Urbanhire Jobseeker

Bagaimana HR Menyiapkan Kantor Saat New Normal

4

Jun 2020

Blog

Urbanhire – Pemerintah Indonesia memiliki wacana untuk menjalankan new normal dalam waktu dekat ini. Dan Anda sebagai praktisi HR juga harus siap membuat rencana untuk membuka kembali kantor Anda. Tantangan terbesar dari new normal ini adalah pada keselamatan karyawan dan menciptakan rasa aman dan nyaman untuk karyawan. Lalu bagaimana Anda menyiapkan kantor saat konsep hidup baru di tengah pandemi ini?

Mengubah Desain Kantor

Sudah pasti Anda harus mengubah desain kantor Anda. Alasannya adalah kantor Anda didesain untuk kehidupan normal bukan di tengah pandemi. Untuk mempersiapkan new normal setidaknya Anda harus mengubah desain tempat duduk kantor. Tujuannya adalah memberikan ruang yang lebih luas untuk karyawan Anda ketika menerapkan physical distancing. Lalu Anda juga harus menyediakan tempat untuk meletakan hand sanitizer. Memberikan pembatas pada lantai di area umum seperti ruang rapat dan kantin. Yang tidak kalah penting adalah menempelkan poster pengingat untuk selalu menjaga jarak, memakai masker dan menjaga kebersihan

Mengecek Suhu Tubuh Karyawan

Langkah kedua untuk menghadapi new normal adalah selalu melakukan pengecekan suhu tubuh karyawan Anda. Lakukan ketika mereka berada di pintu masuk kantor Anda. Jika ada karyawan Anda yang suhunya tidak normal, Anda bisa melakukan pencegahan dengan mengizinkan karyawan tersebut untuk pulang atau bekerja dari rumah. Dengan cara seperti ini akan membuat karyawan Anda merasa aman ketika harus kembali bekerja di kantor.

Baca Juga: Membantu Melihat Realita Dengan Positif Di Masa Krisis

Lakukan Survei Untuk Rencana Kembali Ke Kantor

Untuk menyiapkan kantor ketika new normal, Anda dapat membuat survei. Survei ini dapat Anda sebarkan ke karyawan Anda. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa saja yang mereka butuhkan agar merasa aman ketika bekerja di kantor. Sebisa mungkin Anda mewujudkan apa yang diinginkan karyawan Anda melalui survei tersebut. Itulah tiga saran untuk Anda ketika ingin membuka kembali kantor fisik Anda. Memperhatikan keselamatan dan kenyamanan karyawan ketika new normal merupakan sebuah upaya untuk memelihara dan mendukung kesehatan mental mereka. Namun jika Anda merasa belum siap untuk menjalankan new normal Anda disarankan untuk tetap menerapkan work from home. Ketika Anda tetap menjalankan WFH, Anda harus memperhatikan kesehatan mental karyawan Anda. Melalui artikel “Bagaimana Mendukung Kesehatan Mental Karyawan” Anda akan mengetahui memelihara dan mendukung kesehatan mental karyawan Anda ketika WFH masih berlangsung lama. Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Online Assessment.