Urbanhire Jobseeker

Alasan Perusahaan Harus Memberi Kesempatan Untuk Wanita

16

Sep 2019

Blog

Urbanhire – Kesetaraan gender membuat wanita memiliki hak dan kewajiban serupa dengan pria. Banyak wanita yang bisa disetarakan dengan pria dalam hal kemampuan, itulah kenapa kini banyak perusahaan memberi kesempatan untuk wanita. Bukan sekadar memenuhi kewajiban undang-undang, namun memberikan kestabilan dan membuktikan wanita bahwa wanita bisa bersaing.

Di Indonesia, negara menjamin semua orang untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Ini berlaku untuk pria dan wanita, maka sebenarnya tidak ada lagi istilah wanita tertinggal tentang pengetahuan. Semua setara dan bahkan wanita memiliki kesempatan dan mampu bersaing serta mengungguli pria, untuk itu hal ini tidak bisa lagi menjadi perdebatan di dunia kerja.

Maka saat memberi kesempatan untuk wanita, Anda harus melihat dahulu kemampuannya yang dimiliki pekerja wanita Anda bukan karena dia wanita. Sekalipun bekerja di lapangan, banyak wanita yang mampu dan bisa melakukannya. Bahkan hasilnya jauh lebih baik dari pria, itulah kenapa kini wanita mendapatkan kesetaraan.

Apa yang akhirnya membuat perusahaan kini mulai memberi kesempatan untuk wanita, selain Anda harus patuh terhadap undang-undang tentang wanita memiliki kesempatan yang sama dengan pria. Ada beberapa hal yang jadi pertimbangan tersendiri, dimana posisi tertentu harus diisi oleh wanita dan harus memberi kesempatan untuk menempati posisi lainnya .

Wanita Layak Jadi Pemimpin

Pertimbangan utama bahwa wanita bisa menjadi pemimpin dapat dilihat melalui susunan kabinet di Indonesia. Beberapa menteri yang ada dijabat oleh wanita dan memiliki prestasi yang dapat diambil contoh seperti Menkeu, Sri Mulyani dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Hal ini merupakan pembuktian besar, itulah kenapa kini sudah banyak perusahaan memberi kesempatan untuk wanita.

Bahkan perempuan layak mendapatkan kesempatan jadi pemimpin, asalkan memiliki kualitas seperti pria bahkan melebihinya. Ada banyak pertimbangan yang bisa dipikirkan wanita, apalagi soal analisis baik dan buruknya. 

Wanita Pintar Memanfaatkan Setiap Peluang

Kebanyakan wanita dapat mengubah peluang menjadi kesuksesan, hal yang sering terlewatkan para pria. Inilah sebabnya kini perusahaan banyak memberi kesempatan untuk wanita, dimana mengambil banyak sudut pandang untuk mengubah peluang yang ada.

Sebagian banyak orang peluang itu tidak perlu diciptakan, tapi melihat apa yang sedang terjadi. Inilah yang sering dimanfaatkan wanita modern saat ini, sehingga tidak lagi bergantung pada pria dan bisa jadi lebih mandiri. Tidak jarang juga para wanita bisa mengubah peluang buruk menjadi peluang terbaik.

Wanita Suka Bersosialisasi dan Mudah Beradaptasi

Wanita mudah beradaptasi dengan lingkungan. Jika berada di tempat baru, para wanita tidak segan untuk mengulurkan tangan dan berbaur. Inilah yang menjadi titik terpenting, dimana dalam dunia kerja cepat beradaptasi dan bersosialisasi sangatlah menguntungkan dalam iklim kerja. Bahkan pemimpin wanita, membuat atmosfer kerja menyenangkan.

Itulah kenapa, kini banyak perusahaan besar memberi kesempatan untuk wanita. Bekerja dengan team yang mudah beradaptasi dengan hal baru sangat menyenangkan dan dapat cepat mengikuti persaingan akibat perkembangan zaman. Ini akan memberikan banyak peluang dan inovasi baru yang tidak terpikirkan sebelumnya. 

Selalu Punya Motivasi Untuk Inovasi Baru

Setiap menentukan pilihan atau strategi selalu ada resikonya, untuk mendapatkan keberhasilan pasti ada peluang untuk mengalami kegagalan. Apa yang dilakukan saat strategi yang dirancang oleh para wanita tidak berjalan baik? Tentu mereka akan langsung mengevaluasi, inilah yang banyak dilakukan wanita.

Saat mengalami kegagalan, para wanita lebih banyak merenung dan mengevaluasi kesalahan yang mengakibatkan kegagalan mereka. Inilah poin penting, kenapa banyak perusahaan bonafit memberi kesempatan untuk wanita. Karena pada umumnya para wanita selalu berpikir panjang sebelum mengambil keputusan penting.

Melalui kesalahan tersebut para wanita selalu punya motivasi untuk mendapatkan cara baru untuk mendapatkan kesuksesan, itulah kenapa saat strategi yang dirancang tidak berjalan mereka cepat tanggap dan langsung mengevaluasi. Hal yang sulit dilakukan saat pria memiliki strategi atau rencananya tidak berjalan baik karena pria pada umumnya memiliki ego yang besar.

Wanita Tidak Mudah Bosan

Alasan utama kenapa perusahaan memberi kesempatan untuk wanita, kaum hawa tidak mudah bosan dengan apa yang dilakukan sekarang ini. Saat Anda menduduki satu posisi atau jabatan, maka memilih bertahan dan melakukan dengan baik, sehingga nantinya akan mendapatkan kenaikan jabatan.

Lain halnya dengan pria, saat tidak kunjung mendapatkan progress jabatan, maka akan mencari peluang lain. Bahkan bisa jadi bertolak belakang dengan apa yang dilakukan sekarang ini, seperti kembali ke garis awal. Hal yang berkebalikan dengan wanita, dimana memilih bertahan untuk sukses bersama nantinya.

Bahkan saat sudah merasa nyaman, kebanyakan para wanita memilih untuk bertahan meskipun tengah menghadapi masalah. Pasalnya semua masalah tentu akan menemukan solusinya, bukan dengan menghindar atau pergi, melainkan harus bisa mencari peluang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dapat Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Positif

Satu hal positif yang membuat perusahaan memberi kesempatan untuk wanita, para wanita bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan positif. Sehingga semua pekerja akan lebih produktif, mengurangi kegagalan dan bisa menemukan banyak peluang baru. Hal kecil yang diabaikan para pria.

Kenapa penting sekali memiliki atmosfer kerja yang positif? Karena saat tempat kerja jadi menyenangkan seperti rumah kedua, pasti akan memberikan banyak inovasi dan hal positif yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Hal ini akan membuat perusahaan Anda dapat bekerja dengan baik. Tidak dalam tekanan dan mengurangi stress, bahkan bisa melebihi target yang sudah ditentukan sendiri. Tentunya Anda ingin perusahaan Anda berhasil mencapai target lebih tinggi dari target sebelumnya bukan.

Untuk Anda ingin mendapatkan kandidat wanita yang berkualitas, Anda dapat bekerjasama dengan employee Anda dengan menggunakan sistem rekomendasi atau yang sering disebut sistem employee referral program.

Urbanhire Sebagai Applicant Tracking System memiliki fitur lain untuk mempermudah proses perekrutan di perusahaan Anda yaitu employee referral program