Urbanhire Jobseeker

Kebiasaan Buruk HR Yang Harus Dihilangkan

1

Mar 2020

Sebagai HR, Anda harus dapat menghindari atau bahkan menghilangkan kebiasaan buruk HR. Di tahun dimana angkatan kerja didominasi oleh milenial, hal seperti tuntutan penggunaan teknologi baru, pergantian pekerjaan, dan kekurangan talenta pasti akan sering Anda hadapi. Melihat keadaan seperti itu, banyak perusahaan yang mendorong untuk membuat strategi perekrutan yang berbeda di tahun 2020. Untuk itu Anda sebagai praktisi HR harus menghindari beberapa hal dalam menyikapi fenomena tersebut.

Solusi Jangka Pendek

Kebiasaan buruk HR yang harus dihilangkan adalah ketika Anda menghadapi sebuah masalah, pasti Anda hanya fokus kepada masalah tersebut dan solusi yang cepat untuk mengatasinya. Hal tersebut tidak akan memberikan penyelesaian di masa depan karena masalah tersebut akan kembali datang. Anda harus memilih untuk mencari solusi jangka panjang. Anda dapat menerapkan beberapa langkah berikut untuk merumuskan sebuah solusi atau strategi jangka panjang.

  1. Lakukan analisa sesering mungkin terkait perubahan di lingkungan perusahaan Anda
  2. Meningkatkan keahlian yang diperkirakan akan dibutuhkan di masa depan
  3. Gunakan teknologi untuk membantu Anda
  4. Berikan pelatihan lintas divisi sehingga dapat saling membantu jika terjadi kekosongan

Keseimbangan antara mengambil keputusan secara cepat dan perencanaan jangka panjang yang baik akan membuat perusahaan atau organisasi Anda siap menghadapi tantangan

Meremehkan Budaya Perusahaan

Hal kedua tentang kebiasaan buruk HR yang harus dihilangkan adalah meremehkan budaya perusahaan. Budaya perusahaan adalah dasar untuk menentukan produktivitas, keterlibatan karyawan, dan moral di perusahaan mana pun, dan Anda sebagai HR memiliki peran besar dalam menentukan bagaimana budaya perusahaan terbentuk.

Karena HR bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara budaya perusahaan, penting bagi Anda sebagai praktisi HR untuk menyelaraskan semua tujuan karyawan dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan memastikan bahwa harapan karyawan terpenuhi.

Tidak Memberikan Fasilitas Yang Tepat

Pada saat ini, sebagian besar perusahaan memahami bahwa kebijakan yang baik tidaklah cukup untuk menarik dan mempertahankan talenta yang berkualitas. Terkadang HR tidak memberikan fasilitas yang tepat ketika sudah ada kebijakan yang baik tersebut, inilah kebiasaan buruk HR yang harus dihilangkan. Untuk itu Anda sebagai HR, harus memberikan tunjangan tambahan seperti keanggotaan gym, makanan ringan gratis, makan siang, permainan dan kegiatan, dan pengakuan karyawan yang berprestasi.

Hanya Fokus Kepada Tempat Kerja

Kebiasaan buruk yang HR yang harus dihilangkan adalah hanya fokus kepada tempat kerja. Pada kenyataannya, banyak karyawan yang ingin mengaktualisasikan dirinya di luar kantor. Banyak karyawan saat ini yang menginginkan perusahaan tempat mereka bekerja untuk memberi mereka rasa tujuan yang lebih besar di luar tempat kerja dan membuat perbedaan positif di masyarakat. Anda dapat membuat sebuah program yang selaras dengan budaya perusahaan Anda dengan kegiatan yang sesuai dengan minat karyawan Anda.

Seperti yang sudah dibahas di atas, sebagai HR, Anda memiliki peran besar dalam pembentukan budaya perusahaan. Di dalam artikel “Bagaimana HR Berpengaruh Di Budaya Perusahaan” Anda akan semakin menyadari bahwa bagaimana Anda sangat berpengaruh di perusahaan Anda. Budaya perusahaan akan berjalan dengan baik jika Anda memiliki karyawan yang sesuai dan sejalan dengan budaya perusahaan. Anda dapat menggunakan Urbanhire dengan Applicant Tracking System (ATS) yang dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan budaya perusahaan Anda melalui fitur online pre-assessment.