Urbanhire Jobseeker

Bagaimana Mengidentifikasi Karyawan Yang Bosan

1

Nov 2019

Urbanhire – Produktivitas tim dapat disamakan dengan rantai roda, semua saling berhubungan untuk menggerakan roda. Cukup dengan satu karyawan yang bosan akan meruntuhkan produktivitas sebuah tim. Tidak dapat dipungkiri, sebagai manusia, setiap orang tidak pernah luput dari yang namanya bosan.

Karyawan yang bosan pada dasarnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti mengalami hari yang buruk atau tidak tahu apalagi yang harus dikerjakan. Bila Anda melihat isu ini dari segi bisnis tentunya sangat dianjurkan untuk mengidentifikasi sejak dini. Karena dengan Anda mengidentifikasi sejak dini akan menyelamatkan produktivitas tim Anda.

Tanda Awal

Tanda awal yang ditunjukan oleh karyawan yang bosan adalah rendahnya motivasi, antusias bekerja yang menurun, kurangnya bersosialisasi dengan rekan kerja, tidak fokus dan mudah teralihkan oleh media sosial serta melewatkan deadline. Tanda-tanda awal ini setiap individu akan berbeda.

Jika Anda melihat tanda-tanda ini, Anda perlu memberikan perhatian yang lebih. Meski performa karyawan Anda yang memiliki tanda-tanda di atas belum menurun, Anda tetap harus memanggilnya dan ajak mereka berbicara selayaknya teman.

Apa Penyebab Karyawan Bosan

Ada banyak faktor yang menyebabkan karyawan tidak tertarik saat bekerja. Faktornya bisa berasal dari masalah personal seperti kesehatan mentalnya, masalah di rumah. Selain itu Anda juga perlu untuk mengecek jika perubahan perilaku tersebut disebabkan oleh lingkungan kantor. Misalnya ada anggota baru dalam tim, pimpinan baru yang kemungkinan karyawan Anda mengajukan diri, salah satu teman kerja yang resign atau tanggung jawab yang lebih banyak yang diberikan untuknya. 

Jika penyebab karyawan yang bosan adalah masalah yang ada di kantor, Anda harus mampu mengatasinya. Jadikan Anda sebagai sosok yang mampu dan bisa memberikan bantuan untuk karyawan Anda. Pastikan juga Anda sudah mengidentifikasi penyebab pastinya agar Anda dapat memberikan solusi yang tepat.

Libatkan Karyawan Anda

Jika penyebab utama dan tanda-tanda yang muncul adalah mengasingkan diri dari lingkungan, Anda perlu mencari cara. Caranya adalah bagaimana karyawan yang bosan tersebut dapat berinteraksi dengan rekan-rekan mereka bukan menyuruh karyawan tersebut untuk berinteraksi langsung. Dengan memberikan perintah tersebut akan membuat karyawan Anda menjadi lebih terkekang dan menjadi tidak bahagia.

Ciptakanlah atmosfer kerja yang mengutamakan interaksi dan kerjasama tim untuk mengatasi masalah tersebut. Metode tersebut merupakan metode yang terbaik untuk membangun integrasi tim Anda dan menghilangkan rasa bosan karyawan Anda.

Dari pembahasan diatas, semua pasti setuju jika produktivitas karyawan merupakan hal yang penting di dunia kerja. Tapi apakah Anda tahu jika ada 5 faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan Anda? Dan Anda merasa khawatir tentang produktivitas karyawan Anda? Di dalam artikel “5 Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan” akan membahas tentang faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga produktivitas karyawan Anda.

Dan kami sarankan untuk Anda agar memakai Urbanhire yang memiliki teknologi ATS (Applicants Tracking System) dalam mencari kandidat terbaik dan berkualitas untuk perusahaan Anda, karena Urbanhire memiliki melalui fitur Pre-Assessment Questions Urbanhire.