Urbanhire Jobseeker

Alasan Anda Membutuhkan Program Referal

19

Mar 2020

Program referal bisa menjadi pilihan terbaik ketika Anda sedang membutuhkan penambahan karyawan yang berkualitas. Program ini dapat menjadi solusi untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi Anda. Berikut beberapa alasan kenapa Anda membutuhkan program referal.

Tingkat Retensi Lebih Baik

Karyawan yang berasal dari program referal memiliki karakter lebih setia dengan perusahaan dibanding dengan karyawan yang melamar dari situs karir. Alasannya adalah ketika karyawan Anda memberikan rekomendasi kandidat, karyawan Anda sudah memberikan informasi tentang perusahaan Anda dari budaya hingga lingkungan kerja perusahaan Anda. Berbeda dengan kandidat yang berasal dari situs lowongan atau situs karir. Mereka hanya mengetahui perusahaan melalui situs perusahaan.

Mengurangi Waktu Proses Perekrutan

Semakin lama proses perekrutan Anda, maka semakin besar risiko kehilangan kandidat. Untuk memastikan proses perekrutan yang efisien, prioritaskan kandidat yang berasal dari program referal Anda. Alasannya seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kandidat program referal ini kebanyakan memiliki kesamaan dengan kualifikasi Anda. Selain itu Anda juga dapat menggunakan platform perekrutan yang berbasis Applicant Tracking System, seperti Urbanhire untuk mempercepat proses perekrutan Anda.

Tingkat Konversi Lebih Tinggi

Kandidat yang bersumber dari program referensi memiliki tingkat konversi penerimaan yang lebih tinggi. Hal ini terkait dengan alasan pertama tentang retensi. Kandidat yang berasal dari program referal ketika bersedia untuk direferalkan memiliki ketertarikan terhadap perusahaan. Sehingga ketika mendapatkan tawaran kandidat tersebut akan cenderung menerima. Berbeda dengan kandidat yang berasal dari situs karir, mereka akan membandingkan dengan perusahaan lain yang bertujuan untuk mendapatkan tempat yang lebih baik.

Tingkat Kecocokan Dengan Budaya Perusahaan Tinggi

Kandidat yang berasal dari program referal memiliki tingkat kecocokan dengan budaya perusahaan yang lebih baik. Jika kecocokan ini memiliki level yang tinggi maka level retensi pun juga tinggi serta akan membuat mereka bahagia bila menjadi karyawan nantinya. Banyak kegagalan dalam perekrutan yang disebabkan oleh ketidakcocokannya budaya perusahaan dengan kandidat. Untuk itu program ini akan sangat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang tepat.

Sebelum menjalankan program referal, Anda dapat membuka artikel “Merancang dan Mengelola Employee Referral Program yang Sukses” untuk mendapatkan wawasan tentang merencanakan program referal. Untuk mendukung program tersebut, Urbanhire sebagai platform perekrutan dengan Applicant Tracking System memiliki fitur Employee Referral Program yang dapat digunakan oleh para perekrut untuk mendapatkan kandidat dengan rujukan dari karyawan internal dalam perusahaan.