Urbanhire Jobseeker

Membuat Karyawan WFH Tetap Terikat Ketika Stres

14

May 2020

Urbanhire – Banyak karyawan yang menjalani WFH mengalami stres. Alasannya karena hampir semua karyawan saat ini sedang mengalami pengalaman bekerja dari rumah dengan durasi yang sangat panjang. Ada kecenderungan ketika karyawan mengalami stres, mereka lebih memilih mundur daripada berusaha melepaskan stres mereka. Sebagai praktisi HR, Anda pasti sudah memiliki berbagai strategi untuk menghadapi tekanan ini. Seperti selalu berkomunikasi dengan karyawan dan memberikan rasa empati yang lebih. Namun ada yang lebih penting dari itu yang sebaiknya Anda perhatikan, yaitu rasa keterikatan karyawan atau employee engagement. Jadi jika Anda ingin membuat karyawan memiliki ikatan ketika WFH dan mengalami stres, Anda bisa mencoba tiga cara di bawah ini

Tetap Jalankan Tradisi Sosialisasi

Langkah pertama untuk membuat karyawan yang WFH mengalami stres tetap terikat adalah dengan tetap menjalankan tradisi sosialisasi khususnya sosialisasi karyawan yang baru bergabung. Anda sebagai praktisi HR hanya cukup memikirkan cara yang berbeda untuk tetap menjalankan sosialisasi. Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk menjalankannya

Happy Our di Platform Panggilan Konferensi Video

Sudah bukan rahasia umum lagi di tengah pandemi ini bahwa semua interaksi langsung dialihkan ke interaksi secara digital. Agar tetap menjaga karyawan tetap terikat meski stres karena WFH yang berkepanjangan, Anda bisa mengadakan interaksi dengan para karyawan Anda melalui panggilan konferensi video. Tepat di bulan puasa ini, Anda bisa mengadakan buka bersama secara virtual. Ini akan membantu karyawan saling berinteraksi dan menjaga keintiman di lingkungan perusahaan Anda.

Baca Juga: Mengelola Karyawan Anda Jika Ada PHK

Proaktif Melawan Burnout

Banyak karyawan yang sedang WFH merasa bahwa jam kerja mereka semakin panjang tidak mengenal batas. Mungkin ini disebabkan karena rasa jenuh yang diterima oleh karyawan Anda ketika bekerja dari rumah terlalu lama. Untuk itu agar tetap menjaga keterikatan karyawan saat WFH dan dilanda stres Anda harus dapat memberikan batasan waktu ketika WFH. Anda bisa memberikan sosialisasi bahwa bekerja dari rumah seperti bekerja ketika di kantor. Di mulai dari jam 9, istirahat di siang hari dan selesai jam 6 sore. Dan tidak lupa agar menentukan strategi bagaimana mereka dapat selalu berkomunikasi dan saling berkontribusi.

Itulah tiga cara agar tetap menjaga keterikatan karyawan Anda selama WFH dan meski mereka dilanda rasa stres. Selain itu Anda juga perlu untuk mendukung kesehatan mental karyawan Anda. Melalui artikel Bagaimana Mendukung Kesehatan Mental Karyawan Anda akan dapat memberikan dukungan kesehatan mental untuk karyawan Anda. Tidak lupa kami sarankan juga untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment.