Urbanhire Jobseeker

Bagaimana HR Menjadi Host Happy Hour Saat WFH

28

May 2020

Urbanhire – Mengadakan happy hour di tengah pandemi ini merupakan salah satu cara menjaga semangat karyawan yang sedang WFH. Menjaga semangat karyawan di tengah pandemi sepertinya menjadi perhatian utama para praktisi HR saat ini. Memang menjaga semangat karyawan saat ini sangatlah menantang. Salah satunya mengadakan happy hour yang sudah disebutkan di atas tadi. Lalu bagaimana Anda menjadi host happy hour saat WFH?

Gunakan Aplikasi Telekonferensi

Kita sudah tahu bahwa selama pandemi ini dan berjalannya WFH, penggunaan aplikasi atau platform telekonferensi saat ini sangatlah meningkat. Anda dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengadakan happy hour bersama karyawan-karyawan Anda. Silahkan tentukan sendiri aplikasi apa yang akan Anda dan karyawan Anda gunakan.

Tentukan Waktu Yang Tepat

Pemilihan waktu sangatlah penting. Meski semua karyawan sedang bekerja dari rumah, memilih waktu yang tepat tidak boleh sembarangan. Pastikan waktu dimana karyawan Anda dapat bergabung semuanya. Mungkin Anda bisa memilih di hari Jumat sore dan meminta para karyawan untuk meluangkan waktu di hari tersebut. Atau jika tidak bisa menemukan waktu yang tepat adalah dengan menggunakan jadwal pertemuan mingguan, dimana Anda tidak perlu memberitahu karyawan Anda agar seperti kejutan.

Baca Juga: Strategi Membuat Karyawan Bangga Bekerja Untuk Anda

Mulailah Dengan Icebreaker

Sebelum Anda memasuki acara inti dari happy hour sebaiknya Anda buka dengan acara ice breaker atau permainan yang menggunakan imajinasi. Misalnya misalkan jika diberi kesempatan untuk bermain film, ingin bermain di film apa dan berperan menjadi apa. Membuka acara dengan energi positif akan membuat suasana menjadi mengalir dan tidak kaku.

Mengajak Mengeluarkan Ide-Ide

Happy hour secara virtual merupakan waktu yang tepat untuk menarik atau mendorong karyawan Anda mengeluarkan ide-ide mereka selama WFH ini. Tidak harus selalu ide untuk pekerjaan atau perusahaan, karyawan bisa memberikan ide untuk membaca sebuah judul buku atau menonton film. Dengan demikian karyawan Anda dapat memberikan semangat kepada satu sama lain dengan menawarkan saran tentang bagaimana tetap sibuk dan positif sepanjang masa sulit ini.

Itulah tips untuk Anda jika ingin mengadakan acara tersebut. Tidak lain tujuan acara ini adalah mengurangi stres yang diakibatkan terlalu lama bekerja dari rumah. Anda dapat membaca artikel “Cara Mengurangi Stres Karyawan” agar karyawan Anda tetap produktif dan berkontribusi secara maksimal untuk perusahaan. Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire, sebagai platform perekrutan berbasis Applicant Tracking System (ATS). Urbanhire dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Online Assessment.