Urbanhire Jobseeker

Cara Mudah Menerapkan Keragaman Di Kantor

16

Jul 2020

Urbanhire – Keragaman di kantor atau lingkungan perusahaan perlu diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Alasannya adalah Indonesia merupakan negara yang memiliki suku dan budaya yang beragam. Keragaman yang dibawa ke dalam lingkungan perusahaan akan berdampak positif kepada perusahaan tersebut. Dampak positif tersebut bisa dalam sektor finansial dan memiliki pemikiran atau solusi-solusi yang lebih inovatif karena perusahaan memiliki karyawan dengan karakter yang berbeda-beda. Untuk keragaman di kantor pasti akan menemukan berbagai tantangan, dari bagaimana memulainya, mencari kandidat yang tepat dan sebagainya. Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan wawasan tentang tips mudah untuk menerapkan keragaman di kantor Anda.

Tetapkan Tolok Ukur Keragaman Di Kantor

Sebelum Anda membuat rencana untuk masa depan yang terkait keragaman di lingkungan perusahaan, Anda perlu mencari tahu di mana posisi Anda saat ini. Lihatlah demografi populasi karyawan Anda, dan bandingkan dengan perusahaan yang serupa dengan perusahaan Anda. Di mana perusahaan tertinggal dan dimana unggulnya. Kemudian, lihat talent pool, proses rekrutmen, promosi lowongan, dan demografi turnover Anda untuk mengidentifikasi masalah atau peluangnya. Setelah melihat data pesaing dan milik Anda, Anda dapat menetapkan sasaran yang sesuai data untuk meningkatkan keragaman di kantor.

Dapatkan Dukungan Dari Eksekutif

Sangat sedikit perusahaan yang berhasil meningkatkan keragaman di kantor tanpa dukungan dari atas. Cobalah untuk membuat studi kasus bisnis yang menarik bagi para pemimpin senior untuk berinvestasi dalam keragaman, dan ajak para pemimpin untuk bertindak sebagai panutan dalam menunjukkan perilaku inklusif dan mendukung keragaman dalam budaya perusahaan.

Perluas Saluran Perekrutan

Jika Anda ingin mengumpulkan lebih banyak kandidat, Anda tidak dapat melanjutkan praktik perekrutan dengan cara tradisional dan sama seperti sebelumnya. Cobalah memposting lowongan pekerjaan dalam berbagai saluran dan grup media sosial. Anda bisa menggunakan Urbanhire yang memiliki saluran pendistribusian lowongan pekerjaan lebih dari 50 saluran termasuk universitas-universitas terbaik di Indonesia.

Menjadi Lebih Transparan

Ketika Anda ingin meningkatkan keragaman di kantor, cobalah untuk menjadi lebih transparan. Salah satu cara untuk menjadi transparan adalah menginformasikan semua tujuan Anda kepada organisasi. Sebarkan informasi secara internal tentang keragaman di lingkungan perusahaan Anda saat ini serta tujuan Anda di masa depan, dan adakan dialog dengan karyawan untuk melihat bagaimana mereka dapat membantu dalam upaya meningkatkan keragaman ini.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan jika ingin menciptakan perusahaan yang multikultural dan menghormati keberagaman. Anda mungkin juga membutuhkan wawasan terkait pencarian kandidat di tengah pandemi ini. Anda pasti sudah mengetahui bahwa pandemi ini membuat keadaan menjadi tidak pasti dan ini berpengaruh kepada pencari kerja. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang mengubah strategi perekrutannya. Ada yang memperkuat, memperlambat perekrutan dan bahkan ada yang menyetop perekrutan. Salah satu solusi agar perusahaan Anda tetap terhubung dengan pencari kerja adalah dengan employer brand. Untuk lebih detailnya Anda bisa membaca di “Tetap Terhubung Dengan Pencari Kerja Selama Pandemi”. 

Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment Test.