Urbanhire Jobseeker

Membuat Pemutusan Hubungan Kerja Bernilai Positif

5

May 2020

Urbanhire – Di tengah-tengah krisis pandemi Virus Corona yang masih berlangsung saat ini, banyak perusahaan dari berbagai industri sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi potensi resesi ekonomi dan membuat rencana darurat bahkan jika perlu melakukan pengurangan karyawan atau pemutusan hubungan kerja. Jika Anda memang terpaksa menghadapi keadaan seperti ini yang mengharuskan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja, ada lima tips agar membuat PHK tetap bernilai positif di mata karyawan Anda.

Jangan Berpura-pura Memberikan Semangat

Di kondisi yang tidak menentu ini akibat Virus Corona, hal yang paling tepat adalah mencoba memberikan pengertian bahwa kita harus menerimanya dan harus tetap melangkah kedepan. Anda sebagai praktisi HR harus bisa memberikan pengertian kepada karyawan Anda bahwa harus menerima kondisi saat ini. Jangan memberikan kepositifan yang salah karena hal tersebut akan semakin membuat gelisah karyawan. Anda harus berterus terang tentang keadaan yang dialami oleh perusahaan. Ini akan membantu Anda agar karyawan Anda cepat memahami dan menerima keadaan.

Jangan Mengejutkan Semua Orang

Tips selanjutnya agar pemutusan hubungan kerja Anda bernilai postif di mata karyawan adalah dengan tidak mengejutkan semua orang. Di tengah pandemi dan keadaan yang tidak menentu ini informasi sangatlah penting. Untuk itu Anda harus tetap berusaha untuk menjaga penyebaran informasi tetap konsisten dan transparan. Jika Anda terpaksa melakukan PHK, sebaiknya para manajer dan atasan langsung dari karyawan yang terkena PHK harus mengetahuinya terlebih dahulu.

Berikan Pesangon dan Tunjangan Yang Berkelanjutan

Ketika Anda terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja, Anda harus memberikan pesangon yang layak dan tunjangan yang bisa mereka manfaatkan secara berkelanjutan seperti asuransi jiwa dan kesehatan. Dengan cara ini akan membuat PHK bernilai positif dan membuat reputasi perusahaan Anda tetap terjaga.

Berikan Dukungan Karier

Agar PHK tetap bernilai positif di mata karyawan, sebaiknya Anda tidak memberikan dukungan karier yang tidak jelas kepada karyawan Anda, misalnya Anda menjanjikan segera mendapatkan pekerjaan. Anda cukup memberikan dukungan berupa rekomendasi, informasi lowongan atau bahkan memberikan kontak koneksi Anda yang dapat membantu karyawan Anda untuk segera mendapatkan pekerjaan.

Putuskan Secara Bersamaan

Jika Anda sudah siap menjalankan keputusan pemutusan hubungan kerja lebih dari satu karyawan, sebaiknya Anda melakukannya secara bersamaan. Cara ini memang terkesan agak keras namun cara ini dapat meredam ketidakpastian di dalam perusahaan Anda.

Itulah tips agar PHK Anda terlihat positif di mata karyawan Anda. Namun jadikan PHK ini sebagai langkah terpaksa. Anda dapat membuat strategi yang bisa dicoba sebelum melakukan PHK. Melalui artikel Strategi Yang Perlu Dicoba Sebelum PHK Anda akan mengetahui beberapa strategi yang bisa Anda gunakan. Dan ditengah pandemi ini Anda juga harus memperhatikan kembali tentang strategi employer brand, alasannya adalah dengan situasi seperti ini pasti akan mempengaruhi perasaan dan pandangan karyawan Anda tentang perusahaan Anda. Kami sarankan juga untuk Anda agar menggunakan Urbanhire, platform perekrutan dengan Applicant Tracking System (ATS) yang dapat membantu Anda untuk memaksimalkan strategi employer brand dengan fitur careere site yang dapat Anda desain sesuai perusahaan Anda.