Urbanhire Jobseeker

Alasan Kenapa Karyawan Mengundurkan Diri

24

Jan 2020

Urbanhire – Ada banyak alasan seorang karyawan mengundurkan diri. Alasan yang paling sering digunakan ketika karyawan mengundurkan diri adalah tunjangan, peluang peningkatan karir, kepengurusan manajemen, kefleksibelan waktu. Lalu alasan apa yang paling sering dijadikan karyawan ketika ingin mengundurkan diri?

Tunjangan Karyawan

Tunjangan yang diberikan kepada karyawan sering tidak memuaskan para karyawan. Terkadang ini menjadi dilema untuk sebuah perusahaan dimana perusahaan harus membuat paket-paket tunjangan dengan tetap memberikan gaji yang kompetitif namun masih banyak karyawan mengundurkan diri. Alasan tunjangan yang kurang memuaskan menjadi alasan terbanyak yang digunakan  

Peluang Peningkatan Karir

Alasan kedua yang sering digunakan untuk karyawan mengundurkan diri adalah tidak adanya peluang karir yang menjanjikan. Pada umumnya ini sering terjadi di perusahaan yang mayoritas karyawannya adalah milenial dan Gen Z. Para generasi milenial dan Gen Z ini selalu ingin mendapatkan posisi yang tinggi di dalam sebuah perusahaan.

Manajemen Yang Tidak Profesional

Kepengurusan atau manajemen menempati urutan nomor tiga untuk alasan yang sering digunakan ketika karyawan mengundurkan diri. Alasannya adalah manajemen yang tidak profesional akan membuat karyawan menjadi tidak betah. Misalnya dalam pengangkatan karir berdasarkan kedekatan atau tidak menghargai hasil kerja bawahan. Hal-hal seperti itu yang meningkatnya turnover atau banyaknya karyawan yang mundur karena merasa tidak dianggap.

Fleksibilitas Dalam Bekerja

Fleksibilitas dalam bekerja menjadi alasan pengunduran diri yang lumayan sering digunakan saat ini.Hal ini dipicu karena kemajuan teknologi dimana bekerja tidak harus di kantor atau nine to five. Banyak perusahaan yang sudah mulai menyadari dan menerapkan jam kerja fleksibel untuk memberikan work life balance kepada karyawan-karyawannya. Tujuannya adalah untuk menurunkan persentase turnover.

Itulah alasan yang sering digunakan oleh karyawan ketika ingin dan akan mengundurkan diri. Jika memang sudah tidak bisa ditahan lagi, Anda bisa melakukan sebuah exit interview untuk mendapatkan sebuah solusi untuk permasalahan perusahaan dari sudut pandang karyawan. Anda bisa membaca “Bagaimana Melakukan Exit Interview Yang Baik” untuk mendapatkan ide tambahan agar exit interview Anda berjalan lancar dan memberikan dampak yang positif.Ketika Anda sudah tidak dapat menahan karyawan Anda untuk mengundurkan diri, Anda dapat menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS). Dengan memanfaatkan job distribution Urbanhire, dengan total lebih dari dua puluh job portal dan universitas-universitas ternama di Indonesia akan membuat Anda lebih cepat mendapatkan kandidat dan mengisi kekosongan posisi di perusahaan Anda.

Ketika Anda sudah tidak dapat menahan karyawan Anda untuk mengundurkan diri, Anda dapat menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS). Dengan memanfaatkan job distribution Urbanhire, dengan total lebih dari dua puluh job portal dan universitas-universitas ternama di Indonesia akan membuat Anda lebih cepat mendapatkan kandidat dan mengisi kekosongan posisi di perusahaan Anda.