Urbanhire Jobseeker

5 Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan

30

Oct 2019

Urbanhire – Semua pasti setuju jika produktivitas karyawan merupakan hal yang penting di dunia kerja. Tapi apakah Anda tahu jika ada 5 faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan Anda? Dan Anda merasa khawatir tentang produktivitas karyawan Anda? Di dalam artikel ini akan membahas tentang faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga produktivitas karyawan Anda.

Keberhasilan sebuah bisnis sebenarnya tidak terlepas dari para karyawan yang memiliki produktivitas yang tinggi. Dengan karyawan yang pekerja keras dan produktif akan memudahkan Anda mencapai target. Namun target perusahaan Anda tidak akan tercapai jika Anda tidak memiliki karyawan yang pekerja keras dan produktif. Berikut detail 5 faktor yang mempengaruhi dan tetap menjaga produktivitas karyawan.

Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja di perusahaan Anda akan mempengaruhi, suasana hati dan performa karyawan Anda. Melihat hal tersebut, sangat mudah untuk meningkatkan produktivitas karyawan yaitu berikan lingkungan kerja yang mendukung mereka.

Ciptakan lingkungan dan atmosfer perusahaan yang bersahabat untuk karyawan Anda seperti lingkungan yang kooperatif dan kompetisi yang sehat. Jika Anda sudah berhasil menciptakan lingkungan seperti ini, otomatis motivasi dan produktivitas karyawan Anda akan meningkat. Alasan kenapa lingkungan tersebut dapat meningkatkan produktivitas karena karyawan Anda merasa aman untuk mengeluarkan performa terbaik mereka.

Melibatkan Karyawan

Dalam menjalankan proyek, melibatkan karyawan akan sangat mempengaruhi produktivitas perusahaan Anda. Alasannya adalah implementasi rencana-rencana yang sudah dibuat oleh karyawan Anda akan memicu produktivitas mereka. Karena mereka dituntut untuk berpartisipasi di sebuah proyek. Biarkan karyawan Anda untuk mencoba semua cara untuk mencapai target proyek Anda. Dengan budaya yang seperti itu akan memacu karyawan Anda untuk mendapatkan kepercayaan

Target

Berikan target yang jelas kepada karyawan Anda. Dengan memberikan target akan memaksa dan memicu mereka untuk selalu produktif. Untuk menjaga agar tetap berjalan sesuai rencana dan mencapai target, Anda perlu melakukan evaluasi. Selain itu berikan poin-poin agar mereka mampu membuat peta/struktur pemikiran, seperti apa yang harus dilakukan, apakah sesuai ekspektasi, apakah sudah tepat sasaran, dan kapan dilakukannya.

Kesejahteraan

Kesejahteraan karyawan merupakan sebuah rangkuman yang mempengaruhi kesehatan mental dan fisik karyawan, yang berujung ke produktivitas karyawan Anda. Alasannya adalah kesehatan akan berpengaruh kepada konsentrasi saat karyawan Anda bekerja. 

Jika karyawan Anda mengalami stres, karyawan Anda akan susah untuk fokus dan konsentrasi ke pekerjaan mereka. Hasilnya adalah pekerjaan mereka tidak akan selesai dan tertunda-tunda. Hal ini akan memperlambat produktivitas perusahaan Anda. Peduli dengan kesejahteraan dan kesehatan karyawan akan mengangkat citra perusahaan Anda sebagai perusahaan yang humanis. Selain itu akan meningkatkan kepuasan dan motivasi karyawan Anda.

Pelatihan

Pelatihan untuk karyawan Anda memiliki peranan besar dalam produktivitas karyawan Anda. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan mereka untuk pekerjaan mereka. Semakin siap semakin produktif karyawan Anda. Pastikan dalam pelatihan tersebut memuat detail pengetahuan yang sesuai dengan pekerjaan, kemajuan dan proses pekerjaan yang sedang dikerjakan, pekerjaan yang mereka harapkan

Selain itu budaya perusahaan juga perlu untuk meningkatkan produktivitas karyawan Anda dan mengembangkan perusahaan. Untuk lebih detail Anda dapat membaca  “Cara Jitu untuk Menciptakan Budaya Perusahaan yang Luar Biasa”

Urbanhire sebuah platform perekrutan yang memiliki Applicant Tracking System (ATS) yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan proses perekrutan secara efisien.