Urbanhire Jobseeker

Melindungi Karyawan Dari Kebosanan Pertemuan Virtual

23

Jul 2020

Urbanhire – Melindungi karyawan dari kebosanan memakai platform video konferensi mungkin menjadi salah satu tugas tambahan Anda sebagai HR. Di tengah pandemi seperti ini, penggunaan video konferensi menjadi meningkat. Kebosanan dan kelelahan dalam menggunakan video konferensi benar-benar akan dialami setiap karyawan. Beberapa memiliki gejala ringan seperti kesulitan untuk tetap fokus dan yang lain memiliki masalah akut seperti sakit leher atau migrain. Inilah cara melindungi anggota tim Anda dari kebosanan dan kelelahan menggunakan video konferensi.

Buat Prioritas Dan Hindari Multitasking

Terkadang di setiap rapat virtual pasti ada yang membahas selain topik utama dan kadang tidak terkait dengan karyawan lainnya. Hal ini akan membuat karyawan atau bahkan Anda tidak fokus dan tergoda untuk melakukan hal lain selain mengikuti rapat virtual tersebut. Ini terlihat hal kecil namun akan memiliki dampak ketika rapat selesai. Dampak ini akan terjadi jika karyawan yang tidak fokus atau bosan saat rapat virtual harus mengingat detail dari rapat tersebut. Ini akan membuat karyawan stres karena harus mengingat-ingat kembali. Yang kedua adalah karena tergoda untuk melakukan hal lain bisa dikatakan sedang multitasking dan ini bisa membuat karyawan lelah serta melemahkan kemampuan kognitif karyawan. Alasannya karena mereka harus fokus kepada rapat dan kegiatan yang mereka lakukan untuk mengalihkan kebosanan. Jadi jika ingin membuat rapat virtual tentukan prioritas dan fokus apa yang akan dibahas agar karyawan tetap fokus kepada rapat tersebut.

Baca Juga: Tingkatkan Employer Branding Perusahaan Baru

Buat Rapat Sepadat Dan Sesingkat Mungkin

Usahakan ketika Anda mengadakan rapat atau pertemuan virtual untuk membatasi waktunya. Buatlah rapat tersebut padat dan sesingkat mungkin agar dapat melindungi karyawan dari kebosanan menggunakan video konferensi. Anda bisa memberikan waktu maksimal ketika mengadakan pertemuan virtual. Misalkan Anda menekankan untuk membatasi waktu hanya 20 – 30 menit ketik akan ada pertemuan. Tidak lupa buat agenda dan poin-poin yang akan dibahas sehingga pertemuan virtual lebih efektif dan singkat.

Adakan Pertemuan Virtual Secukupnya

Melindungi karyawan dari kebosanan dan kelelahan menggunakan video konferensi untuk pertemuan bisa dengan pembatasan penggunaan platform video konferensi. Cobalah berkomunikasi dengan karyawan Anda dengan email atau chat grup dengan pesan yang dibuat dengan baik dan jelas dalam menguraikan tujuan, tantangan, hasil yang ideal, dan langkah yang harus ditempuh. Selama komunikasi dapat berjalan dengan baik dan pesan tersampaikan dengan jelas sebaiknya Anda tidak mengadakan pertemuan yang menggunakan video konferensi.

Itulah tiga langkah untuk melindungi karyawan Anda dari rasa bosan menggunakan platform video konferensi. Selain melindungi karyawan Anda dari rasa bosan dan pandemi, Anda juga bisa melindungi employer brand perusahaan Anda. Melalui artikel “Memastikan Employer Brand Tetap Positif” Anda akan mengetahui bagaimana caranya untuk melindungi employer brand tetap positif di tengah pandemi ini. Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment Test.