Karyawan yang Seperti Ini harus Mendapatkan Promosi

| employer-resources

by Urbanhire

Urbanhire – Setiap karyawan pasti menginginkan perubahan karir yang lebih baik selama bekerja salah satunya adalah dengan promosi jabatan. Kenaikan jabatan ini biasanya dibarengi dengan tanggung jawab yang lebih banyak dan juga gaji yang meningkat. Bagi karyawan, promosi jabatan bisa dianggap sebuah pencapaian atau prestasi yang perlu dibanggakan.

Bagi perusahaan, promosi jabatan bukanlah posisi yang bisa diberikan ke sembarang orang yang meninginkan perubahan karir ataupun gaji. Karyawan memang bisa meminta promosi bila mereka merasa sudah memenuhi syarat, namun semuanya kembali pada keputusan perusahaan. Setiap perusahaan mempunyai kriteria yang berbeda tentang siapa yang berhak untuk mendapatkan promosi jabatan. Berikut ini beberapa kriteria umum yang sering digunakan sebagai patokan untuk promosi karyawan.

Berwawasan luas

Kriteria pertama yang bisa membuat Anda mendapatkan promosi jabatan adalah berwawasan luas dan berpikiran yang out of the box. Kemampuan daya pikir serta melihat visi dan misi perusahaan akan meningkatkan potensi Anda untuk menjadi sukses. Hal ini karena perusahaan percaya bila orang semacam ini bisa memberikan kontribusi positif pada perusahaan.

Kemampuan wawasan dan cara berpikir ini bisa dilihat ketika karyawan mendapatkan tantangan dalam pekerjaannya. Bila karyawan mampu menyelesaikannya dengan pola pikir dan solusi yang memberikan dampak positif. Hal ini karena segala tindakan karyawan akan berimbas pada perusahaan.

Merangkul semua pihak

Karyawan yang akan mendapatkan promosi jabatan adalah mereka yang bisa merangkul banyak pihak. Tipikal orang yang bisa merangkul semua pihak biasanya mudah berkomunikasi pada semua orang. Hal ini karena jabatan baru yang lebih tinggi tingkatannya tentu mempunyai tantangan yang baru pula. Tantangan ini tentu tidak bisa diselesaikan dengan pola pikir yang sama.

Sehingga untuk posisi pekerjaan yang baru dibutuhkan orang yang aktif berdiskusi dan bisa merangkul semua pihak untuk mengatasi tantangan yang baru. Salah satu ciri orang yang mudah merangkul banyak pihak adalahl ketika berbicara, orang lain menyimak dan mengikuti apa yang dibicarakan. Tidak jarang apa yang dia katakan bisa mempengaruhi orang lain disekitar.

Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah

Kemampuan mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah menjadi salah satu faktor penting bila ingin naik jabatan. Orang yang mempunyai kemampuan berpikir lebih dalam bisnis biasanya mempunyai indra keenam dan mampu melihat apa yang diinginkan konsumen atau hal-hal apa saja yang bisa memberikan manfaat untuk perusahaan. Meskipun karyawan tidak mengenal konsumen secara pribadi, namun bila mampu melihat apa yang dibutuhkan konsumen, berarti dia adalah pemecah masalah yang handal.

Bijak dalam menghadapi feedback

Banyak orang yang tidak bisa menerima feedback atau kritik terhadap cara kerja mereka. Memang dibutuhkan hati yang besar untuk bisa menerima feedback dan benar-benar memikirkannya secara serius. Orang yang seperti inilah yang perlu mendapatkan promosi dari perusahaan.

Dengan menerima feedback dan kritik, orang akan senantiasa mencari apa yang kurang dari cara kerja mereka dan melihat apa yang bisa membuat mereka berkembang dengan lebih baik.

Tidak mudah terpengaruh

Orang yang berpendirian kuat dan tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang bisa merugikan adalah tipe karyawan yang perlu mendapatkan promosi. Dalam dunia kerja, ada banyak pengaruh yang datang dan tidak sedikit yang bisa berpengaruh buruk pada jabatan.

Bila karyawan selalu mencoba memikirkan gagasan dan berusaha mewujudkannya meskipun banyak yang merendahkan, karyawan tersebut layak mendapatkan promosi.

Bisa dijadikan teladan

Kriteria lain adalah bila seseorang bisa dijadikan teladan yang baik diperusahaan. Teladan yang dimaksud adalah ketika seseorang mempunyai jiwa kepemimpinan dan bisa memimpin rekan kera mereka. Karyawan yang seperti ini bisa memberikan nasehat pada rekan kerja ataupun menjadi penengah bila terjadi konflik antar rekan kerja. Sehingga alih-alih menjadi provokator, karyawan yang teladan harus menjadi penengah dan bisa memberikan solusi yang tepat.

Selalu mencari kesempatan untuk menularkan pengetahuan

Dalam dunia kerja, tidak banyak orang yang mau berbagi pengetahuan dengan orang lain. Banyak orang menganggap bila berbagi pengetahuan dengan yang lain akan membuat posisi mereka terancam. Faktanya, karyawan yang mau berbagi pengetahuan dengan karyawan lain dianggap lebih pantas untuk mendapatkan tawaran promosi jabatan.

Berbagi pengetahuan dengan karyawan lain menandakan bila meraka turut berinvestasi pada kesuksesan perusahaan. Hal ini bisa dibuktikan dengan karyawan yang mau melatih karyawan baru atau mengajari karyawan lain dengan apa yang sudah dipelajarinya.

Menawarkan solusi bukan complain

Complain dalam perusahaan bukanlah hal yang aneh. Hampir setiap orang mempunyai complain tentang ini dan itu. Karyawan yang layak mendapatkan promosi bukanlah mereka yang gemar berkoar soal complain. Namun, karyawan yang membantu menawarkan solusi setelah beredar complain demi menciptakan kondisi lingkungan kerja yang kondusif.

Dengan memberikan solusi, alih-alih complain, menunjukkan bila karyawan tersebut siap untuk diberikan tanggung jawab yang lebih dan mampu membantu karyawan yang lain. Karyawan dengan tipe seperti ini lebih baik daripada mereka yang hanya menerima apa saja kondisi di tempat kerja tanpa ada inisiatif untuk merubahnya menjadi lebih baik.

Dari semua kriteria diatas, promosi karyawan harusnya diberikan pada mereka yang selalu berusaha keras untuk menyelesaikan pekerjaannya. Karakter karyawan yang menyukai tantang dan tidak berhenti sebelum menaklukan tantang tersebut menjadikannya layak untuk mendapatkan posisi jabatan yang lebih tinggi. Selain itu, karyawan yang ingin naik jabatan juga harus bisa merangkul semua pihak dan membantu menawarakan solusi alih-alih hanya memberikan complain.

Gunakan Urbanhire sebagai Recruitment Platform Anda untuk merekrut talenta terbaik dengan pengeluaran waktu dan biaya yang akan lebih efektif dan efisien.