Urbanhire Jobseeker

Bagaimana Membuat Karyawan Anda Merasa Dihargai?

15

Nov 2018

Blog

Penghargaan kepada karyawan atau employee’s value perlu dilakukan oleh setiap pemimpin perusahaan yang menganggap karyawannya adalah aset yang berharga bagi perusahaannya. Ada banyak alasan kenapa harus menghargai karyawan Anda. Salah satu alasannya adalah bila seorang karyawan merasa dihargai maka yang bersangkutan akan merasa senang untuk datang ke tempat kerja dan merasa nyaman di tempat kerja. Semua hal ini berpengaruh besar terhadap produktivitas karyawan yang bersangkutan. Lalu, bagaimana cara membuat karyawan Anda merasa dihargai?

Menghargai karyawan bisa memberi dampak besar baik kepada perusahaan maupun kepada keryawan yang bersangkutan. Karyawan yang dihargai akan merasa senang dan berbahagia yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap iklim kerja yang kondusif. Iklim kerja yang kondusif berkontribusi langsung terhadap produktivitas seluruh karyawaan yang bekerja dalam perusahaan.  Menghargai karyawan atau employee’s value ternyata bisa memberi dampak sangat luar biasa.

Dampak yang luar biasa tersebut bisa Anda lakukan dengan cara-cara yang sangat sederhana tanpa memerlukan waktu khusus maupun biaya yang besar. Mau tahu tindakan apa saja yang bisa membuat karyawan merasa dihargai? Berikut adalah ulasannya.

Hal-hal penting yang bisa Anda lakukan untuk membuat karyawan merasa dihargai:

  1. Ucapkan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih kepada karyawan atas pekerjaan yang telah dilakukan bukan saja sebagai bentuk sopan santun kepada orang lain tetapi lebih pada bentuk penghargaan dari seorang pemimin kepada karyawannya. Ucapan terima kasih harus diucapkan meskipun karywan tersebut melakukan pekerjaan rutin mereka sehari hari. Dengan mendapatkan ucapan terima kasih dari pemimpinya karawan yang bersangkutan akan merasa mendapat perhatian dan penghargaan yang tinggi. Dan hal ini yakin membuat karyawan yang bersangkutan akan semakin bersemangat dalam menjalankan tugasnya.

  1. Penuh Perhatian dalam Percakapan Sehari-hari

Tidak ada orang di dunia ini yang suka dengan orang yang cuek. Sebaliknya kita akan bisa dengan mudah bekerja sama dengan seseorang bila orang tersebut merasa kita perhatikan. Anda mungkin berpendapat bahwa semua karyawan bisa diganti. Tapi percayalah pemahaman seperti itu tidak akan membuat karyawan Anda menjadi giat bekerja. Tetapi bila seorang karyawan merasa dihargai dan dianggap berguna bagi perusahaan maka yang bersangkutan akan bekerja semakin giat.

Bila memungkinkan, kenali karyawan Anda secara personal. Cari tahu secara garis besar tentang keluarganya. Pada saat-saat tertentu tanyakan keadaan anak atau ibunya. Perhatian-perhatian sederhana seperti ini sangat berpengaruh besar tarhadap karyawan Anda. Mereka merasa mendapatkan tempat di hati Anda. Bila Anda bisa melakukan dengan tulus maka yang bersangkutan akan tulus menghormati dan segan dengan Anda.

  1. Biarkan Karawan Lain Tahu Anda Berterima Kasih Kepadanya

Setelah Anda mengucapkan terima kasih secara personal, ada baiknya Anda mengucapkan terima kasih lagi di tempat umum dimana karyawan lain mengetahuinya seperti pada meeting atau kesempatan pertemuan lainnya. Ucapan terima kasih tersebut merupakan bentuk apresiasi dan pujian. Tidak ada orang di dunia ini yang tidak suka dengan pujian. Namun demikian lakukan pujian tersebut degan rasa yang tulus.

  1. Memberikan Jenjang Karir yang Jelas

Semua orang pasti ingin maju dan tidak mau dalam posisi yang sama terus menerus. Berikan kesempatan untuk maju bagi karyawan Anda. Tunjukan bahwa mereka yang berprestasi akan bisa naik ke jenjang karir berikutnya. Dengan cara ini karayawan akan merasa dihargai dan termotivasi untuk bekerja lebih baik dan lebih giat. Hal seperti ini juga bisa membuat karyawan Anda merasa nyaman dan tidak ingin melamar kerja di tempat lain.

  1. Biarkan Pintu Terbuka

Dengan membuat pintu terbuka Anda seperti ingin mengatakan bahwa Anda selalu siap bagi semua karyawan Anda yang datang dan meminta bantuan. Hal ini bisa menciptakan suasana kerja yang nyaman. Bila Anda menutup pintu kerja Anda maka karyawan Anda akan merasa tidak diperlukan dan merasa seperti barang dan merasa tidak dihargai.

  1. Men-tarktir Karyawan

Men-traktir karyawan adalah salah satu bentuk penghargaan kepada karyawan. Ajak karyawan makan siang bersama dan lakukan obrolan ringan tanyakan hal-hal sederhana dan sedikit pribadi selain hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Tindakan sederhana seperti ini bisa memberi dampak yang luar biasa bagi karyawan yang bersangkutan.

  1. Waktu yang Flexible

Jam kantor memang sudah ditentukan dan tidak direkomendasikan Anda untuk mengubah jam kantor sebagai bentuk apresiasi terhadap karyawan. Perlu disadari bahwa karyawan Anda adalah makhluk sosial yang memiliki kehidupan pribadi dan sosial. Karyawan Anda sama seperti Anda. Mereka juga mempunyai keperluan lain selain urusan kantor.

Maksud saa bila ada salah satu dari mereka ada keperluan keluarga atau keperluan lainya sebagai pemimpin yang baik anda harus memfasilitasinya. Bila ada anggota keluarga yang meninggal ijinkan untuk mengambil cuti.Bila anaknya sakit biarkan ang bersangkutajn cuti. Jengok anaknya yang sakit dan lain sebagainya. Percayalah tindakan memanjusiakan karyawan seperti ini pasti dibalasna dengan dedikasi dan loyalitas tanpa batas dari karywan untuk perusahaan anda.

  1. Penghargaan

Hargai dan akui kemampuan, keterampilan dan pengalaman yang dimiliki oleh karyawan. Mereka yang merasa bahwa kemampuannya dihargai akan merasa dibutuhkan dan diperlukan oleh perusahaan. Pengakuan ini bisa berupa memberikan  tanggung jawab lebih besar, menyertakan dalam proyek besar dan prestisius atau hanya dengan memuji hasil kerjanya yang bagus. Akhirnya karyawan akan merasa penting dan akan termotivasi untuk bekerja lebih giat lagi.

  1. Umpan Balik

Coba bayangkan bila Anda dalam posisi sebagai karyawan dan Anda melakukan hal yang baik tetapi atasan Anda diam saja dan tidak ingin tahu. Anda gagal melakukan sesuatu pun bos Anda juga tetap diam. Hal seperti ini akan membuat karyawan merasa frustasi karena apapun yang dilakukan tidak diperhatikan sama sekali oleh atasannya. Dalam hal ini Anda harus memberi feedback yang baik kepada karyawan Anda. Ucapkan terima kasih atas hasil pekerjaannya yang gemilang. Kata-kata kecil seperti ini tidak menghabiskan waktu Anda dan tidak perlu biaya besar. Tetapi dampaknya sangat signifikan. Karyawan merasa bahwa pimpinannya mengetahui keberhasilan yang didapatkan serta merasa diakui.

Setiap orang merasa perlu untuk dihargai. Menghargai karyawan Anda berarti memanusiakan mereka. Penghargaan terhadap karyawan tidak harus selalu dalam bentuk materi dan uang tetapi perhatian yang tulus bisa jadi merupakan bentuk penghargaan yang dibutuhkan karyawan sehingga bisa memotivasi yang bersangkutan untuk bekerja lebih giat lagi. Semoga ulasan mengenai cara membuat Karyawan Anda Merasa Dihargai atau employee’s value diatas bisa menginspirasi Anda dalam memperlakukan karyawan Anda.


Urbanhire merupakan perusahaan penyedia Applicant Tracking System (ATS) yang dapat digunakan oleh recruiter untuk mendapatkan kandidat terbaik dengan satu platform.