Urbanhire Jobseeker

Berinvestasi Employer Branding Di Masa Krisis

29

May 2020

Urbanhire – Saat ini employer branding mungkin menjadi fokus utama di kalangan praktisi HR. Terutama ketika terjadi krisis seperti ini. Pasti para praktisi HR termasuk Anda sedang sangat memikirkan bagaimana employer branding perusahaan Anda tetap bagus di mata karyawan dan para pencari kerja. Semua ini dilakukan tidak lain untuk menjaga reputasi perusahaan, dimana para pencari kerja mencari perusahaan yang memiliki reputasi sebagai perusahaan yang bagus. Sebelum Anda memutuskan untuk membuat strategi employer branding di tengah krisis pandemi yang hasilnya akan selalu melekat di perusahaan, sebaiknya Anda memperhatikan tiga langkah di bawah ini.

Gunakan Nilai-Nilai Perusahaan Untuk Menghadapi Pandemi

Menghadapi pandemi, memberikan informasi dan komunikasi secara transparan adalah kunci utama. Untuk itu manfaatkan semua saluran komunikasi yang Anda miliki untuk berkomunikasi merespon pandemi yang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan kepada karyawan dan para pencari kerja. Misalnya mengelola dana bantuan untuk komunitas lokal, menyesuaikan persyaratan kehadiran untuk karyawan selama pandemi, dan menambahkan cuti untuk karyawan yang memiliki gejala terinfeksi virus corona. Dengan selalu berkomunikasi dan merespon keadaan, perusahaan Anda akan memiliki employer branding yang kuat.

Baca Juga: Bagaimana HR Menjadi Host Happy Hour Saat WFH

Jangan Menghilangkan Semua Benefit

Anda pasti sudah memahami bahwa di masa krisis seperti ini sangat perlu untuk memotong biaya yang tidak penting. Agar karyawan Anda tetap percaya dengan Anda, sebaiknya tidak menghilangkan semua benefit yang mereka senangi. Misal ada benefit untuk gym, sebaiknya Anda tidak menghilangkannya namun mendorong karyawan Anda untuk menggunakan benefit itu dengan mengikuti latihan secara virtual. Cara ini juga memberikan manfaat lainnya yaitu mengurangi tingkat stres karyawan Anda karena terlalu lama bekerja dari rumah. Daripada menghilangkan benefit sebaiknya Anda mendorong semua karyawan untuk menggunakan benefit tersebut salam pandemi ini.

Jadi Sumber Informasi Untuk Karyawan

Saat pandemi ini, konsumsi media di kalangan masyarakat meningkat. Tujuannya adalah masyarakat termasuk karyawan Anda ingin mengetahui perkembangan informasi tentang Virus Corona. Karena karyawan Anda sedang bekerja dari rumah yang terus berlanjut, karyawan akan merasa keinginan untuk diberi informasi dan keinginan untuk melindungi diri dari kejenuhan media meningkat. Dan ini adalah kesempatan sempurna bagi Anda dan perusahaan untuk mengatur informasi yang perlu diketahui dan bertindak sebagai sumber informasi bagi karyawan Anda.

Itulah tiga saran berinvestasi employer branding di tengah pandemi. Selain itu memperhatikan kesehatan mental karyawan Anda juga salah satu langkah yang bagus untuk membuat kesan yang baik kepada karyawan. Melalui artikel “Bagaimana Mendukung Kesehatan Mental Karyawan” Anda akan mengetahui cara-cara bagaimana Anda memperhatikan kesehatan mental karyawan Anda. Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment.