Urbanhire Jobseeker

Memastikan Employer Brand Tetap Positif

22

Jul 2020

Urbanhire – Memastikan employer brand agar tetap positif di tengah krisis mungkin menjadi salah satu fokus utama dari para HR. Alasannya adalah semua industri dan organisasi tidak ada yang tidak terdampak dari krisis Covid-19 ini. Akibatnya banyak berita buruk yang menerpa industri atau organisasi. Tidak peduli bagaimana mempengaruhi organisasi Anda, yang paling mempengaruhi terhadap employer brand organisasi Anda adalah bagaimana Anda dan organisasi bertindak selama krisis. Dan masa depan untuk merekrut bakat benar-benar tergantung pada bagaimana Anda bersikap di tengah krisis. Jadi sangatlah wajar bila Anda dan para HR berfokus terhadap employer brand di tengah krisis seperti ini. Berikut tiga hal yang harus Anda lakukan agar employer brand tetap positif

Segeralah Bertindak

Saat terjadi krisis seperti ini, karyawan sangat ingin organisasi segera bertindak dan menentukan sikap. Sikap ini adalah bentuk dari respon organisasi terhadap pandemi Covid-19. Jika Anda ingin berinvestasi dalam employer brand, maka Anda harus menginvestasikan waktu untuk memberikan tanggapan dan tindakan yang berdasarkan nilai-nilai organisasi Anda. Selain itu, organisasi Anda harus siap menjelaskan bagaimana Anda bertindak dan tetap memberikan dukungan kepada karyawan selama pandemi. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk memastikan employer brand Anda tetap positif

Utamakan Karyawan

Employer brand bukan hanya tentang menarik bakat baru, karena employer brand juga mencakup cara Anda memperlakukan karyawan yang ada. Salah satu hal pertama yang ingin diketahui kandidat ketika berminat untuk bekerja bersama Anda adalah bagaimana Anda memperlakukan karyawan Anda selama krisis ini. Jadi kembali lagi, bagaimana Anda bertindak dalam merespon pandemi. Untuk organisasi yang kesulitan dan harus melakukan PHK, jangan menganggap pilihan ini salah. Namun semua tergantung bagaimana cara Anda melakukan PHK ini. Apakah ketika melakukan PHK Anda melakukan dengan welas asih atau melakukan dengan kecurangan sehingga karyawan yang terdampak memiliki dendam kepada Anda. Untuk itu utamakan karyawan jika ingin memastikan employer brand organisasi Anda tetap positif.

Tetap Konsisten

Hal yang paling menantang dalam memastikan employer brand tetap positif dan kuat selama krisis adalah dengan bersikap konsisten. Hal ini dikarenakan dunia bisnis dan masyarakat memiliki ingatan yang panjang. Karyawan Anda, calon karyawan, dan masyarakat siap melaporkan jika organisasi Anda melakukan kesalahan yang merugikan khususnya ketika pandemi. Itulah mengapa sangat penting untuk konsisten menghabiskan waktu mendokumentasikan dan berinvestasi dalam employer brand Anda. Pelajari apa yang terjadi selama ini dan ambil strategi yang cocok sesuai dengan kondisi krisis ini.

Itulah tiga hal yang bisa Anda lakukan agar employer brand Anda tetap positif selama masa krisis. Jika Anda berada di organisasi atau perusahaan baru dengan tim yang masih kecil dan ingin meningkatkan employer brand mungkin artikel ini bisa membantu Anda “Tingkatkan Employer Branding Perusahaan Baru”. Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment Test.