Urbanhire Jobseeker

Cara Terbaik Komunikasi Internal Saat Krisis

2

Jul 2020

Urbanhire – Selama krisis pandemi, komunikasi internal perusahaan harus kuat agar perusahaan dapat berjalan secara efektif. Dan ketika terjadi krisis pandemi, menginformasikan kepada karyawan apa yang sedang terjadi saat ini dan bagaimana hal itu akan berdampak atau mempengaruhi mereka di tempat kerja perlu menjadi prioritas Anda. Berikut beberapa langkah yang terbaik untuk komunikasi internal selama krisis pandemi agar perusahaan Anda tetap berjalan secara optimal.

Tingkatkan Kesadaran Karyawan

Saat ini pandemi virus corona masih berlangsung. Semua pihak baik itu pemerintah maupun media selalu memberikan informasi terbaru untuk Anda. Namun bukan berarti bahwa informasi yang selalu hadir ini sampai ke telinga karyawan. Anda harus memberikan informasi tersebut kepada karyawan Anda. Pastikan informasi yang Anda berikan informasi yang akurat. Setelah mendapatkan informasi yang akurat, Anda dapat menyebarkan informasi tersebut di kalangan karyawan melalui pertemuan/meeting mingguan, membuat forum khusus informasi virus corona atau membuat layanan dengan bertanya langsung kepada HR. Tidak hanya memberikan informasi tentang keadaan sekitar, Anda juga harus memberikan informasi tentang tindakan Anda atau perusahaan untuk menyikapi keadaan tersebut. Ketika karyawan mengajukan pertanyaan tentang krisis ini, perusahaan atau Anda harus berusaha menjawabnya sesuai dengan fakta yang tersedia.

Bersikap Lebih Fleksibel Saat Menjalankan Komunikasi Internal

Pada dasarnya komunikasi internal mengikuti aliran dan ritme yang sudah ada, tetapi selama masa krisis pandemi Anda perlu menambahkan sesuatu yaitu nada sebuah pesan. Banyak karyawan mungkin terdampak oleh pandemi ini baik secara langsung atau tidak. Seperti gajinya dipotong atau harus melakukan WFH dimana sebagian karyawan tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Beberapa hal yang disebutkan tadi merupakan situasi yang dapat memicu kecemasan bagi karyawan, dan dampaknya pada kesehatan mental tidak bisa diremehkan. Komunikasi internal di tengah krisis harus memahami kondisi karyawan saat ini. Informasikan tentang kefleksibelan perusahaan bahwa kesehatan mental karyawan menjadi perhatian perusahaan.

Berikan Contoh

Para pemimpin organisasi atau perusahaan khususnya pemimpin tim harus berada di garis depan dalam komunikasi terutama ketika terjadi krisis seperti ini. Mereka harus menjadi orang pertama yang memberitahukan informasi dan mengirim email atau pesan reguler kepada tim mereka. Penting bagi karyawan untuk mengetahui bahwa pemimpin mereka ada di sekitar mereka dan peduli dengan keadaan mereka.

Terbuka Untuk Umpan Balik Karyawan

Meskipun penting bagi para pemimpin untuk memberitahu karyawan tentang informasi baru ketika dan ketika informasi itu masuk, komunikasi internal tidak boleh sepihak. Check-in dengan karyawan secara teratur dan minta umpan balik mereka ketika berada di forum. Tanyakan kepada mereka tentang kekhawatiran dan kesehatan mental mereka. Seperti bagaimana perasaan mereka, apakah mereka memiliki kekhawatiran tentang keadaan saat ini. Selain itu klarifikasi apa yang mereka butuhkan saat ini.

Menumbuhkan sifat optimis di tengah pandemi sangat dibutuhkan di semua komunitas termasuk lingkungan perusahaan Anda. Ketika Anda ingin membangun optimisme di lingkungan perusahaan, Anda sebaiknya fokus kepada para jajaran manajemen perusahaan Anda. Melalui artikel “Cara Membuat Tetap Optimis Di Tengah Pandemi” Anda akan mendapatkan wawasan tentang menumbuhkan rasa optimis di lingkungan perusahaan. Tidak lupa juga kami sarankan kepada Anda untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Online Assessment.