Urbanhire Jobseeker

Membangun Brand Story Untuk Menarik Kandidat

2

Mar 2020

Urbanhire – Proses perekrutan tidak hanya tentang merekrut kandidat namun berkaitan dengan brand story Anda. Saat merekrut pasti Anda sudah menyiapkan dan memilih lowongan pekerjaan yang diiklankan untuk para pencari kerja tetapi pada akhirnya semua akan mengarah kepada brand story milik Anda yang menginformasikan prospek perusahaan. Anda perlu menyampaikan aspek terbaik dari perusahaan Anda melalui narasi yang menarik dan mengomunikasikan apa yang diperjuangkan oleh perusahaan Anda dan mengapa kandidat berkualitas harus bergabung dengan Anda, dan itu berarti berhubungan dengan strategi branding Anda. Tapi terkadang membangun itu semua tidak mudah. Jadi di artikel kali ini akan membahas dan menjelaskan bagaimana membangun brand story yang baik.

Apa Itu Brand Story?

Brand story adalah segala hal yang dikatakan, dilakukan, dan terlihat oleh brand Anda. Dari hal yang sangat berpengaruh seperti desain situs hingga hal yang lebih kecil seperti penggunaan font, setiap pilihan yang berhubungan dengan brand akan berkontribusi pada keseluruhan cerita brand Anda.

Brand story memengaruhi setiap aspek bisnis khususnya perekrutan. Kandidat yang Anda cari akan menimbang brand Anda sama besarnya dengan faktor yang lebih substansial seperti gaji, lokasi, dll. Anda dapat menawarkan tawaran yang lebih menarik dari perusahaan pesaing Anda namun jika brand Anda tidak menarik bagi kandidat, mereka tidak akan memilih Anda.

Menulis Brand Story Yang Efektif

Saat menulis narasi brand yang menarik untuk menarik kandidat berkualitas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menulis cerita menarik tentang brand Anda di halaman karier Anda. Sangat disarankan untuk menulis di halaman “About” karena itu adalah “Home Base” yang bagus untuk cerita brand Anda, serta referensi untuk semua tentang brand Anda.

Jadi, apa yang harus dituliskan di dalam brand story ? Yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi masalah apa yang ingin diselesaikan oleh brand Anda dan bagaimana Anda mengatasinya.

Tunjukan Brand Story Anda

Ada komponen lain yang penting untuk story brand Anda yang dapat menjadi alat bantu untuk merekrut yaitu kepribadian brand. Anda tidak bisa langsung mengatakan secara frontal seperti apa brand Anda. Jika brand Anda memang bagud Anda tidak perlu mengatakannya karena orang akan melihatnya. Kepribadian brand Anda harus masuk ke dalam semua elemen visual brand Anda, termasuk desain logo, palet warna, font dan banyak lagi. Untuk perekrutan, hal yang perlu diperhatikan untuk mencerminkan kepribadian brand Anda adalah:

  1. Perlakukan lowongan pekerjaan itu sendiri sebagai brand Anda. Perhatikan dari segi bahasa apakah Anda menggunakan bahasa yang santai atau langsung kepada poinnya.
  2. Gunakan visual atau gambar. Lowongan pekerjaan yang hanya menggunakan teks akan melewatkan kandidat berkualitas dan kesempatan untuk menunjukkan kepribadian brand Anda. Pilih visual atau gambar yang tepat dan kandidat akan membuat persepsi sesuai yang Anda harapkan.
  3. Desain halaman karier. Berikan perlakuan halaman karir Anda sama seperti bagian situs Anda yang lain. Karena banyak kandidat yang mengakses situs karir Anda.

Satu lagi hal tak kalah pentingnya yang Anda butuhkan dalam perekrutan, selain rencana perekrutan, video perekrutan, dan lainnya adalah employer branding.  Dari segi employer branding, Anda harus bisa mempromosikan bisnis Anda dengan baik dan menjaga citra baik perusahaan dalam jangka panjang. Pada dasarnya, employer branding berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk terlihat lebih baik dari ratusan perusahaan lainnya. Di dalam artikel “6 Alasan Mengapa Anda Harus Fokus Pada Employer Branding” Anda akan mengetahui detail tentang employer branding. Maksimalkan employer branding perusahaan Anda dengan Urbanhire sebuah platform perekrutan dengan Applicant Tracking System. Saatnya untuk berinvestasi pada situs karir Anda dengan menggunakan Urbanhire. Urbanhire menyediakan fitur pembuatan Career Site yang dapat dengan mudah Anda desain sesuai dengan employer branding perusahaan Anda.