Urbanhire Jobseeker

Alasan Karyawan Berganti Karier

27

Nov 2019

Urbanhire – Pasti Anda setuju bahwa dunia sumber daya manusia saat ini sangatlah dinamis. Begitu banyak karyawan yang berganti karier. Baik yang hanya berpindah kantor dan berganti karier yang tidak segaris dengan latar belakangnya. Misalnya, ada yang memiliki latar belakang sebagai lulusan ekonomi namun ketika memasuki dunia kerja dia menyeberang menjadi software engineer. Sudah bukan rahasia umum lagi jika para karyawan memiliki pemikiran untuk berganti karier dan banyak pula karyawan yang mempertimbangkan untuk segera berganti karier. Lalu apa alasan mereka melakukan dan mempertimbangkan untuk berganti karier?

Penghasilan dan Fasilitas Faktor Utama Tetapi Masih Ada Faktor lain

Tidak jarang ada banyak karyawan yang sudah lama menjalankan pekerjaannya mulai bingung, apakah pekerjaan yang mereka kerjakan saat ini sudah tepat. Dan tidak jarang juga ada yang memiliki pikiran untuk segera berganti bidang sebelum mereka pensiun.

Biasanya para karyawan yang memiliki pemikiran di atas memiliki anggapan bahwa mereka terlalu dituntut atau dipekerjakan secara berlebihan dengan upah yang tidak sebanding. Masalah gaji atau penghasilan menjadi faktor yang sangat jelas. Banyak karyawan yang berganti karier karena ingin mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.

Namun tidak sedikit juga para karyawan yang berganti karier ini tidak hanya masalah penghasilan. Mereka berganti karier karena ingin meningkatkan nilai dan pengetahuan mereka. Bahkan ada faktor lain yang membuat mereka berganti karier yaitu mereka sudah merasa bosan karena tidak ada tantangan ketika mereka bekerja. Jika Anda ingin mempertahankan karyawan Anda, alangkah baiknya Anda memberikan gaji yang kompetitif dan memberikan program pengembangan diri kepada karyawan Anda

Mencari Kebahagiaan

Kebahagiaan dalam bekerja adalah salah satu faktor pendorong yang mempengaruhi karyawan untuk berganti karier. Baik yang sudah berganti karier dan akan berencana berganti karier merasa bahwa mereka tidak bahagia saat bekerja.

Ukuran kebahagiaan setiap karyawan memang berbeda-beda. Tetapi dari perbedaan tersebut dapat Anda lihat dari hal-hal yang mempengaruhi kebahagiaan setiap karyawan saat di kantor. Ada beberapa faktor yang membuat karyawan Anda bahagia, diantaranya adalah budaya kerja, pengakuan atau penghargaan untuk dihargai, peluang untuk berkembang dan perkembangan karier serta teman yang menyenangkan.

Ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kebahagiaan karyawan, yaitu soal fleksibilitas, para karyawan berharap bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Dan kebanyakan karyawan yang berganti karier ini mencari tempat kerja yang memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Banyak yang Mengatakan Setimpal

Sekarang ini pilihan untuk bekerja di berbagai bidang  dan di mana saja sangatlah banyak. Untuk itu para karyawan yang telah memiliki karier baru merasa bahwa apa yang dilakukannya sangatlah setimpal dan mereka merasa bahagia. Mereka sangat bahagia karena mendapatkan penghasilan yang lebih, fleksibilitas, peluang untuk berkembang dan merasa dihargai. Dengan berdasarkan fakta ini, Anda harus membuat rencana agar karyawan terbaik Anda tidak pergi meninggalkan Anda. Ketahui apa yang mereka inginkan dengan melakukan survey di perusahaan Anda. Selama Anda dapat membuat bahagia karyawan Anda, mereka akan tetap bekerja untuk Anda

Agar Anda dapat mempertahankan karyawan terbaik Anda. Alangkah baiknya Anda mulai memperhatikan strategi retensi perusahaan Anda. Anda dapat membaca dalam artikel “Turnover Karyawan Tinggi? Perbaiki Strategi Retensi Anda!” untuk mendapatkan pandangan bagaimana membuat strategi retensi yang tepat.

Urbanhire merupakan platform rekrutmen terkemuka di Indonesia dengan menyediakan teknologi Applicants Tracking System (ATS), yang bekerjasama dengan lebih dari 20 job portal dan universitas ternama di Indonesia, sehingga dapat membantu Anda jika ingin membutuhkan mengiklankan lowongan Anda