Urbanhire Jobseeker

Bagaimana Mendukung Kesehatan Mental Karyawan

13

May 2020

Urbanhire – Dalam beberapa tahun belakangan ini banyak perusahaan yang mulai memperhatikan kesehatan mental karyawannya. Perusahaan mulai sadar bahwa kesehatan mental karyawannya akan berpengaruh kepada produktivitas mereka. Untuk menjaga agar tetap memiliki mental yang sehat dan positif, banyak perusahaan yang berusaha menciptakan linkungan perusahaan yang ramah dan mendukung karyawannya.

Ketika karyawan merasa sehat dan memiliki ikatan dengan perusahaan, mereka lebih cenderung merasa puas dan lebih produktif ketika di tempat kerja. Dengan menjadikan kesehatan mental karyawan sebagai prioritas, Anda harus menciptakan lingkungan yang mendukung di mana para karyawan Anda dapat membuat diri mereka menjadi yang terbaik ketika bekerja. Selain itu jika karyawan Anda memiliki kesehatan mental yang baik akan meningkatkan retensi di perusahaan Anda. Berikut empat cara agar dapat mendukung kesehatan mental karyawan Anda

Membahas Tentang Kesehatan Mental

Menghilangkan stigma tentang kesehatan mental sangat penting dan menjadi langkah pertama Anda ketika ingin meningkatkan kualitas hal tersebut. Anda harus mengajak para manager untuk memberikan dorongan kepada karyawan untuk mau melakukan diskusi empat mata. Diskusi tersebut membahas tentang keseimbangan kehidupan kerja karyawan Anda. Kegiatan ini merupakan kesempatan agar para manajer berbagi pengalaman pribadi mereka dan strategi untuk mengelola stres serta merawat kesehatan mental mereka.

Baca Juga: Mengelola Karyawan Anda Jika Ada PHK

Menawarkan Tunjangan Layanan Kesehatan Khususnya Mental

Ketika perusahaan Anda mulai berkembang atau sedang maju-majunya pasti jumlah beban pekerjaan karyawan juga akan semakin banyak. Hal ini akan membuat karyawan Anda cepat stres. Untuk itu berikan tunjangan atau bantuan layanan kesehatan yang menangani kesehatan mental. Sebelum memberikan tawaran tunjangan tersebut sebaiknya Anda sudah menentukan tempat atau klinik yang akan Anda ajak kerjasama.

Ciptakan Dukungan Untuk Karyawan Mengambil Liburan

Para manajer dan Anda harus mendorong karyawan untuk mengambil liburan atau cuti yang yang sudah diberikan perusahaan dan menciptakan lingkungan di mana tidak ada rasa bersalah bila karyawan mengajukan cuti. Selain itu, Anda dan para manajer juga dapat merencanakan acara tim untuk berekreasi.

Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Aman

Setiap perusahaan pasti menginginkan hasil yang sempurna dari hasil kerja karyawannya. Anda dan para manager harus bisa menciptakan lingkungan bahwa hasil memang penting namun jika gagal tidak apa-apa harus dievaluasi dan mencari cara lain agar berhasil. Lingkungan yang seperti ini akan mendorong para manajer untuk memberikan kesempatan dalam membantu karyawannya belajar dari kegagalan dan mendorong untuk bersikap terbuka tentang bidang-bidang di mana karyawan merasa ragu dan yakin. Jika Anda dan para manajer peduli kepada kesehatan mental maka seharusnya akan menempatkan anggota tim pada posisi yang dapat memanfaatkan kekuatan unik setiap karyawannya.

Itulah empat tips yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga dan mendukung kesehatan mental karyawan Anda. Selain itu Anda juga harus memiliki strategi untuk mencegah karyawan Anda burnout. Melalui artikel Mencegah Karyawan Agar Tidak Burnout Anda akan mengetahui bagaimana langkah-langkahnya untuk mencegah hal tersebut terjadi. Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment.