Urbanhire Jobseeker

3 Hal Yang Dilakukan Untuk Mengurangi Turnover

27

Jan 2020

UrbanhireTurnover merupakan salah satu isu yang paling membuat resah perusahaan dan kalangan praktisi HR. Alasannya karena semua hal yang berkaitan dengan kesuksesan bisnis tergantung sumber daya manusianya. Untuk itu peran Manajer dan tim manajemen SDM sangat vital dalam mengatur sumber daya manusia. Dan menurut artikel dari Society for Human Resource Management, kerugian yang dihasilkan dari turnover per tahunnya bisa mencapai $680 miliar. Dengan begitu, manajer dan tim manajemen SDM harus selalu belajar dan menentukan strategi yang tepat untuk mengurangi turnover. Lalu tiga hal apa yang perlu diperhatikan untuk menguranginya? 

Sistem Perekrutan

Praktisi HR harus bisa merancang dan memfasilitasi proses/sistem perekrutan yang tepat untuk mengurangi turnover. Dalam membuat atau merancang sistem perekrutan Anda sebagai praktisi harus meluangkan waktu karena merancang sistem perekrutan tidak bisa selesai dalam hitungan jam. Dengan menginvestasikan waktu, Anda akan dapat membuat sistem perekrutan yang lebih baik. Anda dapat menjabarkan secara detail apa yang menjadi kebutuhan perusahaan dan ekspektasi perusahaan dalam mendapatkan kandidat. Ketika Anda tahu apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, Anda akan dengan mudah memilih kandidat berdasarkan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan karakter perusahaan. Mendapatkan kandidat yang tepat akan mengurangi turnover di perusahaan Anda.

Pengembangan SDM

Kesempatan untuk belajar/pelatihan dan berkembang merupakan cara yang harus ada dalam menangani dan mengurangi turnover. Selain itu, pelatihan dan pengembangan juga membantu perusahaan Anda untuk memiliki karyawan yang terampil dan relevan. Anda dapat memberikan pelatihan dan pengembangan diri yang mengikuti kebutuhan dalam bisnis di era modern ini. Dengan memberikan pengembangan diri yang berkelanjutan dapat membantu karyawan Anda untuk meningkatkan karir mereka. Kegiatan ini memiliki dampak langsung pada engagement karyawan sehingga mayoritas yang mengikuti kegiatan ini lebih memilih loyal kepada perusahaan karena mendapatkan jenjang karir yang panjang.

Ketaatan Akan Peraturan

Hal selanjutnya yang dapat menurunkan turnover adalah menjaga perusahaan patuh terhadap peraturan dan hukum ketenagakerjaan. Alangkah baiknya jika Anda sebagai praktisi HR mematuhi peraturan ketika membuat kebijakan untuk karyawan di perusahaan Anda. Ketidakpatuhan hukum ketenagakerjaan dapat memiliki dampak yang parah, tidak hanya dalam hal hukuman finansial, tetapi juga kerusakan reputasi perusahaan Anda.

Selain memperhatikan diluar organisasi HRD khususnya manajemen SDM, Anda harus mengontrol tim atau departemen Anda agar tetap menjalankan program sesuai rencana. Untuk itu Anda harus memiliki tim perekrutan yang sesuai dengan impian Anda. Melalui artikel “Saatnya Membangun Tim Perekrutan yang Anda Impikan” Anda akan mengetahui strategi untuk membangun tim Anda. Selain itu Anda dapat menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan dengan Applicant Tracking System memiliki fitur Collaborative Team Hiring yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses perekrutan di perusahaan Anda bersama dengan tim HR Anda.