Urbanhire Jobseeker

Employee Engagement Karyawan Remote

30

Jun 2020

Urbanhire – Meningkatkan employee engagement dan mengelola karyawan jarak jauh menjadi tantangan saat ini. Kurangnya interaksi secara langsung atau tatap muka dapat menyebabkan perasaan isolasi dan kecemasan yang dialami oleh karyawan. Setelah menyebarnya COVID-19, banyak perusahaan dan pengusaha terpaksa untuk menyesuaikan diri dengan keadaan yaitu menerapkan kerja remote. Dan penyesuaian ini mungkin terlalu cepat untuk perusahaan sehingga perusahaan belum benar-benar siap menjalankan kera remote. Dan sekarang saat memasuki bulan keempat pandemi, Anda sebagai praktisi HR harus dapat lebih mematangkan persiapan Anda terlebih untuk menyambut new normal. Jadi apa saja langkah cepat yang dapat diambil oleh Anda untuk meningkatkan employee engagement selama masa pandemi ini?

Temukan Cara Baru Untuk Berkomunikasi

Salah satu tantangan utama meningkatkan employee engagement karyawan remote adalah komunikasi. Karyawan yang terbiasa bekerja di kantor mungkin merasa sulit untuk berkomunikasi “secara normal” saat bekerja dari jarak jauh. Oleh karena itu, Anda harus menemukan cara baru untuk tetap terhubung dan berkomunikasi dengan karyawan Anda. Saat karyawan Anda bekerja dari rumah selama pandemi ini, periksa karyawan Anda secara teratur untuk melihat bagaimana keadaan mereka. Gunakan alat telekonferensi untuk tetap terhubung dengan karyawan Anda dan karyawan Anda terhubung satu sama lain. Tidak lupa untuk menjalankan survei cepat agar Anda memahami tantangan apa yang mereka hadapi saat bekerja dari rumah. Jika beberapa karyawan Anda memiliki anak, jadwalkan waktu bersama karyawan tersebut untuk membahas cara-cara agar perusahaan dapat mendukung mereka selama kerja remote akibat pandemi.

Meningkatkan Employee Engagement Dengan Momen Penghargaan Karyawan

Cara kedua untuk meningkatkan employee engagement karyawan remote adalah dengan tetap menjalankan tradisi pengumuman pemberian penghargaan. Karyawan yang tidak terbiasa bekerja dari jarak jauh mungkin merasakan tekanan untuk membuktikan diri kepada rekan kerja dan manajer mereka. Untuk membuat mereka tetap termotivasi dan meningkatkan moral di new normal dengan sistem kerja remote, terus jalankan tradisi tersebut. Beralih lah ke acara virtual dan jangan lupa untuk terus merayakan pencapaian karyawan Anda, seperti ulang tahun dan peringatan lainnya.

Periksa Kesehatan Mental & Fisik Mereka

COVID-19 tidak hanya mempengaruhi karyawan Anda sehari-hari, tetapi juga mempengaruhi kesehatan mental dan fisik mereka. Dengan kondisi yang tidak menentu dan terbatasnya kegiatan karyawan Anda mungkin akan membuat mereka merasa cemas dan terasing. Selain itu, karena bekerja dari rumah dan selalu tinggal di rumah, kebiasaan sehat mereka seperti berolahraga di gym dan melakukan aktivitas fisik berkurang secara drastis. Dorong karyawan Anda untuk menjaga kesehatan mental dan fisik mereka dengan menawarkan kelas yoga dan latihan olahraga virtual, mengirimi mereka artikel yang bisa memberikan tips mengurangi stres, atau bahkan Anda bisa mengubah jam kerja mereka menjadi lebih fleksibel.

Dorong Untuk Meningkatkan Keterampilan & Pelatihan

Dunia bisnis kedepannya akan sangat berbeda dari yang saat ini sebelum COVID-19 menyebar. Perusahaan harus melakukan upaya terbaik mereka untuk melindungi diri dari gangguan yang akan datang di pasar. Untuk berkembang di dunia pasca-Coronavirus, Anda harus secara proaktif mempersiapkan tenaga kerja Anda. Karyawan yang memiliki pengetahuan luas, memiliki keterampilan lebih dan memiliki visi untuk maju ke depan akan menjadi aset terbesar bagi Anda kedepannya. Memanfaatkan waktu yang ada untuk meningkatkan dan melatih kembali karyawan Anda. Ketika organisasi mau melatih karyawan, akan menyebarkan rasa optimisme dan meningkatkan moral di lingkungan perusahaan. Dengan demikian employee engagement karyawan remote Anda akan meningkat.

Selain memperhatikan employee engagement karyawan, Anda juga harus memperhatikan keadaan karyawan Anda yang memiliki Anak di kondisi saat ini. Anda dapat melihat artikel “Mengelola Karyawan Yang Memiliki Anak Saat WFH” untuk mendapatkan wawasan bagaimana mengelola karyawan yang memiliki anak ketika WFH. Tidak lupa juga kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Online Assessment.