Urbanhire Jobseeker

Cara Mudah Untuk Program Kebugaran Saat WFH

11

Jun 2020

Urbanhire – Menjaga kebugaran saat WFH sangat penting. Terlbih penyebaran Virus Corona menjadikan kondisi dunia bisnis tidak pasti. Ada yang sudah menjalankan bisnis dengan protokol baru, ada juga yang masih menjalankan WFH demi keselamatan bersama. Namun ketika karyawan terlalu lama menjalankan sistem WFH, Anda sebagai HR harus memperhatikan tentang kebugaran fisik dan mental karyawan Anda. Berikut beberapa cara yang mudah agar kebugaran karyawan Anda terjaga saat WFH

Mendorong Keterbukaan Kesehatan Mental

Jika Anda ingin menjaga kebugaran saat WFH, tentunya kebugaran fisik dan mental karyawan Anda, sebaiknya Anda mendorong karyawan untuk terbuka tentang kesehatan mental mereka. Anda bisa menunjuk manajer atau pimpinan karyawan untuk memulai membuka percakapan tentang kesehatan mental. Ini akan sangat membantu karyawan Anda untuk berani mengeluarkan keresahan mereka. Dan jika ada karyawan yang tidak bisa cerita, itu tidak masalah karena dengan adanya obrolan soal keterbukaan kesehatan mental akan membuat mereka merasa tidak sendiri jika terjadi suatu masalah.

Baca Juga: Bagaimana HR Menyiapkan Kantor Saat New Normal

Tawarkan Cara Penghilang Stres Yang Efektif

Cara kedua untuk menjaga kebugaran saat WFH adalah dengan memberikan atau menawarkan penghilang stres. Mungkin Anda bisa memberikan situs atau website meditasi atau yoga online. Bisa juga Anda menyewa orang atau instruktur yoga atau meditasi untuk kelas zoom Anda. Dengan cara ini, Anda membantu karyawan untuk mengatur dan menjaga kebugaran saat WHF. Ini akan membuat pikiran dan fisik karyawan Anda dalam kondisi prima dan berdampak kepada produktivitas.

Memberikan Subsidi Kegiatan Kesehatan

Tidak semua karyawan Anda suka dengan meditasi dan yoga. Anda bisa memberikan alternatif untuk mereka yang tidak melakukan yoga dan meditasi yaitu memberikan subsidi kepada karyawan yang memilih kegiatan kesehatan mereka sendiri. Hal ini lebih efektif untuk mendorong karyawan untuk menjaga kebugaran saat WFH. Anda bisa memberikan subsidi untuk pembelian barbel yang lainnya

Tawarkan Kelas Online

Menjaga kebugaran saat WFH perlu menjadi perhatian khusus karena hal tersebut bisa mempengaruhi produktivitas karyawan Anda. Untuk itu agar tetap menjaga kebugaran karyawan, Anda harus menawarkan kelas online apapun yang dapat membuat karyawan Anda sehat dan bahagia. Anda bisa memberikan kelas online memasak atau kelas online melukis dan bisa juga kelas online untuk menghadapi konsep new normal dengan pikiran positif. Selain itu kelas online ini juga bisa digunakan untuk memberikan pelatihan agar kemampuan karyawan Anda lebih terasah dan mampu menjadi pemimpin kedepannya.

Dorong Karyawan Untuk Cuti

Jika Anda memiliki karyawan yang selalu bekerja dan tidak mengambil jatah cutinya, sebaiknya Anda mendorong karyawan tersebut untuk mengambil cuti dan liburan. Dengan Anda memberikan dorongan untuk selalu mengambil jatah cuti akan membuat karyawan Anda dapat menjaga kebugaran meskipun ketika WFH. Jangan sampai karyawan Anda mengalami stres karena tidak pernah libur atau cuti. Ini akan mengganggu produktivitas perusahaan. Dan jika ada karyawan yang cuti, Anda jangan memberikan beban pekerjaan untuk mereka.

Itulah beberapa cara mudah untuk menjaga kebugaran saat WFH untuk karyawan Anda. Selain itu, Anda juga harus lebih memperhatikan kondisi mental karyawan Anda, terutama jika perusahaan Anda masih memberlakukan WFH. Melalui artikel “Bagaimana Mendukung Kesehatan Mental Karyawan” Anda akan dapat mendapatkan wawasan untuk menjaga kesehatan mental karyawan Anda. Tidak lupa juga kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Online Assessment.