Urbanhire Jobseeker

Bagaimana Membuat Rencana Tunjangan Pensiun?

29

Nov 2019

Urbanhire – Memberikan tunjangan pensiun merupakan salah satu daya tarik perusahaan untuk menarik kandidat. Di era dimana tunjangan dan fasilitas kantor menjadi faktor utama pertimbangan memilih pekerjaan, Anda harus dapat menyediakan paket tunjangan yang kompetitif, salah satunya tunjangan pensiun. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana membuat rencana tunjangan tersebut untuk karyawan Anda.

Tentukan Tunjangan Pensiun Yang Terbaik Untuk Perusahan dan Karyawan Anda

Di dalam menentukan tunjangan pensiun, biasanya ada opsi untuk membuat rencana tunjangan tersebut. Dana pensiun dapat Anda tentukan berdasarkan kepastian karyawan yang akan pensiun. Hal ini bertujuan agar Anda lebih mudah untuk membuat rencana tunjangan tersebut untuk karyawan yang telah lama mengabdi di perusahaan Anda. Anda dapat memberikan tunjangan yang diberikan langsung dari perusahaan secara penuh, menjanjikan tunjangan tersebut setiap bulannya ketika pensiun yang sudah disepakati atau memberikan berdasarkan masa bakti dan usia ketika pensiun.

Tentukan Siapa yang Akan Menerima Tunjangan Pensiun

Biasanya, tunjangan tersebut diperuntukan untuk pegawai tetap. Yang dimaksud pegawai tetap adalah pegawai yang sudah berhasil memenuhi waktu kerja dan penilaian yang sudah disepakati di awal kontak. Berikan tunjangan pensiun yang kompetitif terutama untuk karyawan tetap Anda yang sudah berhasil memajukan perusahaan Anda.

Tidak jarang pula perusahaan-perusahaan rintisan mulai menerapkan tunjangan tersebut untuk pekerja paruh waktu mereka. Biasanya pekerja paruh waktu yang sudah melewati 1000 jam kerja selama setahun akan masuk dalam rencana.

Buat Rangkuman Deskripsi Rencana Tunjangan Pensiun

Jika Anda memiliki sejumlah daftar karyawan yang akan pensiun, alangkah baiknya Anda membuat sebuah daftar berupa rangkuman deskripsi rencana tunjangan pensiun mereka. Daftar tersebut dapat berisikan

  • Nama Karyawan dan tipe tunjangan
  • Persyaratan yang harus dipenuhi
  • Deskripsikan kapan karyawan akan mendapatkannya
  • Kontribusi yang sudah diberikan
  • Hal-hal yang dapat membatalkan perjanjian
  • Prosedur untuk mengambil tunjangan

Buat Tunjangan Pensiun Menjadi Lebih Menarik

Meski Anda belum dapat mendapatkan formula untuk memberikan tunjangan yang terbaik untuk kedua belah pihak, memberikan tunjangan pensiun akan memotivasi karyawan Anda untuk berinvestasi di masa depan. Anda bisa menawarkan tabungan pensiun kepada karyawan Anda sebesar 5-6% dari penghasilan tiap bulannya.

Memberikan tunjangan merupakan salah satu upaya atau cara untuk meretensi karyawan Anda. Retensi karyawan atau employee retention merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan karyawan terbaik yang dimilikinya. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan dapat mempertahankan karyawan yang memiliki potensi tinggi agar tetap loyal terhadap perusahaan dan pekerjaan yang dijalaninya. untuk mencegah karyawan terbaik pergi meninggalkan Anda. Untuk lebih detail tentang retensi, Anda dapat membaca “5 Cara Jitu untuk Retensi Karyawan

Apabila Anda sedang membutuhkan kandidat baru sebagai pengganti dari karyawan yang berhenti kerja, Anda bisa gunakan Urbanhire sebagai Recruitment Plaform yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS). Dengan Urbanhire, Anda dapat dengan mudah menemukan kandidat yang sesuai untuk lowongan yang Anda cari