Urbanhire Jobseeker

Kandidat Anda “Ghosting”/Menghilang, Lalu Bagaimana?

20

Nov 2019

Urbanhire – Ketika Anda membuka lowongan dan banyak mendapatkan kandidat yang mendaftar. Lalu Anda menemukan seorang kandidat yang Anda rasa cocok dan menghubunginya. Kandidat tersebut menyanggupi untuk datang interview. Setelah selesai interview, Anda merasa kandidat ini sempurna untuk mengisi posisi yang Anda buka. Tetapi tiba-tiba kandidat Anda “ghosting”/menghilang. Apakah Anda melakukan kesalahan dalam merekrutnya? Tidak, Anda sedang “di-Ghosting” atau sedang ditinggalkan tiba-tiba tanpa ada alasan oleh kandidat Anda. Pertanyaannya adalah kenapa “ghosting” ini semakin meningkat di tempat kerja dan bagaimana Anda menghadapinya?

Semakin Banyak Pilihan Semakin Banyak Yang Pindah

Alasan semakin banyaknya kandidat yang tiba-tiba meninggalkan rekruter tanpa alasan adalah karena semakin banyaknya pilihan lowongan kerja. Para kandidat ini beranggapan bahwa mereka masih memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari tempat yang sudah menerimanya. Keadaan seperti ini sangat digemari oleh kandidat yang memiliki karakter suka mengambil resiko yaitu berpindah-pindah dari kesempatan yang diberikan ke kesempatan lain tanpa memberitahu rekruter.

“Ghosting” Atau Menghilang Tiba-Tiba Merupakan Komunikasi Yang Rusak

Perubahan atau pergantian gaya komunikasi juga berkontribusi dalam meningkatnya kandidat yang menghilang secara tiba-tiba tanpa alasan. Saat ini banyak kandidat dan pekerja muda yang sudah lekat dengan gaya komunikasi yang cepat dan informal melalui pesan singkat dan email. Hasilnya adalah semakin rendahnya ikatan komunikasi yang dialami karena berkurangnya waktu untuk bertemu secara langsung dan menurunnya ikatan antara atasan dengan bawahan.

Dalam hal ini “ghosting” atau menghilang tiba-tiba tanpa ada alasan semakin mudah dilakukan karena berkurangnya ikatan tersebut. Jadi jika Anda sedang mengalami “ghosting” alangkah baiknya Anda melihat cara komunikasi Anda dan rekan-rekan Anda di perusahaan. Dengan Anda mulai membangun komunikasi yang menumbuhkan ikatan merupakan langkah pencegahan terbaik dari “ghosting”

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalaminya?

Perlu Anda ingat bahwa perilaku menghilang secara tiba-tiba tanpa alasan bukanlah masalah personal. Anda bisa mempelajari dan mencari cara untuk mengurangi resiko tersebut melalui cara di bawah ini.

Bertindak Cepat

Jika Anda menginginkan kandidat yang Anda nilai sangat sesuai untuk posisi yang Anda buka, segera bertindak jangan ditunda-tunda. Alasannya adalah banyak kandidat yang memilih pilihan kedua karena perusahaan pertamanya terlalu lama memberikan respon.

Transparan

Dalam berkomunikasi salah satu hal yang penting adalah tersampainya pesan dan rasa saling percaya. Jika kandidat Anda bertanya sampai sejauh mana proses perekrutannya, sebaiknya Anda merespon dan memberikan jawabannya. Buka komunikasi yang konsisten antara Anda dengan kandidat untuk membangun rasa saling percaya

Selalu Memberikan Respon

Manager di perusahaan Anda sebaiknya selalu mengetahui perkembangan proses perekrutan dan memberikan kesempatan untuk bertanya kepada kandidat yang terpilih. Hal ini membuat komunikasi menjadi lebih intim dan membuat kandidat yang memiliki karakter “ghost” menjadi lebih tertantang. Selain itu untuk karyawan akan memberikan kesan bahwa manager di perusahaan Anda memiliki sifat komunikatif, dan bersedia dapat membantu karyawan merasa lebih baik tentang berbicara

Bersiap Dengan Keadaan Terburuk

Anda memang tidak bisa mencegah semua kandidat Anda untuk memilih perusahaan Anda. Salah satu caranya adalah memperbanyak kandidat yang interview dengan asumsi tidak ada yang datang atau tidak memberikan tanggapan.

Anda sebaiknya juga menyiapkan komunikasi yang baik saat Anda melakukan interview agar Anda dapat menumbuhkan ikatan dengan kandidat Anda. Ada beberapa tips untuk Anda agar komunikasi interview Anda lebih kuat di artikel “6 Tips Komunikasi yang Kuat Ketika Melakukan Interview dengan Kandidat”.

Urbanhire merupakan sebuah platform perekrutan dengan Applicant Tracking System (ATS) yang menyediakan fitur-fitur yang dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan kandidat berkualitas dengan waktu yang singkat.