Urbanhire Jobseeker

Membantu Melihat Realita Dengan Positif Di Masa Krisis

2

Jun 2020

Urbanhire – Di masa krisis seperti ini, banyak sekali tekanan yang dihadapi oleh perusahaan, termasuk Anda dan para karyawan. Tidaklah mudah untuk selalu memiliki pemikiran positif di tengah realita dengan suasana negatif seperti ini. Apalagi para pemimpin dituntut untuk selalu memberikan aura dan pikiran positif kepada bawahannya. Ini menjadi beban yang berat untuk mereka. Untuk itu, Anda sebagai HR harus memiliki strategi untuk membantu para pemimpin dan para karyawan agar dapat melihat realita dengan positif selama masa penuh tekanan ini. Berikut strateginya:

Memilah Informasi

Anda pasti sudah tahu bahwa aturan untuk mengisolasi diri ketika terinfeksi atau anjuran pemerintah untuk memotong penyebaran Virus Corona dengan berdiam diri di rumah sudah menjadi keharusan. Namun untuk membantu karyawan melihat realita dengan positif di masa krisis ini, Anda perlu juga untuk memilah atau mengisolasi informasi. Salah satu hal paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan stres dan melihat realita dengan positif adalah mengontrol bagaimana karyawan membicarakan tentang pandemi di tempat kerja. Anda dapat membuat peraturan berupa

  1. Meminta karyawan untuk hanya membagikan informasi dari sumber resmi dan menghindari informasi dari sumber yang tidak dipercaya seperti melalui media sosial
  2. Meminta karyawan untuk hanya berbagi konten yang berhubungan dengan Virus Corona pada saluran tertentu yang sudah disediakan oleh Anda
  3. Membangun situs atau newsletter yang dikhususkan untuk update informasi perusahaan tentang topik tersebut.
Baca Juga: Berinvestasi Employer Branding

Belajar Dari Sejarah

Ada pepatah bahwa sejarah itu pasti berulang. Pandemi Virus Corona ini seperti terulang layaknya pandemi Flu Spanyol tahun 1918. Selain itu keadaan ekonomi yang naik turun pun selalu terjadi setiap dekadenya. Anda harus selalu menyiapkan skenario untuk keadaan seperti saat ini. Anda dapat mempelajari sejarah yang telah terjadi untuk mengatasi tekanan yang ada di perusahaan Anda. Dengan kesabaran, Anda dan karyawan-karyawan Anda akan dapat melalui masa krisis ini dengan lebih cepat dan lebih baik dari sejarah yang telah terjadi.

Mengetahui Batasan Karyawan Anda

Sumber tekanan dan stres yang dialami oleh karyawan Anda adalah tempat dimana mereka bekerja saat ini, yaitu rumah. Alasannya adalah ketika di kantor, karyawan Anda hanya difokuskan kepada tugas mereka. Namun ketika di rumah, fokus mereka sering terganggu karena gangguan ketika bekerja di rumah sangatlah banyak. Daripada Anda fokus untuk mempertahankan ritme karyawan Anda seperti di kantor, sebaiknya Anda memberikan kelonggaran dan memberikan metode berbeda untuk mendekatkan karyawan Anda dengan pekerjaan mereka. Ketika karyawan Anda sudah mulai terbiasa bekerja di rumah dan menemukan ritme mereka, Anda dapat mengajak mereka untuk kembali lebih produktif seperti saat di kantor. Itulah cara ketiga agar Anda dapat membantu karyawan melihat realita dengan positif di masa krisis. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda pimpin sebagai HR untuk melindungi perusahaan Anda dan membantu karyawan Anda. Namun sebaiknya Anda juga membaca artikel “Bagaimana HR Memimpin Selama Wabah Corona” agar perusahaan Anda tetap kuat dan mampu melalui masa krisis saat ini.

Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan sebuah Applicant Tracking System. Urbanhire dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang berkualitas untuk mengisi tim remote Anda melalui fitur Pre-Assessment Questions dan melindungi perusahaan Anda dari terinfeksi Virus Corona dengan menggunakan fitur video interview ketika ingin melakukan perekrutan.