Urbanhire Jobseeker

Alasan Kesejahteraan Di Tempat Kerja Penting Saat Ini

21

Apr 2020

Urbanhire – Saat ini, para pekerja dan perusahaan sama-sama mengalami gangguan dalam kesejahteraan. Dampak COVID-19 membuat banyak perusahaan untuk membuat strategi baru dan mempertimbangkan banyak hal, mulai dari berapa lama pandemi akan berakhir, keberlangsungan perusahaan hingga bagaimana dengan kesejahteraan karyawan. Di dalam keadaan ini kenyamanan dan kesejahteraan menjadi hal yang sangat penting. Mengapa kesejahteraan begitu penting di masa krisis seperti ini? Dan apa yang dapat dilakukan perusahaan untuk mendukungnya? Di tulisan ini akan membahas itu semua

Ikatan Sosial Penting Untuk Kesejahteraan

Kesejahteraan karyawan dibentuk dari berbagai faktor yang saling melengkapi. Pada keadaan normal, upah dan tunjangan yang bagus menjadi faktor utama. Namun di kondisi krisis seperti ini faktor tersebut bergeser. Pergeseran tersebut mengarah ke ikatan sosial yang berupa kebersamaan, penganggapan dan segala hal yang bersifat sosial. Menunjukkan dukungan dan mengenali kendala serta tantangan yang dihadapi para pekerja akan membantu membangun ikatan dan semangat selama masa-masa sulit ini.

Fokus Kepada Keterbukaan dan Transparansi Untuk Mendukung Pekerja

Banyak pekerja yang saat ini bekerja dari rumah akibat pandemi ini dan selama di rumah  selain bekerja tetap melakuan tanggung jawab mereka ketika di rumah sehingga tekanan kepada para pekerja bertambah. Misalnya seorang ibu atau ayah yang terbiasa di kantor dan hanya fokus dengan pekerjaannya kini harus membagi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dan pekerjaan mengurus rumah. Hal ini akan membuat mereka cepat stress. Menjadi peka dengan memberikan waktu yang fleksibel kepada karyawan Anda dapat membantu mempertahankan kesejahteraan mereka. Selain itu disaat pandemi ini, keterbukaan dan transparansi juga berpengaruh kepada kesejahteraan serta kenyamanan karyawan. Anda harus mengomunikasikan dengan jelas dan apa adanya tentang kondisi perusahaan saat ini

Dampak Dari Strategi Pengurangan Karyawan

Ketika seseorang kehilangan pekerjaan karena PHK, hampir separuh semangatnya akan hilang. Alasannya adalah mereka kehilangan sumber mata pencahariannya di tengah krisis ini yang akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan lagi. Dampak dari PHK ini juga akan terbawa ketika mereka mendapatkan pekerjaan baru sehingga membuat mereka tidak percaya diri. Untuk itu, perusahaan sebaiknya menghindari menggunakan strategi pengurangan karyawan dengan mengedepankan solusi lainnya. Anda dapat mengurangi gaji karyawan Anda dan bersamaan mengurangi jam kerjanya atau memberikan cuti panjang namun tidak digaji daripada Anda harus memPHK karyawan Anda.

Kesejahteraan karyawan akan berpengaruh terhadap employee engagement. Dan bila employee engagement rendah akan berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan Anda. Untuk itu kami sarankan untuk membaca artikel Strategi Employee Engagement Yang Berhasil agar Anda dapat merancang strategi dengan benar. Selain itu tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan berbasis Applicant Tracking System (ATS) yang dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment.