Urbanhire Jobseeker

6 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Video dalam Perekrutan

21

Aug 2019

Blog

Urbanhire – Seiring berkembangnya zaman, proses perekrutan pun ikutan berkembang. Tak lagi mengandalkan promosi dengan cara biasa. Tetapi, tambahan spesial seperti pemakaian video dalam perekrutan digunakan untuk kepentingan proses rekrutmen.  

Menurut para ahli, di tahun 2019 ini, kurang lebih 80% dari pasar internet global akan dikuasai oleh pemakaian video. Maka dari itu, semakin banyak bisnis besar ataupun SME (Small or Medium-sized Enterprise) akan lebih banyak menggunakan video ke dalam proses perekrutan mereka.

Anda dapat menggunakan video untuk mempresentasikan merek bisnis Anda, menjelaskan proses perekrutan, mengucapkan terima kasih kepada para kandidat, menguji dan mewawancarai kandidat, dll. Untuk itu, ada 6 faktor penting dalam pemakaian video untuk proses perekrutan. Apa saja keenam faktor tersebut, simak ulasannya dibawah ini. 

  1. Sangat gampang digunakan

Pemakaian video sangatlah praktis dan gampang digunakan. Banyak bisnis yang menyewa jasa pembuatan video khusus perekrutan. Ada juga yang menggunakan jasa karyawannya sendiri. Jasa manapun yang akan Anda pakai akan tetap kelihatan bagus. Karena, semua tergantung pada kekuatan pesan yang akan disampaikan kepada semua calon kandidat.  

Bahkan ada banyak video yang sederhana, hanya dengan memakai satu orang videografer dengan pencahayaan yang sederhana. Ditambahkan adegan video wawancara dengan kandidat sebelumnya yang terkesan ramah. Tentu saja akan membuat para kandidat tertarik.  

Pesan yang ingin Anda sampaikan lewat video pun akan terkesan kuat dan sangat manjur untuk menarik peminat kandidat. Ingatlah, video perekrutan yang bagus bukan bergantung pada pembuatannya yang super mewah. Semua itu tergantung proses pembuatan yang tidak ribet, tetapi yang paling penting adalah pesannya. 

  1. Untuk meningkatkan pemunculan bisnis Anda di hasil pencarian (terbuka 24/7)

Salah satu sisi positif sebuah video adalah penayangannya yang 24 jam, 7 hari seminggu. Video unggahan Anda akan tersedia online selama pemasaran Anda masih aktif atau sebelum mendapat kandidat yang tepat.  

Yang terpenting adalah memiliki situs bisnis yang berada di puncak hasil pencarian. Unggahan video adalah salah satu cara meningkatkan SEO Anda. Search engine atau mesin pencari seperti Google, Youtube dan masih banyak lagi, sangat menyukai unggahan video.  Disanalah Anda harus mengunggah dan membuat video perekrutan semakin banyak ditonton, semakin banyak kandidat yang melamar. 

  1. Untuk menjangkau lebih banyak kandidat

Nyatanya, unggahan video lebih banyak diminati ketimbang teks dan gambar.  Kalau satu orang saja menyukai video postingan Anda, dia akan nge-share atau membagikan video dengan orang lain. Lama kelamaan video Anda akan tersebar dan akan menjangkau lebih banyak kandidat. 

  1. Untuk mempromosikan branding bisnis Anda

Mempromosikan branding bisnis Anda sangatlah penting. Anda ingin bisnis Anda lebih maju dan dikenal banyak orang, bukan? Nah, dengan postingan video perekrutan adalah salah satu cara terbaik untuk menyampaikan bisnis Anda sebagai bisnis yang hebat. 

Sangatlah penting untuk memberikan kesan yang bagus dan pesan yang kuat kepada calon kandidat di luar sana. Sampaikanlah dengan baik jika bisnis Anda adalah tempat yang hebat untuk tumbuh dan berkembang.  

Tak ada salahnya untuk menyoroti visi dan misi bisnis Anda dan juga lingkungan kantor. Dengan menceritakan sedikit tidaknya tentang bisnis dan kantor, calon kandidat akan mendapatkan info langsung mengenai tawaran pekerjaan tersebut. 

  1. Untuk meningkatkan pengalaman kandidat

Yang dimaksudkan dengan pengalaman kandidat disini adalah proses komunikasi selama perekrutan antara perekrut dan kandidat. Dengan video perekrutan, bagaimana caranya untuk membuat kandidat tertarik dengan tawaran pekerjaan tersebut?

Tentu saja dengan membuat kandidat merasa nyaman akan bekerja untuk bisnismu nantinya. Anda bisa merekam sebuah video setelah kandidat melalui proses perekrutan dengan menjadwalkan waktu untuk wawancara. Pengalaman kandidat akan meningkat dan menerima tawaran dengan senang hati. 

  1. Menghemat waktu dan anggaran

Tanpa harus pergi untuk promosi kesana kesini, dengan pemakaian video untuk merekrut pegawai baru akan menghemat waktu. Dengan satu unggahan video saja Anda bisa menjangkau perekrutan dengan ruang lingkup yang luas. Dengan kata lain, video perekrutan Anda akan menjangkau ke banyak sarana perekrutan seperti media sosial, word of mouth, situs lowongan kerja online (LinkedIn, dll.), website bisnis, dll. Oleh sebab itu, orang-orang dengan mudahnya akan nge-share unggahan video perekrutan bisnis Anda dengan orang lain. Apalagi video berdurasi 24/7, sangatlah praktis. 

Begitupun dengan biaya yang akan Anda keluarkan. Dengan pemakaian video untuk kepentingan perekrutan akan menghemat anggaran bisnis juga. Lebih banyak viewers, shares, dan tingkat aplikasi yang lebih tinggi, Anda tidak perlu menghabiskan begitu banyak uang untuk mempromosikannya guna mendapatkan jumlah kandidat pekerjaan yang banyak untuk kepentingan perekrutan. 

Jadi kesimpulannya adalah salah satu strategi pemasaran atau promosi perekrutan adalah pemakaian video. Saat ini, pemakaian video untuk kepentingan perekrutan sangatlah penting dan merupakan yang terbaik. Banyak faktor yang mendukung mulai dari penghematan waktu dan anggaran bisnis, video sangat mudah digunakan, sekali unggahan bisa 24/7 selama masih aktif, dapat menjangkau lebih banyak kandidat, dll.  

Untuk masalah penggunaan video juga sangatlah praktis. Dengan bermodalkan HP smartphone, beberapa personil karyawan untuk videografer, dan juga sedikit waktu dan usaha, maka video perekrutan bisnismu akan selesai. Tak perlu jasa pembuatan video yang terkesan mahal dan spesial, karena dengan video sederhana pun cukup yang terpenting adalah pesannya. Jadi, buatlah video perekrutan yang akan menarik minat kandidat dengan meliputi budaya bisnis Anda sendiri dan hal-hal yang berkenaan dengan proses perekrutan.

Urbanhire sebagai End-to-End Recruitment Platform memberikan fitur Video Interview yang bekerjasama dengan Astronaut. Hal ini dapat memudahkan dan menghemat waktu perekrut untuk melihat pelamar dalam kuantitas yang banyak.