Urbanhire Jobseeker

Kebijakan Kerja Remote Mendorong Keberagaman

18

Nov 2019

Urbanhire – Teknologi saat ini mampu mengubah dunia kerja. Perubahan yang paling dirasakan adalah pada sistem kerja perusahaan yaitu munculnya sistem kerja remote. Sudah banyak perusahaan khususnya perusahaan rintisan yang menerapkan sistem kerja remote.

Kebijakan kerja remote ini juga dapat mendorong keberagaman di dalam perusahaan. Kenapa bisa dikatakan seperti itu? Karena perusahaan yang menerapkan sistem tersebut dapat merekrut karyawan dari berbagai daerah, suku dan penyandang disabilitas.

Lalu bagaimana sistem kerja remote dapat menginisiasi keberagaman? Khususnya kerja remote dapat menguntungkan karyawan Anda yang memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas.

Meningkatkan Produktivitas

Tidak bisa dipungkiri jika kantor merupakan tempat kerja yang memiliki banyak gangguan. Gangguan ini akan berdampak kepada produktivitas karyawan. Hal ini juga berlaku dengan karyawan dengan disabilitas. Bekerja secara remote atau bekerja dari rumah akan sangat membantu mereka, khususnya perihal produktivitas. Dengan mereka bekerja di rumah akan memudahkan mereka untuk bekerja tanpa harus berangkat ke kantor. Selain itu ada beberapa orang dengan disabilitas yang kurang nyaman harus bertemu banyak orang dan lebih nyaman untuk bekerja di rumah.

Memotong Jarak

Bagi karyawan dengan disabilitas, bepergian menuju tempat kerja sangatlah sulit. Khususnya karyawan yang perlu menggunakan asisten untuk berjalan dan yang menggunakan kursi roda. Mereka akan sangat memakan waktu yang cukup lama untuk sampai di kantor. Bekerja secara remote di rumah akan sangat membantu mereka. Mereka tidak akan membuang-buang waktu untuk memikirkan cara untuk berangkat dan pulang kerja. Mereka akan menjadi lebih fokus ke pekerjaan mereka. Para karyawan dengan disabilitas ini juga akan lebih merdeka untuk memilih tinggal dan kerja dimana selama jarak kantor tidak menjadi isu atau masalah.

Fleksibilitas yang Lebih Besar

Untuk karyawan dengan disabilitas, bekerja di rumah sangat membuat mereka lebih fleksibel. Hal ini dikarenakan hampir semua kebutuhan yang mereka butuhkan berada di rumah, seperti obat-obatan, peralatan khusus untuk mereka. Rumah mereka sudah didesain untuk melayani kebutuhan mereka, jadi ini dapat membuat mereka lebih nyaman dan mengakses pekerjaan lebih cepat. Bekerja di rumah juga dapat membuat karyawan dengan disabilitas bisa mengurus persoalan pribadi mereka seperti kontrol ke dokter atau menjalani perawatan medis yang harus mereka jalani

Sistem Kerja remote Untuk Semua Karyawan

Sistem kerja remote dan fleksibilitas dalam jam kerja akan memberikan manfaat berupa perubahan produktivitas dan karier karyawan Anda termasuk pekerja dengan disabilitas di perusahaan Anda. Pada intinya sistem kerja yang dapat diterapkan untuk semua karyawan dan solusi yang masuk akal untuk memberikan kesempatan kepada orang dengan disabilitas. Selain itu kebijakan kerja remote dapat menghilangkan tekanan yang dialami oleh karyawan dengan disabilitas karena kurang nyaman untuk menceritakan kepada Anda.

Sebelum merekrut karyawan untuk menjalankan sistem kerja remote, mungkin Anda dapat membaca terlebih dahulu artikel tentang “Tips Merekrut Remote Employee. Selain itu dengan menggunakan Urbanhire, platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang berkualitas melalui fitur Pre-Assessment Questions