Urbanhire Jobseeker

Bagaimana Menarik Kandidat Yang Fokus Kepada Karir

27

Dec 2019

Urbanhire – Menarik kandidat yang seperti apa yang harus Anda pilih? Sebelumnya ada beberapa jenis pencari kerja berdasarkan sifatnya. Salah satunya adalah kandidat yang mencari kerja demi kemajuan karirnya. Kandidat yang seperti ini adalah kandidat yang perlu Anda perhatikan dan harus menarik perhatiannya. Alasannya kandidat seperti ini akan totalitas dalam menjalankan pekerjaannya demi target yang mereka tetapkan untuk kemajuan karirnya. Selain itu sifat kandidat atau pekerja yang fokus kepada karir selalu memotivasi diri dan timnya untuk menjadi lebih baik dan bekerja lebih giat serta memiliki visi misi yang jelas. Mempekerjakan kandidat yang fokus kepada karir juga berpengaruh kepada bisnis Anda karena mereka sudah memiliki bekal pengetahuan tentang pekerjaan mereka. Lalu bagaimana Anda bisa menarik perhatian kandidat yang fokus kepada karir?

Memperlihatkan Budaya Belajar

Memang sebuah gaji dapat menjadi penarik utama. Banyak perusahaan yang menawarkan gaji yang tinggi. Namun banyak juga yang mencari pekerjaan karena perusahaan menawarkan kesempatan untuk belajar, pelatihan dan meningkatkan karir. Anda dapat memberikan pelatihan berupa pelatihan yang berhubungan dengan pekerjaannya atau pelatihan lintas pekerjaan agar dapat memberikan wawasan tambahan. Cara ini dapat menarik kandidat yang fokus kepada karir mereka.

Jelaskan Misi Anda Secara Jelas

Saat ini, pekerja yang didominasi oleh milenial memiliki karakter yang tidak ingin bekerja di perusahaan yang sembarangan dan tidak ingin terikat terlalu lama. Selain itu kandidat yang fokus kepada karir lebih suka bekerja di perusahaan yang memiliki tujuan yang jelas. Mereka juga sangat suka bila diberikan kesempatan untuk membuat perbedaan demi mencapai tujuan perusahaan. Untuk menarik perhatian kandidat yang fokus kepada karir, berikan kesempatan kepada mereka untuk mengekspresikan diri mereka dalam mencapai tujuan dan jelaskan misi atau tujuan Anda secara jelas.

Pamerkan Tunjangan Yang Anda Miliki

Kandidat yang fokus kepada karir juga sangat peduli akan kehidupan mereka. Agar dapat menarik perhatian mereka, Anda dapat memberikan sebuah paket tunjangan yang mereka inginkan. Misalnya, Anda memberikan tunjangan bekerja secara remote atau jam kerja yang fleksibel. Selain itu bisa Anda berikan tunjangan pendidikan seperti beasiswa untuk sekolah lanjutan. Hal ini sangat disukai oleh mereka.

Berikan Penjelasan Karir Mereka

Cara terakhir yang sangat ampuh untuk menarik kandidat yang fokus kepada karir adalah memberikan penjelasan karir mereka. Anda perlu menjelaskan bahwa perusahaan Anda menjamin jenjang karir yang bagus untuk mereka. Mereka mencari karir yang menantang dan memotivasi mereka, dan perusahaan yang berinovasi dan berinvestasi dalam budaya kerja yang baik. Kandidat yang fokus kepada karir mereka tidak takut untuk berpindah perusahaan, untuk itu Anda harus berani memberikan keyakinan berupa jenjang karir yang bagus.

Anda juga perlu memikirkan cara untuk meretensi karyawan Anda. Hal ini bertujuan agar karyawan terbaik Anda tidak pergi meninggalkan Anda. Lewat artikel “5 Cara Jitu untuk Retensi Karyawan” Anda akan mengetahui caranya.

Apabila Anda sedang membutuhkan kandidat baru sebagai pengganti dari karyawan yang berhenti kerja, Anda bisa gunakan Urbanhire sebagai Recruitment Platform yang memiliki Applicant Tracking System (ATS). Dengan fitur Urbanhire, Anda dapat dengan mudah menemukan kandidat yang sesuai untuk lowongan yang Anda cari.