Urbanhire Jobseeker

Alasan Survei Kepuasan Karyawan Itu Penting

31

Jan 2020

Urbanhire – Pasti Anda sudah tidak asing dengan survei terutama survei kepuasan. Survei ini sering digunakan sebagai dasar untuk evaluasi sebuah kegiatan. Di dalam sebuah perusahaan pun tidak jarang melakukan survei kepuasan kepada karyawan. Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui tingkat kebahagiaan mereka. Kebahagiaan karyawan akan berpengaruh juga kepada produktivitas perusahaan. Berikut alasan survei kepuasan karyawan itu penting

Survei Kepuasan Karyawan Membuka Semuanya

Seperti yang dituliskan di atas bahwa kebahagiaan karyawan akan mempengaruhi produktivitas sebuah perusahaan. Produktivitas akan mempengaruhi juga kepada kepuasan pelanggan. Disinilah peran survei, Anda dapat melihat apakah karyawan Anda senang ketika bekerja di perusahaan Anda. Anda dapat mengevaluasi dan mencari solusi jika ada isu yang mempengaruhi kepuasan karyawan Anda. Jika Anda dapat memberikan pertanyaan yang tepat untuk survei, Anda akan dengan mudah mengoptimalkan kemampuan karyawan Anda kedepannya dan membenahi apa yang kurang dari perusahaan Anda

Survei Kepuasan Karyawan Memiliki Manfaat

Alasan survei kepuasan karyawan penting karena survei ini memiliki manfaat. Di era modern yang memiliki banyak faktor untuk membuat orang tidak bahagia, survei kepuasan karyawan bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengukur kebahagiaan, keterlibatan dan sentimen karyawan. Selain itu, survei kepuasan karyawan memberikan sejumlah manfaat bagi manajer dan pemimpin seperti Anda. Survei ini memungkinkan Anda untuk menjaga karyawan dan perusahaan Anda tetap berada pada jalurnya. Selain itu survei dapat mengungkapkan apa yang dirasakan oleh karyawan Anda. Dengan informasi tersebut, Anda dapat mengambil langkah lebih awal jika ada masalah di perusahaan Anda. Di sisi lain, survei kepuasan karyawan membuat pekerja merasa suara mereka penting dan didengar oleh para pimpinan.

Cara Menjalankan Survei Yang Baik

Sebagian besar perusahaan melakukan survei kepuasan karyawan setiap tahunnya. Biasanya menjelang akhir tahun. Namun di era digital ini sebaiknya Anda melakukannya lebih rutin. Alasannya adalah Anda tidak akan tahu kapan karyawan Anda yang memiliki masalah akan keluar. Dan bahkan jika mereka bertahan Anda akan memiliki karyawan yang tidak produktif dan berpotensi menjadi racun di lingkungan Anda. Anda dapat menjalankan perbulan untuk menjalankan survei. Survei yang Anda lakukan bisa berupa survei dengan kuesioner yang jauh lebih pendek pertanyaannya. Selain survei bulanan Anda juga harus melakukan survei tahunan untuk mengumpulkan data yang lebih detail dan lengkap.

Mengambil Langkah Setelah Melakukan Survei

Satu-satunya penyebab survei kepuasan karyawan tidak berhasil adalah karena para pemimpin tidak mengambil tindakan. Akibat dari para pemimpin tidak segera bertindak adalah karyawan akan merasa seolah-olah mereka membuang-buang waktu. Langkah pertama Anda ketika selesai melakukan survei adalah segera memberikan umpan balik atau jawaban.

Selain mencari tahu apa yang terjadi di lingkungan Anda. Anda perlu memberikan perhatian pada perkembangan karyawan. Salah satu cara untuk membuat karyawan berkembang adalah dengan memberikan masukan atau feedback. Melalui artikel “Memberikan Masukan Untuk Perkembangan Karyawan” Anda akan mendapatkan strategi bagaimana memberikan masukan. Dan untuk mempermudah Anda dalam masalah perekrutan, Anda dapat menggunakan Urbanhire, sebuah platform perekrutan yang memiliki Applicant Tracking System (ATS) yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan proses perekrutan secara efisien.

Anda perlu memberikan perhatian pada perkembangan karyawan. Salah satu cara untuk membuat karyawan berkembang adalah dengan memberikan masukan atau feedback. Melalui artikel “Memberikan Masukan Untuk Perkembangan Karyawan” Anda akan mendapatkan strategi bagaimana memberikan masukan. Dan untuk mempermudah Anda dalam masalah perekrutan, Anda dapat menggunakan Urbanhire, sebuah platform perekrutan yang memiliki Applicant Tracking System (ATS) yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan proses perekrutan secara efisien.