6 Alasan Mengapa Anda Harus Fokus Pada Employer Branding

| employer-resources working-culture

by Urbanhire

Urbanhire – Satu lagi hal tak kalah pentingnya yang Anda butuhkan dalam perekrutan bisnis SME, selain rencana perekrutan, video perekrutan, dan lainnya adalah employer branding.  Dari segi employer branding, Anda harus bisa mempromosikan bisnis Anda dengan baik dan menjaga citra baik perusahaan dalam jangka panjang. Pada dasarnya, employer branding berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk terlihat lebih baik dari ratusan perusahaan lainnya. 

Target dari employer branding ini tiada lain adalah calon kandidat yang akan meneruskan kesuksesan perusahaan. Karena semakin banyaknya pelamar yang membutuhkan pekerjaan, perusahaan Anda perlu bersaing dengan yang lainnya. Inilah 6 alasan mengapa employer branding sangat penting dalam proses perekrutan. 

  1. Dapat membangun reputasi positif perusahaan

Alasan utama dari employer branding adalah untuk membangun reputasi positif perusahaan. Tentu saja yang harus kamu bangun adalah citra positif perusahaan agar mendapat dukungan dan kepercayaan dari para calon kandidat. Sebaik mungkin, berilah kesan yang bagus dalam hal visi, misi dan budaya kerja perusahaan Anda.

Selain itu, ternyata nilai gaji yang tinggi bukanlah penentu bagi para kandidat untuk memilih perusahaan tempat mereka bekerja nanti. Akan tetapi, menurut survei, 50% dari calon kandidat mementingkan reputasi baik dari sebuah perusahaan daripada perusahaan dengan tawaran gaji tinggi tetapi reputasinya buruk. 

  1. Melibatkan berbagai departemen

Pengelolaan employer branding memang menjadi sangat penting dari segi perekrutan terutama dalam menarik minat kandidat untuk bekerja di perusahaan Anda. Perlu Anda ketahui, jika employer branding kamu tidak terorganisir dengan jelas, maka para kandidat akan merasa kecil hati dan kecewa. 

Agar tidak terjadi hal seperti itu, melibatkan karyawan untuk bekerjasama dengan berbagai departemen yang terkait dengan bisnis Anda untuk membantu mengelola employer branding bersama. Dengan hal ini, departemen lain tersebut dapat menjadi brand ambassador untuk bisnis Anda. 

  1. Dapat menarik perhatian calon kandidat

Tentu saja, sebelum melamar, calon kandidat yang baru akan mencari tahu terlebih dahulu reputasi perusahaan yang mereka incar. Apabila bagus, itu pasti akan menarik perhatian calon kandidat. 

Jika employer branding perusahaan Anda kuat dan kompetitif, maka tak hanya menarik perhatian calon kandidat, tapi juga akan menarik perhatian klien dan mendatangkan prospek baru. Secara prospektif, calon klien akan memahami visi dan misi perusahaan. 

  1. Dapat menjaring kandidat yang berkualitas

Menurut statistik yang ada, employer branding yang kuat akan menarik kurang lebih 50% kandidat yang berkualitas.  Oleh karena itu, Anda akan dapat menjaring lebih banyak kandidat yang berkualitas karena banyaknya potensi yang melamar.  

Dengan demikian, persaingan antar perusahaan untuk mencari the best of the best akan semakin kompetitif.  Statistik menunjukkan, sekitar 92% karyawan akan berhenti jika ditawarkan oleh perusahaan lain yang memiliki employer branding yang bagus. 

  1. Meningkatkan semangat dan menjaga loyalitas karyawan

Satu lagi alasan employer branding sangat dibutuhkan dalam proses perekrutan adalah untuk meningkatkan semangat karyawan dan juga menjaga loyalitas karyawan. Sebab, jika branding yang ada sudah cukup kuat, maka karyawan tetap Anda tidak akan pergi dan mencari perusahaan yang lebih branded. Untuk apa meninggalkan apa yang sudah bagus?

Tetapi, sudah menjadi tugas Anda sebagai pemimpin atau perekrut untuk menjaga semangat dan loyalitas karyawan bagaimanapun juga. Cukup dengan menjaga kesejahteraan karyawan, memberi keamanan dan kenyamanan lingkungan kerja, dan lainnya, sudah termasuk sistem support yang bagus. 

  1. Dapat menghemat anggaran iklan

Tak kalah pentingnya, dengan employer branding yang cukup kuat dapat menghemat anggaran iklan perusahaan. Menurut statistik, sekitar 43% adanya penurunan anggaran iklan perekrutan jika branding lebih kuat dari perusahaan saingan yang lain.  

Sudah jelas akan adanya faktor keuntungan secara finansial jika branding bisnis Anda menjanjikan dan dipercaya oleh kalangan kandidat dan masyarakat luas.  Terlebih lagi jika Anda menggunakan pemakaian video perekrutan bersama dengan employer branding untuk merekrut kandidat baru pasti juga dapat menghemat anggaran iklan. 

Jadi, kesimpulan apa saja yang Anda dapatkan dari faktor employer branding untuk kepentingan perekrutan?  Sangat banyak tentunya! Yang terpenting adalah mendapatkan banyak peminat yang akan bekerja untuk Anda, untuk perusahaan Anda. Semakin worth it dan banyak viewers berdatangan, semakin bisnis Anda dipercaya.  

Meskipun Anda mempunyai bisnis SME, akan tetap mendapatkan keuntungan seperti yang sudah dijelaskan diatas.  Jika sudah mempunyai branding yang efektif dan kuat, akan mendatangkan kandidat terbaik yang mungkin akan antre untuk pekerjaan yang Anda tawarkan.  

Tetapi, jangan sampai lupa pada karyawan tetap Anda. Mereka berhak untuk memberi ulasan positif dan negatif mengenai lingkungan kerja dan perusahaan secara umum. Sebelum merekrut, berdasarkan ulasan para karyawan, rubahlah yang perlu untuk meningkatkan kualitas branding dan bisnis.

Ini sangat berarti demi kepentingan perekrutan. Dengan perubahan kearah yang lebih baik, Anda mendapatkan gambaran tentang apa yang terbaik untuk calon kandidat baru. Anda menginginkan antusiasme para kandidat untuk melamar dan mencari yang potensial untuk perusahaan. Dengan employer branding tak hanya akan meningkatkan loyalitas karyawan, tetapi juga menarik perhatian kandidat baru.

Jadi, Anda seharusnya menghabiskan banyak waktu untuk membuat employer branding yang berkesan dan akan menjadi populer. Karena, inilah salah satu sarana perekrutan yang akan menarik perhatian kandidat dengan cara cepat. Otomatis, kandidat akan mengenali perusahaan dan mengakui perusahaan Anda akan cocok menjadi tempat bekerja menuju sukses dan berkembang. 

Maksimalkan employer branding perusahaan Anda dengan Urbanhire. Saatnya untuk berinvestasi pada situs karir Anda dengan menggunakan Urbanhire. Urbanhire menyediakan fitur pembuatan Career Site yang dapat dengan mudah Anda desain sesuai dengan employer branding perusahaan Anda.