Urbanhire Jobseeker

5 Cara untuk Membangun Budaya Kerja yang Tinggi

26

Jul 2019

Blog

Urbanhire – Setiap perusahaan memiliki setiap budayanya sendiri. Karakter dari sebuah budaya kerja atau iklim kerja menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam lingkungan kerja. Inti dari budaya perusahaan sebenarnya berkenaan dengan karakter suasana internal perusahaan (suasana kerja), yang ditampilkan dalam bentuk sebuah sistem dari pembagian nilai, kepercayaan, dan standar etika dalam mendefinisikan norma perilaku, sikap yang sudah melekat, menerima praktek kerja dan gaya dari operasional perusahaan. Tentu saja setiap proses dalam membangun budaya kerja tersebut memiliki dinamikanya sendiri, baik dari sisi karyawan maupun perusahaan. 

Pada dasarnya, mindset yang perlu Anda setting dalam membangun budaya kerja cukuplah mudah dan sederhana. Budaya kerja tersebut sejatinya terlahir dan berkembang secara alami pada lingkungan kerja sebagai wadah berperilaku baik jajaran manajemen maupun karyawan. Justru yang harus menjadi perhatian utama dalam membangun itu semua adalah bagaimana menerapkan elemen budaya kerja yang diharapkan selalu baik, efektif, serta konsisten dan berkesinambungan. Poin dari ini semua sejatinya terletak pada manajemen pengelolaan sumber daya manusianya, yakni bagaimana agar selalu fokus pada usaha pengembangan sekaligus pemantauan karyawan secara terus berkelanjutan daripada memberi mereka berbagai tunjangan hidup. Kaidah ini tentu saja telah terbukti dan dalam penerapannya terdapat beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk dapat mencapai itu semua. 

  • Hal dasar yang dapat dilakukan dalam membangun budaya kerja adalah selalu memberikan pemahaman yang jelas dan gamblang kepada seluruh karyawan bahwa budaya yang telah ada dalam perusahaan memang sengaja untuk dilahirkan dan dikembangkan. Termasuk di dalamya adalah setiap elemen pembentuk budaya tersebut seperti segala aturan dan peraturan adalah visi dan misi perusahaan itu sendiri. Penanaman efektif atas berbagai nilai yang dikembangkan perusahaan selayaknya harus Anda lakukan secara bijak dengan memperhatikan background dari tiap karyawan yang menjadi tim Anda. Dengan memahami bahwa budaya tersebut sengaja dilahirkan dan diterapkan oleh perusahaan, maka partisipasi yang aktif akan terlihat dari seluruh lapisan karyawan. Namun sekali lagi, kesemuanya bisa berjalan dengan baik bila mereka memiliki persepsi dan pemahaman yang sama akan semua elemen budaya tersebut.
  • Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membangun budaya kerja adalah senantiasa melakukan feedback secara berkesinambungan. Implementasinya di lapangan adalah Anda harus mengenal karyawan yang ada sebagai setiap individu. Setelah itu, berinteraksilah dengan cara berkomunikasi senatural mungkin pada setiap karyawan. Justru Anda akan mendapatkan feedback yang paling efektif tatkala melakukan berbagai percakapan yang terbangun dari koneksi secara dua arah tersebut. Bahkan, berbagai dinamika perkembangan yang menyangkut kondisi karyawan termasuk sisi karyawan yang dapat menggambarkan kinerjanya dapat lebih tergali dalam interaksi yang sifatnya informal seperti ini dibandingkan harus membawanya ke sebuah rapat perusahaan yang seringkali terkesan “horor’. 
  • Next step yang telah semestinya dilakukan setelah mendapatkan berbagai feedback dari karyawan dalam membangun budaya kerja di perusahaan adalah Anda atau jajaran manajamen lainnya harus memberikan feedback kembali atas berbagai feedback yang sebelumnya diberikan. Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan rasa peduli perusahaan kepada para karyawan selain menyampaikan kepada mereka secara tidak langsung bahwa berbagai tindakan mereka (feedback karyawan) merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan. Lebih disarankan lagi dalam menyampaikan setiap feedback ini untuk selalu menyertakan penjelasan tentang upaya positif yang telah mereka lakukan bagi perusahaan. Sehingga di kemudian hari, para karyawan akan dengan segera tanggap untuk “bersikap” bila dihadapkan dengan situasi dan kondisi yang serupa.
  • Sebagai langkah lanjutan dalam membangun budaya kerja di perusahaan tempat Anda berada adalah selalu menciptakan serta mendorong terjadinya dialog dua arah. Hal ini dilakukan untuk mempertajam feedback yang telah didapatkan melaui cara-cara interaksi informal yang sebelumnya telah Anda lakukan. Dengan membuat sebuah rapat atau pertemuan formal yang tetap bersifat casual, berbagai pemikiran atau ide yang telah sedikit tersampaikan sebelumnya dapat lebih dipertajam lagi. Bahkan dengan ide-ide atau pemikiran sebelumnya, justru akan terlahir berbagai pemikiran serta ide baru lainnya yang sedikit banyak mampu menstimulasi karyawan lainnya untuk menyampaikan idenya. Sisi pesimistis dari para karyawan pun dapat diungkapkan guna bersama-sama mencari solusi yang diharapkan dapat ditemukan oleh karyawan lain atau bahkan karyawan itu sendiri setelah mendengar berbagai masukan dan saran dari Anda atau anggota tim lainnya. Hal ini juga membuktikan bahwa dialog dua arah ini mampu memberikan wawasan yang lebih baik bagi Anda dan juga anggota tim dalam hal melatih diri yang pada akhirnya akan mempengaruhi secara positif kinerja yang dimiliki. 
  • Hal pamungkas yang harus benar-benar Anda terapkan dalam membangun budaya kerja adalah sadari bahwa Anda dan para karyawan adalah manusia juga. Maksudnya disini adalah sangatlah boleh dan wajar untuk membuat sebuah standard yang tinggi atas sebuah kinerja atau hal yang berhubungan dengan itu semua. Akan tetapi, jangan sekali-kali berupaya menciptakan sebuah lingkungan kerja yang selalu mengharapkan sebuah kesempurnaan. Efek negatif dari ini semua akan lebih besar ketimbang efek positifnya dikarenakan semata-mata yang terjadi adalah terhambatnya segala macam ide kreatif dan inovatif dari para karyawan. Dan yang paling mengkhawatirkan dari lingkungan kerja seperti ini adalah rasa takut akan kegagalan akibat dari akumulasi perasaan negatif para karyawan. Justru selalu doronglah anggota tim Anda untuk menjadi yang terbaik dengan tetap selalu mencoba memahami berbagai kesalahan untuk kemudian mengarahkan mereka.

Itulah 5 cara untuk membangun budaya kerja yang tinggi di lingkungan kerja Anda. Jika Anda ingin mewujudkan suatu lingkungan kerja menyenangkan dan berbudaya dengan merekrut kandidat yang sesuai dengan budaya perusahaan Anda, gunakanlah Urbanhire. Urbanhire sebagai Recruitment Platform dapat menjadi solusi perekrutan Anda untuk menemukan calon karyawan yang sesuai dengan perusahaan Anda.

Previous post