Urbanhire Jobseeker

5 Pertanyaan Interview Untuk Mengetahui Motivasi Dan Kecenderungan Kandidat

9

Sep 2019

Blog

Urbanhire – Ada beberapa pertanyaan interview untuk mengetahui motivasi dan kecenderungan kandidat Anda. Sangatlah penting untuk mengetahui motivasi kandidat saat sesi interview karena hal tersebut akan berkaitan dengan kualitas kandidat dan kesesuaian kandidat dengan budaya kerja Anda. Berikut ada 5 pertanyaan yang bisa Anda pakai atau kembangkan dalam sesi interview.

Kenapa Mencari Peluang Kerja Yang Baru?

Terkadang pertanyaan interview untuk mengetahui motivasi dan kecenderungan kandidat tersebut bisa mengarah ke percakapan yang dapat membuat sesi interview terhenti karena terkadang kandidat memberikan jawaban yang umum. Atau memberikan jawaban yang berkaitan dengan kantor sebelumnya yang menurutnya kurang mengenakan seperti atasan yang buruk atau lingkungan kerja yang kurang mendukung.

Jika menemukan pertanyaan seperti itu Anda bisa mencoba melempar pertanyaan lagi dengan pertanyaan yang lebih spesifik atau mengerucut, seperti motivasi mencari peluang baru di perusahaan Anda. Anda bisa mengejar dengan pertanyaan lainnya yang sesuai dengan jawaban dan memberikan solusi atas jawaban dari kandidat. Dari jawaban tersebut akan mulai terlihat motivasi dan kecenderungan dari para kandidat.

Berapa Gaji Pokok Dan Benefit Serta Ekspetasi Yang Didapat?

Pertanyaan interview untuk mengetahui motivasi dan kecenderungan kandidat ini selain menjadi pembuka untuk bernegoisasi dengan kandidat juga dapat membuka motivasi yang dimiliki oleh kandidat apakah motivasinya dan kecenderungannya sekedar mencari gaji yang besar. Di pertanyaan ini sangat memungkinkan juga para kandidat tidak memberikan besaran gaji yang didapat di perusahaan lamanya, hanya sebatas kisaran. Hal tersebut wajar, Anda bisa meminta benefit yang didapat para kandidat di perusahaan sebelumya lalu menanyakan ekspetasi kandidat dan batas minimum yang mereka harapkan.

Apakah Bersedia Dipindahkan Untuk Jenjang Karir?

Selanjutnya, pertanyaan interview untuk mengetahui motivasi dan kecenderungan kandidat ini bisa mengetahui apakah kandidat memang memiliki motivasi untuk menerima tantangan dan memajukan perusahaan Anda. Selain itu pertanyaan ini bisa memberikan gambaran dimana kecenderungan kandidat akan cocok ditempatkan di daerah yang dikuasai oleh kandidat bila perusahaan Anda tersebar di berbagai daerah

Selain itu pertanyaan ini juga bisa membantu kandidat untuk lebih mengembangkan dirinya sehingga Anda dan kandidat mendapatkan keuntungan masing-masing. Dari segi perusahaan, Anda mendapatkan kandidat yang berkualitas, mampu mengembangkan perusahaan dan untuk kandidat mendapatkan jenjang karir yang tinggi serta merasa perusahaan percaya dengan dirinya.

Lebih Suka Berpergian Di Daerah Perkotaan Atau Pedesaan?

Pertanyaan interview untuk mengetahui motivasi dan kecenderungan kandidat ini hampir mirip dengan pertanyaan ketiga. Pertanyaan ini akan dapat membantu mengetahui kecenderungan dan kenyamaan para kandidat yang akan ditempatkan diantar ketiga tempat tersebut. Jika kandidat cenderung memilih daerah yang populasinya tinggi, infrastruktur maka sangat membantu jika ditempatkan di kantor pusat dan sebaliknya jika kandidat cenderung meyukai tempat yang lebih tenang, jauh dari perkotaan dan populasi yang lebih sedikit maka cocok ditempatkan di kantor cabang. Dengan mengetahui hal tersebut akan membantu Anda untuk memetakan kandidat Anda untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Jika Perusahaan Sekarang Mengajukan Tawaran Berbeda Jobdesk, Apakah Anda Terima?

Pertanyaan interview untuk mengetahui motivasi dan kecenderungan kandidat yang terakhir ini akan membuat kandidat untuk memikirkan matang-matang karena pertanyaan tentang jobdesk yang tidak sama dengan di pekerjaan sebelumnya cenderung akan mengganggu atau tidak. Pertanyaan ini sangat penting diajukan atau ditanyakan karena akan mempengaruhi cara kerja kandidat kedepannya. Jika kandidat cenderung tidak siap maka disarankan memilih kandidat yang lain.

Dengan Urbanhire, Anda dapat menggunakan fitur pre-assessement untuk menyaring dan mengukur pengetahuan kandidat. Melalui fitur tersebut Anda dapat me-setting pertanyaan yang sesuai dengan jobdesk atau kebutuhan lowongan yang Anda buka dan dapat langsung mengeliminasi kandidat yang menjawab pertanyaan yang tidak sesuai dengan jawaban. Diharapkan dengan fitur pre-assessement Anda mendapatkan kandidat yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.