Bagaimana Cara Efektif Menggunakan Job Portal?

| employer-resources recruitment-hacks

by Urbanhire

Urbanhire – Saat ini, semuanya tersedia di internet, bahkan ketika seseorang membutuhkan pekerjaan, ia hanya perlu menelusuri internet dan mencari pekerjaan melalui job portal. Bahkan, sebagian besar perusahaan saat ini mengiklankan lowongan pekerjaan mereka melalui job portal untuk memberikan kesempatan bagi semua kandidat untuk bergabung dengan perusahaan mereka. Meski demikian, bukan hal yang mudah untuk menemukan kandidat yang baik melalui cara ini. Jadi, bagaimana cara efektif menggunakan job portal? Ada beberapa cara untuk mencari kandidat di job portal yang mungkin perlu Anda ketahui.

Cari melalui Resume

Sebagai pemberi kerja, Anda benar-benar perlu menemukan kandidat yang cocok untuk mengisi beberapa posisi yang tersedia di perusahaan Anda. Tapi, tidak mudah untuk menemukan yang terbaik. Setelah Anda membuka lowongan di iklan, sebagian besar kandidat tidak relevan dengan persyaratan pekerjaan. Jadi, Anda tidak harus selalu memposting lowongan pekerjaan dan menunggu beberapa resume, tetapi Anda dapat mencari di database job portal untuk mendapatkan kandidat yang cocok. Anda hanya perlu menetapkan kriteria yang Anda butuhkan dan mencari resume berdasarkan keterampilan kandidat, lokasi, pengalaman, dan tingkat pendidikan.

Melanjutkan pencarian di Urbanhire memungkinkan Anda untuk mencari kandidat melalui database kami dengan cara yang tepat untuk perusahaan Anda.

Temukan Job Portal yang Relevan

Jika Anda tidak ingin membuang waktu untuk mencari kandidat melalui job portal, maka Anda disarankan untuk mencari di tempat yang benar. Anda dapat mengundang kandidat jarak jauh untuk bergabung dengan perusahaan Anda atau Anda dapat memeriksa job portal lokal jika Anda ingin mencari area geografis yang terbatas. Biasanya, di setiap negara, selalu ada satu atau dua job portal yang dapat digunakan untuk mencari kandidat. Jika Anda ingin mencari kandidat dari Yunani, Anda dapat mengunjungi situs web Skywalker misalnya. Jadi, Anda perlu tahu portal yang akan Anda kunjungi agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam memilih kandidat yang benar-benar Anda inginkan.

Gunakan Alat untuk “Sourcing”

Alat “sourcing” juga merupakan pilihan yang bagus jika Anda ingin mencari kandidat yang cocok. Ada begitu banyak alat sumber yang dapat Anda kunjungi. Mereka menyediakan database resume besar di mana Anda dapat mencari jutaan profil kandidat untuk posisi tertentu yang Anda butuhkan. Dalam hal ini, yang perlu Anda lakukan adalah menemukan alat sumber terbaik sehingga Anda bisa mendapatkan kandidat terbaik sesuai keinginan. Dengan menggunakan alat “sourcing”, Anda dapat menghemat uang Anda dan juga akurat. Setelah Anda mendapatkan beberapa kandidat, maka Anda dapat mengundang mereka untuk wawancara jika mereka mau.

Pertimbangkan Job Portal Non-Tradisional

Anda juga masih dapat memiliki kesempatan untuk menggunakan job portal non-tradisional yang memungkinkan Anda memposting lowongan kerja untuk menemukan kandidat. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari kandidat dengan persyaratan khusus. Ada beberapa job portal yang hanya menyediakan posisi pekerjaan tertentu. Dalam hal ini, Anda hanya perlu memilih job portal yang benar untuk mengirim lowongan sehingga Anda dapat menargetkan kandidat yang tepat sesuai dengan persyaratan yang Anda butuhkan. Salah satu job portal non-tradisional yang cukup populer saat ini adalah LinkedIn. Banyak pengusaha lebih suka LinkedIn untuk memposting lowongan kerja mereka untuk mencari kandidat profesional untuk bergabung dengan perusahaan mereka. Mungkin, Anda dapat mencoba yang ini jika Anda benar-benar ingin mendapatkan kandidat potensial seperti yang Anda inginkan.

Cukup merepotkan untuk memposting lowongan kerja Anda di LinkedIn, tetapi jangan khawatir, Anda dapat menggunakan Urbanhire dan memposting lowongan kerja Anda di LinkedIn!

Tunjukkan Visibilitas Perusahaan Anda

Ketika Anda membutuhkan kandidat untuk mengisi posisi tertentu di organisasi Anda, Anda perlu menunjukkan bahwa Anda sedang merekrut sehingga kandidat dapat dengan mudah menemukannya. Ada begitu banyak job portal yang menyediakan ruang iklan untuk lowongan pekerjaan. Anda dapat menggunakan fitur spanduk yang tersedia untuk menunjukkan bahwa perusahaan Anda sedang merekrut. Anda juga dapat membagikan informasi perusahaan Anda dengan para kandidat sehingga mereka akan lebih tahu tentang perusahaan Anda. Jika memungkinkan, Anda dapat mendaftar untuk akun premium untuk mendapatkan lebih banyak fitur.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin menggunakan job portal secara efektif. Anda dapat menemukan begitu banyak kandidat yang cocok jika Anda melakukannya dengan benar. Anda juga harus selalu memperbarui informasi agar mereka mengetahui bahwa Anda benar-benar merekrut.

Kemudian, gunakan Urbanhire sebagai Applicant Tracking System Anda, lowongan pekerjaan Anda tidak hanya akan diposting di UH Search, tetapi juga di saluran platform kerja seperti LinkedIn, Jooble, Kompas Karier, dan lainnya. Anda juga dapat memposting lowongan pekerjaan Anda di job portal universitas juga.