Urbanhire Jobseeker

5 Faktor Yang Millennial Inginkan Di Pekerjaan

27

Sep 2019

Urbanhire – Generasi millennial, julukan atau bahkan menjadi identitas generasi sekarang ini. Generasi yang lahir di rentang tahun 1980 – 1996 termasuk generasi millennial. Setiap generasi pasti memiliki keinginan dalam karir mereka. Ada beberapa faktor yang millennial inginkan saat memasuki dunia kerja.

Memang tidak semua faktor yang millennial inginkan akan Anda terima begitu saja, ada idealisdan nilai – nilai perusahaan yang tetap Anda. Mari kita lihat beberapa perusahaan baru yang mayoritas pegawai berisikan generasi millennial terkesan berbeda dengan perusahaan lama yang masih banyak diisi oleh generasi sebelumnya.

Perbedaan lain antara generasi x dengan generasi z atau millennial terletak pada apa yang dihasilkan oleh generasi milennial, banyak perubahan besar yang tidak pernah terpikirkan oleh generasi lalu. Ini bukan sekadar apa yang akan dikerjakan, melainkan karakter dan apa yang akan dilakukan setiap harinya oleh generasi millennial.

Untuk selalu mengembangkan ide-ide yang tidak pernah terpikirkan oleh generasi sebelumnya,  ada lima faktor yang millennial inginkan saat bekerja nanti, yaitu:

Generasi Milennial Suka Jam Kerja Fleksibel

Bekerja dari jam delapan pagi hingga empat sore, merupakan peraturan generasi baby boomers dan generasi x. Untuk generasi milennial, lebih menyukai jam kerja yang fleksibel. Meski bekerja dengan jam kerja yang fleksibel, mereka tetap bertanggung jawab. Jadi jangan heran, jika pegawai millennial Anda ada yang memilih berangkat ke kantor jam 10 pagi atau bahkan baru menjelang siang.

Inilah salah satu faktor yang diinginkan millennial yang dianggap kurang disiplin dan tidak masuk akal, namun uniknya, perusahaan teknologi dunia mengembangkan cara tersebut dan hasilnya, perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang paling menguntungkan di dunia. Kenapa Anda harus menerapkan jam kerja fleksibel? Alasannya sederhana yaitu jam kerja fleksibel akan mempengaruhi pada ide kreatif mereka.

Generasi Milennial Lebih Suka Dekat Dengan Pimpinan

Jika Anda masih suka membuat jarak dengan pegawai, maka Anda bukan bagian yang diinginkan dari generasi milenial. Bagi generasi millennial, pemimpin atau atasan di kantor merupakan tempat mencari ilmu dan bertukar pengalaman. Karena bagi generasi millennial  Anda sebagai pemimpin memiliki banyak ilmu dan pengalaman yang mahal harganya.

Kenapa hal ini bisa termasuk dalam faktor yang diinginkan millennial. Untuk generasi milenial, pemimpin bagi mereka akan memberikan banyak ilmu dan pengalaman baru dan ini tidak bisa didapatkan saat pendidikan atau bersekolah.

Bahkan memberikan peluang untuk mengaplikasikan semua yang didapatkan di bangku pendidikan, pasalnya dunia kerja dan sekolah sungguh sangat berbeda. Itulah sebabnya, banyak generasi millennial yang memilih perusahaan yang memiliki kultur yang mendukung pegawainya.

Generasi Milenial Itu Selalu Ingin Tahu

Banyak yang menyebutkan generasi millenial itu terlalu kepo atau memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, inilah ciri utama dari generasi milenial. Selalu ingin tahu dengan hal baru, update dalam hal apapun. Bukan sekadar tahu, namun ingin mempelajari dan ingin mengerti apa yang terjadi. Sehingga generasi millennial dapat memaksimalkan peluang yang ada, bahkan mengubah kekurangan menjadi kelebihan merupakan ciri khas mereka.

Memang terlalu ingin tahu akan jadi hal buruk, namun mencari tahu hal baru akan memberikan inovasi baru. Inilah yang membuat generasi milenial selalu menemukan hal baru, hal kecil yang jadi ciri khas mereka.

Anda yang memiliki perusahaan, berikan ruang untuk pegawai millennial Anda untuk mengeksplor keingintahuan mereka demi perkembangan perusahaan Anda dan kenyamanan mereka

Generasi Milenial Ingin Jenjang Karir

Menyukai jam kerja fleksibel, selalu ingin tahu dan ingin dekat dengan atasan ada salah satu  faktor yang diinginkan millennial selain itu. Yaitu generasi millennial ingin mendapatkan progress positif dalam hidup mereka khususnya karir. Ini sebuah pencapaian yang mereka inginkan, misalnya berhasil menemukan hal baru yang bermanfaat untuk orang lain atau bisa jadi mencapai jenjang karir.

Inilah faktor yang diinginkan millennial, mencapai jenjang karir dengan kemampuan sendiri, tanpa ada kemudahan dari orang lain atau orang terdekat, semua pencapaian dengan kerja keras sendiri

Generasi Milennial Lebih Suka Bekerja di Lingkungan Sosial

Generasi milennial bukanlah generasi yang sulit untuk bersosialisasi meski mereka sangat suka atau lebih banyak menghabisakan waktu di depan komputer mereka. Terbukti jika generasi millennial lebih suka bekerja di lingkungan sosial dengan banyak orang sehingga dapat bertukar ide atau berkolaborasi.

Alasan mereka suka bekerja secara kelompok karena mereka sangat suka mendapat masukan dan ide-ide dari orang lain untuk menyempurnakan idenya. Dengan demikian mereka berharap bisa menjadi individu yang banyak memberikan kontribusi positif.

Selain memikirkan pegawai millennial, sebaiknya Anda juga memikirkan pegawai Anda yang  lainnya. Memberikan perhatian kepada seluruh pegawai akan meningkatkan employee engagement di perusahaan Anda. Ada beberapa tren employee engagement yang paling penting di 2019 yang dapat menjadi inspirasi Anda

Urbanhire sebagai platform perekrutan akan membantu Anda untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas dengan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi biaya dan juga mempercepat waktu untuk proses perekrutan.