Urbanhire Jobseeker

Cara Melibatkan Karyawan Melalui Visi Perusahaan

4

Mar 2019

Blog

Sebagian besar pimpinan perusahaan berharap agar staf mereka dapat bekerja dalam waktu yang lama, menyusun ide-ide kreatif, dan mampu melampaui pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan. Nah, inilah cara untuk mewujudkannya!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar pemilik usaha akan menganggap usaha tersebut merupakan anak mereka sendiri. Mereka atau bahkan Anda pasti akan memberikan hal terbaik untuk usaha tersebut. Andai saja Anda juga bisa membuat karyawan yang bekerja dengan Anda merasakan hal yang sama, atau setidaknya mereka dapat mengabdi untuk perusahaan.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat karyawan mengerti arah perusahaan adalah dengan mengetahui apa yang mereka rasakan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Karyawan yang senang ketika datang untuk bekerja merupakan mereka yang sudah terhubung isi kepala dan hatinya dengan perusahaan, sehingga mereka bersedia untuk memberikan apa pun yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Sementara itu, kurangnya keterlibatan karyawan dapat Anda lihat dari bentuk pelayanannya pada pelanggan yang buruk, semangat kerja yang rendah serta peluang bisnis yang terlewatkan.

Berikut ini beberapa cara untuk melibatkan karyawan melalui visi perusahaan yang bisa Anda lakukan untuk kelangsungan bisnis yang lebih baik.

Berkomunikasi dengan Jelas

Langkah pertama untuk membagikan visi perusahaan Anda pada para karyawan adalah agar mereka dapat menerimanya tanpa merasa khawatir. Terutama pada bagian bawah struktur organisasi di perusahaan Anda, mereka sering kali tidak mengetahui intrik dari pimpinan mereka sendiri. Hal tersebutlah yang akan merusakan keterlibatan karyawan dan produktivitasnya.

Seorang karyawan harus merasa bahwa perannya dalam perusahaan sangatlah penting. Dengan begitu, mereka akan merasa bangga dengan kerja keras mereka untuk perusahaan tersebut sehingga mereka akan melakukan pekerjaannya sebaik mungkin pada setiap proyek yang ada.

Pastikan Telinga Anda Tetap Terbuka

Untuk membuat karyawan sejalan dengan misi perusahan, maka Anda perlu berbicara banyak hal mengenai perusahaan Anda dengan mereka. Dengan begitu, mereka akan lebih mengerti apa yang diinginkan oleh perusahaan. Selain itu, Anda juga perlu mendengarkan apa yang mereka bicarakan mengenai produk atau peristiwa apa yang terjadi dalam tim mereka. Karyawan yang sering kali mengeluh kepada Anda sebenarnya ingin menunjukkan bahwa mereka telah terpaut dengan perusahaan Anda. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus menerima keluhan tersebut sebagai suatu kebanggaan ketika mendengarnya. Setelah itu, berilah mereka saran untuk keluhan tersebut demi terciptanya sebuah perubahan.

Mengukur Keterlibatan Karyawan

Ketika Anda keluar dari ruang rapat setelah menyampaikan pidato tanpa hambatan, akankah pidato tersebut membantu karyawan Anda untuk terlibat dengan perusahaan? Mengukur perasaan karyawan secara akurat mengenai rasa keterlibatan mereka dengan perusahaan memang merupakan hal yang sulit. Apalagi jika Anda melihatnya dari perspektif bisnis Anda yang intim.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengukur rasa keterlibatan karyawan terhadap perusahaan. Salah satunya adalah dengan mengamati interaksi yang sedang berlangsung di antara mereka setiap harinya. Tingkat keterlibatan yang dirasakan oleh karyawan dapat diungkapkan dengan berbagai hal yang sangat halus, seperti perasaan, semangat, kehangatan, dan tingkat kepedulian satu sama lain.

Apakah Semua Bisnis Diciptakan dengan Cara yang Sama?

Sebuah perusahaan wiralaba pasti memiliki keterlibatan karyawan yang sangat tinggi. Sebab, di sana Anda bisa menemukan besarnya dedikasi yang diberikan oleh karyawan kepada perusahaan atau organisasi dalam melakukan pekerjaannya. Meskipun bisnisnya tidak berjalan dengan baik, namun perusahaan seperti itu masih tetap dapat menumbuhkan rasa bangga pada diri karyawannya akan pentingnya misi Anda.

Para karyawan tersebut akan selalu merasa bahwa pekerjaan kecil yang mereka lakukan akan memberikan manfaat yang begitu berharga bagi lingkungannya. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengetahui bahwa mereka memiliki keterlibatan yang sangat kuat dengan perusahaan.

Namun, tidak semua bisnis diciptakan dengan cara yang sama. Oleh sebab itu, Anda harus mencari cara agar karyawan yang bekerja dengan Anda dapat merasakan perasaan yang sama seperti mereka yang bekerja di perusahaan nirlaba.

Tetap Jaga Keterlibatan Ketika Bisnis Anda Berkembang

Ketika Anda melakukan perekrutan untuk pertama kalinya, Anda memiliki lebih banyak waktu dan energi untuk membujuk para calon kandidat mengenai manfaat dari visi bisnis yang Anda miliki yang tidak dapat disangkal. Selain itu, Anda juga bisa melihat apakah latar belakang ideologis mereka cocok dengan perusahaan Anda atau tidak. Namun setelah perusahaan semakin berkembang, Anda pasti akan menyerahkan keputusan perekrutan pada departemen SDM. Oleh sebab itu, Anda akan merasa lebih sulit untuk menemukan orang yang cocok dan dapat melakukan semua hal yang sesuai dengan visi Anda.

Sekitar 70% dari tingkat keterlibatan karyawan dengan perusahaan mereka berhubungan langsung dengan atasan mereka. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar orang datang ke perusahaan karena mereka membutuhkan pekerjaan dan gaji sesegera mungkin, namun biasanya mereka akan meninggalkan perusahaan karena pengawas yang tidak mereka sukai. Oleh sebab itu, pastikan agar Anda mempekerjakan pengawas yang berkualitas dan dapat menciptakan suasana di mana para karyawan merasa di hargai. Dengan begitu, mereka akan semakin memiliki keterlibatan yang lebih besar dengan perusahaan.

Apakah Keterlibatan Karyawan Bersifat Eksploitatif?

Lalu, apakah rasa keterlibatan karyawan tersebut dapat dieksploitasi oleh atasan yang tidak bertanggung jawab? Secara inheren sebenarnya tidak demikian. Akan tetapi, hal tersebut dapat disalahgunakan dengan mudah oleh atasan yang berusaha untuk memperkuat komitmen karyawan mereka tanpa memberikan imbalan yang sesuai. Imbalan ini dapat berupa uang seperti bonus atau kenaikan gaji di masa yang akan datang.

Keterlibatan karyawan dan perasaan mereka terhadap dieksploitasi atau tidaknya rasa keterlibatan tersebut sangat bergantung pada sikap Anda sebagai pemilik perusahaan. Jika Anda berbisnis hanya untuk mendapatkan uang dan ketenaran, maka tidak akan ada karyawan yang ingin terlibat dengan perusahan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menanamkan sifat jujur dan tulus agar karyawan Anda bisa lebih mempercayai Anda sebagai atasannya. Dengan begitu, mereka dapat merasakan keterlibatan yang lebih besar dengan perusahaan Anda.

Itulah cara melibatkan karyawan melalui visi perusahaan yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

 

Urbanhire adalah Platform Rekrutmen terkemuka di Indonesia. Untuk klien, kami membantu dengan menyediakan teknologi ATS (Applicants Tracking System), posting job ke platform multi-channel dan online assessment. Saat ini Urbanhire berpartner dengan LinkedIn untuk Employer BrandingAON untuk Online Assessment, dan Video Interview.

Sebagai salah satu layanan kami, kami memungkinkan Klien kami untuk mendistribusikan pekerjaan mereka ke beberapa portal melalui platform kami dan telah bermitra dengan portal dan agregator seperti Indeed, Linkedin, Glassdoor, Jooble, Jobtome, Neuvoo dan lainnya.