Urbanhire Jobseeker

Cara Sederhana Menghadapi Coronavirus Untuk HR

16

Mar 2020

UrbanhireCoronavirus yang bermula di Kota Wuhan, Cina, kini telah menyebar ke sekitar 59 negara dan menginfeksi lebih dari 87.000 orang di seluruh dunia menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia. Dengan menyebarnya virus ini yang sudah menjadi pandemi, menciptakan tempat dan sistem kerja yang aman untuk karyawan Anda saat ini menjadi sangat kompleks. Alasannya adalah Anda harus tetap memikirkan hak karyawan Anda namun perusahaan Anda juga tidak kehilangan hak dari mereka. Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil sebagai praktisi HR untuk menghadapi Coronavirus di tempat kerja

Evaluasi Kembali Kebijakan Kerja Remote

Anda harus mengevaluasi kembali kebijakan kerja remote Anda, dan memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk bekerja dari jarak jauh hingga pandemi Coronavirus ini dapat ditangani dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengevaluasi kebijakan tersebut seperti keadaan keluarganya jika memiliki anak yang sekolahnya diliburkan.

Batasi Perjalanan Karyawan Anda

Beberapa perusahaan sudah memberlakukan pembatasan bahkan melarang untuk perjalanan internasional ke negara-negara yang terkena pandemi Coronavirus. Selain itu untuk karyawan lapangan atau sales, banyak perusahaan yang menyarankan untuk melakukan pertemuan secara online.

Meningkatkan Standar Kebersihan

Untuk membuat kantor Anda lebih aman, Anda dapat meningkatkan standar kebersihan di kantor Anda. Tingkatkan pembersihan dan tinjau standar kebersihan Anda terutama di area umum tempat kerja seperti lift, ruang rapat, kafetaria, dll. Hal ini merupakan langkah paling penting dan paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi pandemi coronavirus.

Pastikan Informasi Secara Real-Time

Penyebaran rumor atau berita palsu di antara karyawan Anda bisa sangat mematikannya seperti coronavirus itu sendiri. Oleh karena itu, komunikasi dan informasikan kepada karyawan Anda tentang virus ini dan rincian tentang COVID-19. Anda juga harus dapat memberikan jawaban atas pertanyaan seputar virus tersebut.

Berikan Dukungan Karyawan

Anda sebagai HR harus dapat menciptakan kebijakan spesifik yang berkaitan dengan pandemi coronavirus seperti kebijakan absen sakit atau mendukung karyawan yang mungkin perlu cuti untuk merawat tanggungan. Selain itu, Anda sebagai HR juga dapat bekerja sama dengan dokter yang tepat dan membuat peraturan internal lain yang diperlukan untuk keselamatan tenaga kerja.

Dengan menerapkan kerja remote disaat pandemi coronavirus ini, Anda harus dapat ‘merangkul’ karyawan yang sedang remote. Melalui artikel Strategi Yang Efektif Untuk “Merangkul” Pekerja Remote Anda akan mendapatkan wawasan tentang strategi tersebut. Agar perusahaan Anda tetap berjalan dan membutuhkan karyawan baru, Anda dapat menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan dengan Applicant Tracking System (ATS) dengan memanfaatkan fitur video interview