Urbanhire Jobseeker

Cara HR Membangun “Employer Branding” untuk Menarik dan Mempertahankan Kandidat Terbaik

13

Sep 2018

Blog

Seorang CEO dapat merasa bangga dengan perusahaan yang dimilikinya karena perusahaan tersebut cukup terkenal. Mungkin, pelanggan Anda merasa puas dengan berbagai layanan yang Anda berikan, namun apakah karyawan Anda merasakan hal yang sama? Apakah Anda sudah membuat karyawan Anda merasa bahagia bekerja di perusahaan Anda? Ada hal yang dapat dilakukan untuk mengubah hal ini dengan membangun Employer Branding pada perusahaan Anda.

Fakta menunjukkan bahwa hanya ada sekitar 25% karyawan saja yang merasa bahwa bekerja di sebuah perusahaan membuat mereka bahagia sehingga mereka pun loyal terhadap perusahaan dimana mereka bekerja. Sementara, ada sekitar 65% yang tidak cukup loyal karena ketidakpuasan dengan perusahannya. Tentunya, ini juga sangat berpengaruh terhadap proses seleksi karyawan baru yang mana mereka mungkin tidak berminat bekerja di perusahaan Anda. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena seorang HR bisa memanfaatkan employer branding demi menarik minat dan mempertahankan calon karyawan terbaik.

Apa itu employer branding

Employer branding pada dasarnya adalah sebuah konsep yang bisa diterapkan di dalam sebuah perusahaan untuk membuat para pekerja atau karyawan nyaman dan merasa perusahaan tesebut adalah tempat yang baik untuk bekerja. Dalam hal ini, perusahaan harus memberikan keuntungan lebih kepada karyawan atau fasilitas yang dapat mendorong karyawan agar merasa seperti tinggal dirumah sendiri. Employer branding sendiri sebenarnya memiliki dua tujuan. Pertama, employer branding dilakukan untuk membuat karyawan yang bekerja merasa senang bekerja di perusahan tersebut dan yang kedua bertujuan untuk proses seleksi karyawan baru agar lebih mudah menemukan kandidat terbaik serta mempertahankannya. Jadi intinya, seorang HR dapat memanfaatkan employer branding untuk membuat perusahaan menjadi lebih baik dimata karyawan begitu juga akan ada banyak calon karyawan baru yang berminat bekerja di perusahaan tersebut.

Bagaimana cara membangun employer branding?

Sebenarnya, cukup mudah untuk membangun employer branding untuk menarik minat dan mempertahankan kandidat terbaik. Seorang kandidat terbaik pasti akan memilih perusahaan terbaik dan tentunya perusahaan juga menginginkannya. Sementara, yang harus Anda sadari adalah persaingan yang begitu ketat sehingga tidak mudah untuk mempertahankan kandidat tersebut. Lantas, apa yang perlu anda lakukan sebagai HR untuk mempertahankan kandidat dengan employer branding? Berikut adalah beberapa langkah yang mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Pertama: Lakukan identifikasi

Jika Anda takut kehilangan seorang karyawan terbaik di perusahaan Anda, Anda bisa memulainya dengan langkah sederhana dengan mengidentifikasi setiap karyawan. Dalam hal ini, Anda bisa membuat sebuah grup dan tanya kepada mereka tentang hal-hal yang membuat mereka merasa bahagia ketika bekerja di sebuah perusahaan sebelumnya atau perusahaan saat ini. Juga, Anda bisa menanyakan hal-hal yang tidak mereka sukai dalam organisasi. Ini termasuk identifikasi dalam ranah lingkungan perusahaan, selain itu Anda juga bisa melakukan observasi diluar lingkungan kerja agar bisa mendapatkan calon pekerja baru yang berkualitas dengan memahami hal-hal yang mereka inginkan.

Kedua: Membangun sebuah rencana strategis

Seberapa bernilaikah perusahaan Anda di mata karyawan Anda dan orang lain? Anda tidak akan pernah tahu bahwa ternyata banyak orang yang tidak suka dengan perusahaan Anda. Citra ini harus dihapuskan dan diubah agar mereka bisa lebih loyal terhadap perusahaan Anda. Jika nilai ini tidak diterapkan, hal ini tentunya dapat mempengaruhi pelamar kerja baru sehingga mereka tidak berminat bekerja di perusahaan Anda karena di mata mereka citra perusahaan Anda sudah tidak bagus. Hal ini juga dapat dipengaruhi dari masalah internal yang dialami oleh karyawan Anda hingga mereka pun tidak senang bekerja diperusahaan Anda. Jadi, mereka tidak dapat merekomendasikan calon pekerja baru untuk bekerja di perusahaan Anda.

Ketiga: Membangun komunikasi yang baik

Dengan menggunakan beragam teknologi masa kini, Anda bisa membuat perusahaan Anda terkenal di mata dunia. Komunikasi internal dan eksternal sangatlah penting. Komunikasi eksternal meliputi perbaikan website perusahaan, membuat profil perusahaan di jaringan sosial media seperti facebook, twitter, dan Linkedin, serta iklan secara online. Sementara itu, komunikasi internal bisa dilakukan dengan membuat sebuah majalah perusahaan, pertemuan mingguan, komunikasi melalui email, serta diskusi empat mata. Ketika, Anda dapat membangun komunikasi yang baik dengan menggunakan beberapa platform tersebut, kandidat Anda akan merasa senang karena mereka diperdulikan.

Keempat: Pengukuran dan Analisa

Yang terakhir, Anda harus mencari tahu apakah employer branding yang telah Anda bangun berhasil atau tidak. Ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan dalam langkah ini diantaranya adalah mengukur tingkat retensi karyawan, program referal karyawan, produktivitas perusahaan, survei kepuasan karyawan, dan sebagainya. Dalam proses survei kepuasan karyawan, Anda bisa bertanya secara langsung kepada setiap karyawan yang bekerja apakah mereka merasa puas dengan fasilitas baru yang telah diberikan atau Anda juga bisa menerima saran dan masukan dari mereka bagaimana cara meningkatkan kepuasan karyawan sehingga tidak mempengaruhi proses rekrutmen karyawan baru nantinya. Inti dari employer branding adalah membuat semua pihak merasa senang dengan apa yang telah perusahaan berikan atau tawarkan.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang HRD untuk membangun employer branding agar tidak kehilangan kandidat yang berkualitas karena bisa saja kandidat Anda terpincut dengan tawaran dari perusahaan lain yang lebih baik. Oleh karena itu, employer branding adalah cara agar karyawan Anda merasa senang bekerja di perusahaan Anda dan juga banyak orang mengantri di luar sana yang ingin bekerja di perusahaan Anda. Untuk itu, jangan pernah menyepelekan employer branding karena pengaruhnya sangat besar dalam dunia rekrutmen. Jika tidak, Anda akan kehilangan talenta terbaik yang pernah Anda percaya.

Urbanhire menyediakan sarana untuk membangun Employer Branding bagi perusahaan melalui fitur Branded Career Page. Fitur tersebut dapat digunakan langsung oleh perusahaan untuk menampilkan profil perusahaan.