Urbanhire Jobseeker

Langkah-Langkah Mengubah Budaya Perusahaan

10

Feb 2020

Urbanhire – Ketika sebuah perusahaan mengalami perubahan, budaya perusahaan pun mengalami perubahan. Perubahan ini akan berjalan secara bertahap di dalam perusahaan Anda.

Ketika perusahaan mengalami perubahan, struktur organisasi pun akan mengalami perubahan juga. Keadaan ini menghadirkan tantangan di dalam internal perusahaan itu tersendiri karena akan melibatkan semua pihak.

Sebenarnya apa itu budaya perusahaan? Budaya perusahaan merupakan interpretasi yang mewakili nilai-nilai, keyakinan dan harapan sebuah perusahaan. Budaya perusahaan tidak hanya tentang hubungan karyawan dengan perusahaan. Budaya perusahaan mencangkup tentang cara perusahaan untuk berinteraksi dengan masyarakat luas di luar perusahaan.

Lalu kenapa budaya perusahaan itu penting untuk perusahaan? Alasannya adalah budaya merupakan cara terbaik untuk menarik calon kandidat dan menerima kandidat yang cocok dengan budaya Anda akan mengurangi turnover perusahaan Anda.

Lalu bagaimana langkah Anda sebagai praktisi HR untuk mengubah perubahan budaya?

Fokus Kepada Masalah Dan Apa Pengaruhnya Terhadap Budaya

Banyak perusahaan yang hanya fokus pada gambaran besar tentang perubahan tanpa mengidentifikasi masalah dan komponen-komponennya. Padahal, budaya tidak bisa diubah secara keseluruhan tanpa melihat dan mengidentifikasi masalah dan komponen-komponen kecil yang membentuk sebuah budaya

Rangkul Unsur Terkecil

Ketika perusahaan Anda sedang atau akan melakukan perubahan budaya perusahan, pasti ada beberapa orang yang melakukan penolakan. Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa memfokuskan kepada unsur-unsur terkecil yang dapat mengoptimalkan perubahan budaya perusahaan Anda.

Tentukan Apa Yang Harus Dipertahankan

Sebelum Anda mulai menjalankan perubahan, evaluasi nilai-nilai budaya Anda sebelumnya dan tentukan nilai-nilai apa yang ingin Anda pertahankan. Hal ini sangatlah penting jika perusahaan Anda mengalami perubahan akibat dari mergers atau penggabungan perusahaan lain menjadi satu.

Bersabar Saat Menjalankannya

Untuk beberapa karyawan, perubahan budaya akan membuat mereka tidak nyaman dan stres. Karyawan memerlukan waktu untuk menyesuaikan meskipun perubahan yang Anda lakukan sangatlah kecil. Anda disarankan untuk lebih fleksibel dengan berbagai alasan dan dengarkan kekhawatiran karyawan Anda. Yang terpenting dari semua ini adalah mengertinya karyawan Anda kenapa harus ada perubahan.

Pimpin Dengan Contoh

Tidak ada karyawan yang serius jika tidak ada sosok manajer atau pimpinan yang memberikan contoh ketika terjadi perubahan budaya di perusahaan. Dengan manajer atau pimpinan perusahaan yang memberikan contoh akan menjaga konsistensi dari perubahan tersebut

Ketika Anda sudah menjalankan perubahan budaya, sebaiknya Anda juga memperhatikan kesehatan budaya tersebut. Alasannya adalah kesehatan budaya di perusahaan menentukan bagaimana wajah perusahaan Anda. Tidak peduli Anda menuliskan di setiap sudut kantor dan di website Anda, budaya perusahaan dengan sendirinya akan menentukan kondisi dan wajah perusahaan Anda. Untuk lebih lanjut mengetahui bagaimana mengukur kesehatan budaya perusahaan Anda bisa membaca artikel “Pertanyaan Mengukur Kesehatan Budaya”Budaya perusahaan akan berjalan dengan baik jika Anda memiliki karyawan yang sesuai dan sejalan dengan budaya perusahaan.

Anda dapat menggunakan Urbanhire dengan Applicant Tracking System (ATS) yang dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan budaya Anda melalui fitur online pre-assessment.