Urbanhire Jobseeker

Bagaimana HR Memimpin Selama Wabah Corona

7

Apr 2020

Urbanhire – Ketika wabah corona menjadi pandemi dan menyebar sangat cepat di berbagai wilayah, semua sektor kehidupan manusia mengalami perubahan, khususnya sektor ekonomi. Banyak perusahaan yang mengalami penundaan atau dibatalkan kegiatan bisnisnya akibat wabah ini. Dan sudah banyak perusahaan yang memberlakukan work from home atau kerja remote.

Saat pandemi sudah menyebar di berbagai daerah, banyak perusahaan yang belum siap menghadapi pandemi ini dan belum memiliki rencana atau strategi yang matang agar perusahaan tetap berjalan. Melihat kondisi tersebut, HR memiliki peran yang sangat penting dan krusial. Alasannya adalah HR harus menyelaraskan organisasi dan melindungi aset mereka agar tetap aman dan nyaman. Berikut tips untuk HR saat memimpin perusahaan selama pandemi virus corona.

Pertahankan Rutinitas & Berkomunikasi Secara Transparan

Anda sebagai praktisi HR harus bisa mendorong organisasi untuk melakukan komunikasi secara transparan, baik komunikasi sesama manajemen atau komunikasi antar manajemen dengan karyawan. Ketika manajemen ingin memberikan informasi kepada karyawan, HR harus berada di paling depan dan menjadi pusat sumber informasi. Anda sebagai HR dapat membantu memberikan informasi berupa komitmen bisnis bahwa manajemen akan tetap memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan karyawan. Selain itu Anda dapat memberikan informasi bahwa Anda siap menampung semua keluh kesah karyawan dan dapat disampaikan melalui Anda secara langsung agar menjadi masukan untuk manajemen. Tujuan dari sikap ini adalah untuk menumbuhkan budaya empati di dalam perusahaan atau organisasi Anda agar perusahaan semakin solid dan kuat menghadapi wabah virus corona ini. 

Melaksanakan Kebijakan Kerja Fleksibel

Agar karyawan Anda aman dari wabah virus corona, sebaiknya Anda segera menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home. Dengan memberikan kebijakan tersebut akan membuat karyawan Anda merasa aman dan tenang selama wabah ini. Pastikan juga bahwa peralatan kerja karyawan Anda tetap mendukung selama bekerja dari rumah. Dengan kata lain ketika masa pandemi, Anda harus berinvestasi kepada kolaborasi tim, jaringan internet, dan teknologi untuk menjaga agar karyawan Anda tetap terhubung dan bergerak sesuai arahan manajemen. Dorong organisasi Anda untuk menggunakan platform-platform penunjang bekerja jarak jauh  agar semakin mudah menyelaraskan usaha-usaha untuk mencapai target selama pandemi ini.

Berikan Dukungan Komunikasi Kepada Manager

Manajer dalam sebuah organisasi merupakan orang pertama yang mengatur dan mengawasi karyawan. Untuk itu sangat penting bagi Anda memberikan dukungan kepada manager Anda untuk mengawasi karyawan-karyawan yang sedang bekerja di rumah. Dukungan tersebut berupa alat dan cara berkomunikasi untuk tetap mengontrol karyawan berjalan sesuai. Dalam hal ini HR harus memberikan para manajer dukungan yang sesuai kebutuhan mereka, memastikan mereka tahu bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan karyawan selama bekerja dari rumah dan memberikan penjelasan singkat tentang platform yang digunakan untuk berkomunikasi.

Kita sudah tahu bahwa wabah corona ini  membuat banyak perusahaan yang melakukan sistem kerja remote atau work from home. Sistem kerja remote ini sebenarnya sudah menjadi tren di kalangan perusahaan yang berisikan karyawan milenial sebelum merebaknya virus corona. Dan bekerja dari rumah atau work from home ini menjadi salah satu daya tarik di kalangan milenial untuk memilih perusahaan. Untuk itu Anda harus mengetahui Tips Sukses Mengatur Karyawan Work From Home. Melalui artikel tersebut Anda akan mendapatkan wawasan agar Anda berhasil mengatur karyawan Anda ketika WFH.

Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan sebuah Applicant Tracking System. Urbanhire dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang berkualitas untuk mengisi tim remote Anda melalui fitur Pre-Assessment Questions dan melindungi perusahaan Anda dari terinfeksi virus corona dengan menggunakan fitur video interview ketika ingin melakukan perekrutan.