Urbanhire Jobseeker

HR Harus Membangun Semangat Tim Bangkit Dari PHK

9

Jun 2020

Urbanhire – Saat ini, keputusan untuk mengambil langkah PHK tidak bisa dihindari lagi demi menyelamatkan perusahaan di tengah pandemi. Dan pasti Anda sudah tahu bahwa gelombang pemutusan hubungan kerja ini adalah gelombang besar dimana sudah 3 juta lebih karyawan yang terkena. Memang sangat sulit ketika Anda harus melakukan langkah ini karena Anda harus memilih siapa karyawan yang harus Anda lepas. Tidak jarang juga Anda harus melepaskan karyawan terbaik Anda. Ketika Anda melepaskan karyawan terbaik Anda pasti akan terjadi goncangan di dalam tim khususnya rekannya. Entah itu tidak percaya dengan hasil keputusan atau kesal karena kehilangan rekan yang bisa diandalkan. Anda sebagai HR harus mampu menjadi penengah dan membangun kembali semangat tim. Lalu bagaimana caranya?

Berikan Waktu Dan Ruang Untuk Bersedih

Ketika PHK terjadi, suasana yang ada adalah tegang, sedih, kecewa dan marah. Untuk itu Anda harus menyediakan waktu dan ruang untuk para karyawan merasakan kesedihan karena berpisah dengan rekan-rekan mereka. Jangan paksakan untuk bersikap seperti hari-hari normal karena akan merusak konsentrasi dan semangat mereka. Dengan cara seperti itu Anda juga dapat menghindari kemarahan dari tim yang ditinggalkan oleh rekannya terhadap Anda dan perusahaan.

Berikan Kejelasan Ketika Ada Ketidakjelasan

Pasti setelah terjadi PHK, tim dan karyawan yang tidak terkena kebijakan tersebut bertanya-tanya. Anda sebagai HR jangan sampai membiarkan karyawan Anda bertanya-tanya tanpa ada jawaban karena hal ini bisa membahayakan untuk lingkungan dan situasi di perusahaan. Mereka akan berasumsi liar dan menyebarkan asumsi tersebut ke karyawan-karyawan lainnya sehingga dapat merusak keseimbangan. Sebaiknya Anda memberikan penjelasan kenapa perusahaan mengambil langkah tersebut dan alasan kenapa memilih rekan-rekan mereka. Selain itu, Anda juga harus siap mendapatkan pertanyaan dari karyawan. Tujuanya adalah menghilangkan ketidakjelasan yang dapat merusak keseimbangan dan lingkungan perusahaan dimana ini akan berdampak kepada semangat dan produktivitas karyawan.

Baca Juga: Membantu Melihat Realita Dengan Positif Di Masa Krisis

Menyesuaikan Harapan Dengan Keadaan

Seperti di langkah pertama, Anda disarankan tidak langsung menganggap momen ini sebagai momen biasa dengan melanjutkan pekerjaan setelah memberikan informasi PHK. Luangkan waktu agar perasaan karyawan yang tidak terdampak kembali pulih dan menemukan ritme mereka. Jika ini berhasil, semangat dan produktivitas karyawan Anda akan kembali normal dan kembali bersemangat.Itulah tips untuk Anda agar dapat membangun kembali semangat para karyawan yang tidak terdampak PHK.

Selain itu karena Indonesia akan menjalankan konsep new normal, sebaiknya Anda membaca artikel “Bagaimana HR Menyiapkan Kantor Saat New Normal”. Tidak lupa juga kami sarankan kepada Anda untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Online Assessment.