Urbanhire Jobseeker

Memberikan Masukan Untuk Perkembangan Karyawan

17

Jan 2020

Memperhatikan perkembangan karyawan merupakan keharusan bagi perusahaan. Salah satu cara untuk membuat karyawan berkembang adalah dengan memberikan masukan atau feedback. Anda sebagai atasan mereka harus pandai menempatkan dan mendekatkan diri kepada karyawan Anda. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Dengan saling percaya, karyawan Anda akan secara konsisten memberikan laporan kepada Anda dan berharap mendapatkan masukan atau feedback dari Anda. Memberikan masukan atau feedback yang jelas dan bersifat membangun juga akan membangun kepercayaan diri mereka. Anda dapat menggunakan strategi di bawah ini untuk meningkatkan strategi Anda ketika memberikan masukan atau feedback.

Sesuaikan Masukan Atau Feedback Dengan Budaya Dan Nilai

Sebenarnya praktik memberikan masukan atau feedback di dalam perusahaan sudah umum dilakukan. Anda dapat berinisiatif untuk menanyakan apa yang karyawan Anda lakukan dan memberikan masukan secara spontan. Cara ini akan membuat mereka merasa bahwa Anda peduli dengan mereka. Selain itu Anda, juga dapat memberikan sebuah masukan kepada karyawan Anda yang melakukan kesalahan. Masukan tersebut bisa berupa solusi dan cara agar tidak terjadi lagi. Sisipkan juga semua masukan yang Anda berikan dengan visi misi perusahaan. Dengan cara ini, perkembangan karyawan Anda akan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Berikan Masukan Atau Feedback Yang Jelas

Memberikan masukan atau feedback yang membangun mengharuskan Anda memiliki makna dan tujuan dari masukan tersebut. Tujuan Anda adalah membuat karyawan Anda menyadari apa yang seharusnya mereka kerjakan dan membuat mereka dapat lebih berkembang. Memberikan masukan yang bermanfaat membutuhkan perhatian dan persiapan yang matang. Untuk itu berikan waktu kepada karyawan untuk menyerap masukan yang Anda bagikan kepada mereka.

Berpikirlah Seperti Seorang Pelatih

Ketika Anda sedang memberikan masukan atau feedback untuk karyawan Anda, ceritakan pengalaman Anda untuk memberikan wawasan kepada mereka. Berikan juga kesempatan kepada mereka untuk mengutarakan perspektifnya tentang apa yang terjadi. Setelah itu, Anda dapat membuat rincian atau breakdown apa yang harus karyawan lakukan untuk meningkatkan kinerja mereka. Dengan demikian, perkembangan karyawan Anda akan selalu terjadi di perusahaan Anda.

Pastikan Tanggung Jawab

Meski Anda ingin terlihat ramah, Anda juga harus memastikan tanggung jawab Anda dan karyawan Anda. Dengan cara ini, Anda akan dapat memastikan perkembangan karyawan. Berikan tujuan, arah dan sesuatu yang harus diperjuangkan pada karyawan Anda. Selain memperhatikan perkembangan karyawan, Anda juga harus memperhatikan bagaimana produktivitas karyawan Anda. Di dalam artikel “5 Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan” Anda akan mengetahui secara detail faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas karyawan Anda. Dan untuk mempermudah Anda dalam masalah perekrutan, Anda dapat menggunakan Urbanhire, sebuah platform perekrutan yang memiliki Applicant Tracking System (ATS) yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan proses perekrutan secara efisien.