga kerja yang lebih efisien, kemudian keterampilan yang diterima setiap pekerja. Serta pekerja nantinya akan lebih menguntungkan untuk perusahaan dengan bayaran yang tepat.
  3. Dan di akhir 1900an, manajemen dari SDM adalah pengakuan serta peraturan, dimana bayaran merupakan sebuah motivator. Dan kondisi kerja yang ramah dan aman serta peasaan intrisik akan pengakuan sosial merupakan hal yang paling penting.

Manajemen Sumber Daya Manusia Saat Ini

Dalam evolusi HR yang semakin berkembang, terlebih seiring dengan adanya internet yang semakin maju, tentunya manajemen dari SDM juga akan ikut berkembang. Seperti saat ini dimana manajemen SDM lebih kepada Brains Over Brawn. Dimana otak lebih berperan penting dibandingkan dengan otot. Kemunculan sistem internet tentu saja secara otomatis sudah merevolusi bisnis serta SDM sehingga sudah merasakan dampak secara penuh.

Untuk saat ini, sebuah keterampilan dari pekerja tentang pengetahuan, terlebih di bidang teknologi bisa dibilang lebih berharga daripada yang sebelumnya atau otot. Dimana Anda sebagai pengusaha sangat perlu meminta karyawan, tidak hanya sebaliknya untuk bisa menarik serta mempertahankan bakat dan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Bidang Utama Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Depan

Dan untuk masa depan, manajemen SDM tentu saja sudah semakin berubah. Dimana dunia kerja dari saat ini sudah membuat suatu langkah yang luar biasa dalam 100 tahun terakhir serta diatur untuk membuat sebuah kemajuan atas evolusi HR pada abad yang berikutnya. Dan berikut ini adalah beberapa bidang utama yang mana akan lebih difokuskan Human Resources Management pada masa depan:

1. Pengembangan karir strategis

Dimana pengembangan karir ini sendiri merupakan sebuah peluang yang sangat besar untuk para pengusaha. Bahkan tak hanya kaerna itu dapat membuat tenaga kerja Anda menjadi lebih mahir di dalam pekerjaan mereka. Namun juga karena merupakan sebuah strategi yang efektif untuk melakukan perekrutan serta retensi karyawan. 

2. Otomatisasi

Komputer untuk saat ini bisa mereplika proses yang mana sebelumnya disediakan untuk otak manusia, dimana mampu meubah semua jenis pekejaan. Dan dengan memanfaatkan teknologi komputer tersebut, SDM profesional bisa mendedikasikan lebih banyak waktunya untuk bisa membantu orang – orang yang ingin berkembang sebagai karyawan serta manusia.

3. Teknologi

Dimana menurut sebuah studi dari Deloitte Global Human Capital Trends 2017, SDM tidak hanya sebuah sistem pendukung. Namun juga diminta untuk bisa membantu memimpin organisasi menggunakan transformasi digital di seluruh dunia. Dimana lebih berfokus dengan eksperimen dan inovasi yang berfokus dengan pemanfaatan teknologi.

4. Pengalaman

Dimana seperti halnya praktik terbaik dari sebuah desain web yang lebih berfokus kepada bagaimana cara orang bisa memanfang perusahaan Anda. Sehingga para karyawan yang bergerak di bidang tersebut harus bisa berinteraksi dan berfokus dengan kemampuan dari hal tersebut.

5. Transparansi

Dimana seperti yang sudah dijelaskan, perusahaan harus memiliki manajemen secara transparan sehingga para karyawan nantinya bisa mengikuti manajemen dari SDM tersebut secara baik. Hal itu bertujuan agar dapat dipercaya oleh sebuah komunitas maupun organisasi yang bekerjasama dengan Anda sehingga termotivasi menuju sebuah tujuan yang sama.

6. Peraturan baru

Pemerintah federal sudah menjaga SDM profesional di dalam beberapa bulan terakhir. Dan hal tersebut tidak menunjukkan tanda – tanda melambat. Dan hal tersebut membuktikan sebuah perusahaan membutuhkan tim SDM yang sangat gesit.

7. Strategi

SDM tidak hanya tentang orang serta prosesnya. Karena hal tersebut tentang peran dari semua orang di dalam memastikan pertumbuhan secara jangka panjang. Dan manajemen dengan strategi tentunya mendukung tujuan dan juga hasil dari bisnis secara menyeluruh. Dan HRM di masa depan terbukti sangat berharga untuk unit bisnis dalam mengoptimalkan pertumbuhan perusahaan.

8. Budaya

Seperti tim pemasaran dari perusahaan Anda dimana membuat perusahaan menjadi terihat lebih menarik prospeknya. Sehingga SDM profesional akan membuat perusahaan menjadi terlihat menarik dengan adanya budaya organisasi yang benar – benar terjalin dengan baik.

Jadi pada intinya adalah pastikan perusahaan Anda menggunakan aset SDM yang berharga dan berkualitas tersebut dengan baik. Selain itu pastikan juga untuk membuat sebuah evolusi HR yang terbaik untuk bisa mempertahankan dan mengembangkan perusahaan.

Urbanhire menjadi salah satu bentuk nyata dari evolusi HR di tahun 2019 ini. Urbanhire mendigitalisasikan seluruh proses rekrutmen dari awal hingga akhir. Urbanhire sebagai Recruitment Platform memberikan fitur-fitur dengan teknologi canggih yang dapat membantu perekrut melakukan proses rekrutmen.