Urbanhire Jobseeker

5 Cara Agar Lowongan Menarik Perhatian KandidatWanita

30

Sep 2019

Urbanhire – Semakin banyak perusahaan yang menarik perhatian wanita di zaman sekarang yang mengutamakan keanekaragaman untuk mendapatkan bakat baru dalam dunia pencarian kerja.  Keanekaragaman yang dimaksud adalah menambah jumlah pegawai wanita untuk memenuhi keragaman . Studi menunjukkan, “perusahaan dengan lebih banyak karyawan wanita, khususnya dalam peran manajemen, menghasilkan kinerja organisasi dan keuangan yang lebih kuat”. 

Jika perusahaan Anda adalah salah satu bisnis baru atau startup, sebaiknya Anda menargetkan kandidat wanita untuk bergabung di perusahaan Anda.  Usahakan untuk memberi kesempatan yang sama kepada para kandidat wanita, meskipun mereka akan menyita lebih banyak waktu untuk day off atau cuti karena kehamilan dan kelahiran.

Percayalah, waktu cuti ini tidak akan mempengaruhi atau menurunkan produktivitas pegawai wanita.  Tentu saja, jika para kandidat wanita ini memang luar biasa pintar dan percaya diri di berbagai bidang, mereka pasti akan memberikan yang terbaik untuk perusahaannya. 

Sebuah data dari LinkedIn (2018) menunjukkan bahwa semakin banyak wanita yang mengambil posisi top management/kepemimpinan, melihat adanya peningkatan sebanyak 27% dalam hal perekrutan kepemimpinan wanita selama delapan tahun terakhir.  Oleh karena itu, penelitian telah membuktikan bahwa perusahaan dengan rasio pekerja pria dan wanita yang lebih merata lebih produktif, lebih inovatif, secara keseluruhan akan lebih sukses.

Lalu bagaimana cara menarik perhatian wanita di perusahaan Anda?  Ada 5 cara agar lowongan kerja di perusahaan Anda dapat menarik perhatian para kandidat wanita.  Simak apa saja yang paling berharga bagi wanita agar mereka mau bekerja di perusahaan Anda.

Lingkungan Kerja Yang Mendukung

Dalam poin ini, lingkungan kerja yang mendukung juga menjadi sebuah cara penting untuk menarik kandidat wanita.  Bagaimana tidak, perusahaan Anda haruslah mendukung jika memang seorang kandidat wanita memenuhi kriteria kepemimpinan yang Anda tawarkan.  

Disini, yang dapat Anda lakukan adalah mengadakan sistem pengenalan dan feedback antar sesama karyawan dan juga direktur utama perusahaan.  Jika Anda sebagai direktur utama dari sebuah perusahaan, sangatlah baik untuk mendapatkan feedback langsung dari para karyawan Anda sendiri.

Dengan itu, sistem lingkungan kerja yang positif dapat tercipta guna mensukseskan perusahaan menjadi lebih berkembang.  Tidak seorang pun ingin pergi bekerja hari demi hari hanya untuk merasa tidak dihargai dan tidak didukung. Maka dari itu, sangatlah penting bagi karyawan merasa dibutuhkan dalam misi perusahaan. 

Kebijakan Kompensasi Yang Jelas

Tentu saja semua karyawan mendambakan kompensasi untuk usaha mereka.  Yang perlu Anda terapkan dalam perusahaan adalah kebijakan kompensasi yang jelas.  Kebijakan tersebut harus Anda jelaskan dari awal perekrutan bahwa siapapun yang berprestasi dalam perusahaan akan mendapatkan kompensasi.  

Sehubungan dengan menarik perhatian wanita, kebijakan seperti inilah yang memotivasi lebih banyak kandidat wanita untuk bergabung.  Tidak ada salahnya perusahaan Anda fokus untuk memberikan komisi tinggi bagi karyawan terbaik Anda. 

Komitmen Terhadap Wanita Dalam Peran Kepemimpinan

Pengakuan dan apresiasi karyawan adalah kunci untuk menarik perhatian wanita. Tentu saja wanita karir di zaman yang sudah modern ini sangat ingin diakui kemampuannya dalam suatu bidang setara dengan kemampuan pria. 

Dahulu memang zaman berbeda dimana seorang perempuan yang memiliki bakat yang sama dengan seorang pria, tetapi perusahaan cenderung memilih seorang pemimpin pria. Akan tetapi, tradisi seperti itu sudah ditinggalkan oleh perusahaan di semua negara. Karena di negara-negara berkembang, seperti Amerika dan negara lainnya menerapkan perekrutan yang seimbang antara pria dan wanita. Selebihnya, mereka juga merekrut pemimpin wanita dan tidak lagi mengikuti tujuan karir di luar peran tradisional, dimana seorang pemimpin haruslah seorang pria. Tidak lagi seperti itu, malahan banyak perusahaan yang berkomitmen terhadap peran wanita sebagai pemimpin.

Jam Kerja Fleksibel

Perusahaan yang memiliki jam kerja fleksibel terutama untuk karyawan wanita akan menarik perhatian wanita.  Disini Anda akan membutuhkan manajer yang mempunyai kemampuan untuk mengurus jam kerja karyawan wanita yang membutuhkan jam kerja yang fleksibel.

Sebagai seorang wanita, terutama yang sudah menikah dan memiliki anak tentu saja membutuhkan waktu untuk antar jemput anak di sekolah, berkecimpung dalam kegiatan keagamaan, dll.  Perusahaan Anda sudah seharusnya mengerti dengan keadaan tersebut. Tapi tak lepas juga tanggung jawab dari karyawan tersebut untuk mematuhi jadwal jam kerja fleksibel yang sudah disetujui  sebelumnya.

Cuti Dibayar

Wanita yang sudah menikah akan memasuki tahap kehamilan dan kelahiran.  Tentu saja mereka membutuhkan cuti khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka.  Dari persiapan persalinan, sampai pasca melahirkan juga butuh proses dan waktu pemulihan, dll.  

Banyak perusahaan besar dan berkembang yang mempunyai sistem cuti dibayar bagi karyawan wanita yang membutuhkannya.  Fasilitas yang diberikan pun beragam. Ada yang memberikan cuti melahirkan selama 42 hari atau sampai 3 bulan dengan tetap digaji tentunya.  

Untuk itu, sudah siapkah perusahaan Anda menarik perhatian wanita untuk ikut bergabung?  Percayalah, dengan kesetaraan gender seperti yang telah dibahas akan memberi banyak keuntungan positif untuk perusahaan yang Anda miliki.  Penelitian telah membuktikan bahwa perusahaan dengan rasio pekerja pria dan wanita yang merata akan menjadi lebih produktif, lebih inovatif, dan secara keseluruhan lebih sukses. 

Ada banyak alasan untuk mempercayai karyawan wanita Anda. Salah satunya adalah pintar dalam memanfaatkan sebuah peluang dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat melihat di tulisan “Alasan Perusahaan Harus Memberi Kesempatan Untuk Wanita”


Dengan memberikan kesempatan yang sama untuk wanita merupakan salah satu strategi Anda dalam membentuk employer branding Anda. Dengan menggunakan platform Urbanhire, Anda dapat memaksimalkan employer branding perusahaan Anda dengan fitur pembuatan career site yang dapat dengan mudah Anda desain sesuai dengan employer branding perusahaan Anda