Urbanhire Jobseeker

Membuat Wawancara Virtual Berjalan Lancar

23

Mar 2020

Urbanhire – Wawancara virtual merupakan salah satu solusi untuk Anda di tengah pandemi COVID-19 saat Anda ingin merekrut seorang karyawan. Praktik wawancara virtual ini sebenarnya sudah banyak perusahaan yang menerapkannya sebelum pandemi ini menyebar. Praktik wawancara ini sebenarnya memiliki banyak manfaat, seperti menghemat biaya perekrutan, lebih fleksibel untuk menentukan jadwal dan lokasi, dan yang paling penting di tengah pandemi ini adalah menjaga kesehatan karyawan dan perusahaan Anda. Berikut ini akan disampaikan bagaimana melakukan wawancara virtual dengan baik

Persiapkan Semuanya

Untuk memastikan bahwa wawancara virtual berjalan baik dan tetap formal seperti wawancara langsung, penting untuk Anda untuk tidak membiarkan kandidat ketika wawancara virtual menjadi sesantai panggilan virtual bersama temannya. Berikut beberapa cara untuk memastikan semuanya berjalan lancar:

  1. Baca kembali deskripsi pekerjaan yang Anda buka dan resume kandidat serta tulis pertanyaan untuk diajukan kepada kandidat.
  2. Periksa kembali ketersediaan ruangan dan dukungan teknis untuk wawancara, dan pastikan kandidat merasa nyaman dengan platform yang Anda pilih.
  3. Pastikan semua orang dalam lingkaran wawancara memiliki waktu wawancara yang benar di kalender mereka.
  4. Pastikan bahwa setiap anggota Anda memiliki informasi yang akurat tentang kandidat, ditambah dengan tanggung jawab pekerjaan utamanya.
  5. Pastikan semua orang dalam lingkaran wawancara memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana mereka mengirimkan feedback setelah wawancara.

Perkuat Employer Brand Anda

Saat melakukan wawancara virtual, pastikan setiap pewawancara dalam lingkaran menceritakan kisah yang konsisten tentang perusahaan Anda dan mendapat informasi tentang kandidat dan posisi. Periksa kembali agar semua pewawancara selaras dengan fakta-fakta penting tentang perusahaan. Sampaikan beberha hal berikut untuk perkuat brand Anda:

  1. Misi dan fungsi departemen atau tim Anda
  2. Tanggung jawab, termasuk uraian tugas secara detail
  3. Struktur organisasi
  4. Identifikasi fungsi lintas anggota tim
  5. Inisiatif masa depan di dalam departemen atau tim
  6. Peluang pertumbuhan karir
  7. Kisaran gaji (jika kandidat sesuai untuk pewawancara)

Memiliki Strategi Yang Kuat

Jika Anda ingin melakukan praktik wawancara virtual, Anda harus memikirkan strategi terlebih dahulu. Jika melakukan wawancara dengan beberapa pewancara yang akan mewawancarai kandidat, pastikan setiap pewawancara memiliki pertanyaan yang disiapkan sebelumnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih tentang kompetensi terkait dengan bagaimana kandidat berinteraksi jika mereka ditawari pekerjaan dan diterima.

Berkomunikasi Secara Terbuka. 

Saat melakukan wawancara virtual dan berkaitan dengan dengan pengalaman wawancara virtual, penting untuk bersikap ramah kepada kandidat. Selain itu Anda harus selalu memberikan informasi terkait kejelasan status mereka. Ketika kandidat tahu dengan hasilnya, mereka merasa dihargai. Dengan demikian kandidat akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan dan akan berdampak kepada employer branding Anda.

Ada tips lainnya yang berkaitan dengan wawancara, yaitu menguatkan komunikasi saat wawancara. Anda dapat membaca di artikel “6 Tips Komunikasi yang Kuat Ketika Melakukan Interview dengan Kandidat” untuk mendapatkan detailnya. Selain itu Anda bisa menggunakan Urbanhire, platform perekrutan dengan Applicant Tracking System ketika ingin melakukan wawancara virtual karena Urbanhire memilki fitur video interview yang bekerjasama dengan Astronaut