Urbanhire Jobseeker

5 Cara Membuat Kandidat Bahagia dan Terpesona

6

Sep 2019

Urbanhire – Apakah Anda berhasil membuat kandidat bahagia dan terpesona? Sebelum menjawab, di era dimana dunia perekrutan menjadi sangat kompetitif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar para kandidat yang berkualitas dan sesuai dengan kualifikasi perusahaan Anda mau menerima tawaran yang Anda berikan. Jangan hanya memberikan pengalaman yang biasa-biasa saja kepada para kandidat saat menghadapi proses rekruitmen. Di dalam artikel ini, Urbanhire akan memberikan tips atau cara yang berbeda agar para kandidat Anda memiliki pengalaman yang luar biasa.

Jadikan Kandidat Sebagai Prioritas

Dimulai dari menjadikan para kandidat prioritas utama saat akan melakukan proses perekrutan. Jadikan kandidat dan proses tersebut sebagai prioritas. Hargai waktu dan kedatangan para kandidat saat proses interview dengan tidak beranggapan “Suka-suka saya, karena yang butuh kerja kan mereka”. Dengan mendatangi kandidat sesuai jadwal dan tidak merusak suasana interview dengan selalu membuka handphone Anda. Cara ini akan memberikan kesan bahwa mereka sangat penting untuk bergabung dengan perusahaan Anda dan membuat kandidat bahagia.

Berikan Proses Komunikasi Yang Baik

Kesalahan yang sering dilakukan tim rekruter adalah memberikan komunikasi satu arah atau tidak memberikan tanggapan ketika para kandidat bertanya melalui email. Selain itu berikan informasi yang jelas seperti kapan tahapan selanjutnya dan kapan akan diumumkan hasilnya.

Ketika memasuki proses interview dengan para kandidat, perlakukan mereka secara personal meski kandidat yang melamar di perusahaan Anda sangat banyak. Berikan pertanyaan personal saat interview jangan menggunakan pertanyaan yang sama atau dengan template. Misalnya pertanyaan tentang achievement pribadi, yang disukai dipekerjaan sebelumnya atau yang membuat kesal saat bekerja dan sebagainya. Dengan pertanyaan tersebut kandidat akan merasa diapresiasi dan merasa penting. Persiapkan juga pertanyaan yang unik seputar background kandidat. Memberikan pertanyaan yang unik seputar background mereka akan memberikan kesan bahwa Anda perhatian dengan mereka melalui membaca CV atau resume mereka, selain itu hal tersebut membuat kandidat bahagia dan terpesona.

Gambarkan Budaya Kerja/Perusahaan Anda

Ketahui dan kuasai budaya kerja atau perusahaan Anda dan sampaikan kepada para kandidat seperti Anda bercerita kepada teman Anda. Sifat manusia dari generasi ke generasi adalah suka mendengarkan cerita yang menarik. Jika perusahan Anda itu menyenangkan jangan Anda berikan informasi tentang budaya kerja/perusahaan Anda dengan cara yang rumit dan kaku karena kesan yang akan ditangkap oleh kandidat adalah perusahan itu kaku dan rumit. Sedikit catatan, bahwa saat ini job seeker didominasi oleh generasi millennials maka Anda perlu juga menyesuaikan cara dalam memperlakukan dan menyampaikan pesan Anda kepada para kandidat yang sesuai dengan karakter mereka agar mudah membuat kandidat bahagia dan terpesona.

Pancing Dengan Benefit Yang Anda Punya

Selain gaji, kandidat sangat tertarik dengan benefit yang akan Anda berikan. Pancing mereka dengan tanya benefit apa yang sudah diberikan oleh kantor sebelumnya untuk yang berpengalaman. Untuk freshgraduate cukup tanyakan benefit apa yang mereka inginkan. Jika Anda sudah mengetahui informasi benefit yang mereka peroleh dan inginkan, jelaskan benefit-benfit apa yang Anda berikan. Tekankan benefit yang bisa Anda berikan yang tidak didapat kandidat di kantor sebelumnya. Ada beberapa benefit yang bisa membuat kandidat bahagia dan terpesona seperti biaya peningkatan kualitas diri, kerja remote, dan lain-lain.

Berikan Dan Meminta Tanggapan atau Feedback Saat Proses Interview

Selalu berikan tanggapan kepada kandidat berupa kesan positif saat meng-interview mereka dan berikan masukan apa yang perlu ditingkatkan saat interview sebagai bekal mereka jika lanjut ketahap selanjutnya. Anda juga dapat meminta para kandidat sebuah masukan untuk proses interview yang mereka alami guna meningkatkan proses tersebut. Dengan melakukan ini kandidat akan merasa dihargai dan membuat mereka bahagia dan terpesona dengan perlakuan Anda kepada mereka.

Beberapa cara diatas juga sangat membantu dalam meningkatkan employer branding perusahan Anda. Seperti istilah “Kill two birds with one stone” dengan melakukan satu strategi Anda dapat meningkatkan employer branding perusahaan Anda dan dapat membuat kandidat menerima tawaran Anda.

Gunakan Urbanhire dalam proses perekrutan Anda karena Urbanhire memiliki sebuah fitur Career Site yang dapat membangun employer branding perusahan Anda.