Urbanhire Jobseeker

Bagaimana HR Berpengaruh Di Budaya Perusahaan

15

Feb 2020

Ketika mendengar HR, orang awam akan langsung berpikiran ke arah perekrutan dan pemutusan hubungan kerja. Pada kenyataannya, HR bisa berbuat lebih dari itu. HR bisa menjadi sosok yang mempengaruhi pembentukan budaya perusahaan yang lebih baik. Anda sebagai praktisi HR, dapat menerapkan beberapa strategi untuk dapat memberikan pengaruh positif terhadap budaya perusahaan Anda.

Pantau Statistik Perusahaan Anda

Dengan melihat dan menggunakan statistik perusahaan merupakan salah satu cara yang dapat membantu Anda untuk memastikan Anda sebagai HR berkontribusi terhadap budaya perusahaan. Dengan menggunakan berbagai jenis perangkat lunak yang dapat membantu karyawan terlibat dengan perusahaan Anda, serta bantuan dalam mengukur kepuasan karyawan, Anda dapat memiliki gagasan yang lebih baik tentang perusahaan Anda dan apa yang mungkin perlu Anda kerjakan. Ketika Anda melihat statistik, Anda dapat berhubungan lebih dekat dengan karyawan dan bagaimana perasaan mereka, dan lebih mampu memberi mereka apa yang mereka butuhkan.

Ikuti Tren Industri

Mengikuti tren merupakan cara lain agar Anda sebagai HR dapat berkontribusi untuk budaya perusahaan. Dengan menyadari perubahan di luar perusahaan Anda dan apa yang dilakukan oleh perusahaan lain, Anda dapat memberikan hal-hal yang baru kepada karyawan, sehingga mereka tidak perlu lagi mencari-cari di perusahaan lain

Dapatkan Ikatan Emosi Karyawan

Cara ketiga agar HR dapat berkontirbusi positif terhadap budaya perusahaan adalah dengan menjaga karyawan tetap memiliki ikatan emosional. Ada berbagai cara untuk meningkatkan ikatan emosi ini atau employee engagemend. Anda dapat bagaimana strategi untuk employee engagement di artikel Strategi Employee Engagement. Perlu diingat bahwa karyawan yang memiliki ikatan emosional akan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Sampaikan Visi Perusahaan Anda

Cara lain agar HR dapat membuat perbedaan positif terhadap budaya perusahaan adalah dengan mengomunikasikan visi perusahaan secara efektif kepada karyawan. Dengan memastikan bahwa Anda sudah menyampaikan visi dan misi perusahaan Anda secara jelas, secara tidak langsung Anda membantu meningkatkan produktivitas dan kerja sama antar karyawan dalam membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya.Budaya perusahaan akan berjalan dengan baik jika Anda memiliki karyawan yang sesuai dan sejalan dengan budaya perusahaan. Anda dapat menggunakan Urbanhire dengan Applicant Tracking System (ATS) yang dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan budaya perusahaan Anda melalui fitur online pre-assessment.