Urbanhire Jobseeker

Mempersiapkan Karyawan Agar Memberikan Feedback

23

Apr 2020

Urbanhire – Sebagai praktisi HR, Anda perlu mendapatkan feedback atau tanggapan dari karyawan Anda. Tujuannya adalah agar Anda tahu bahwa, keadaan karyawan dan perusahaan sedang baik-baik saja. Namun tantangannya adalah tidak semua karyawan mau memberikan feedback untuk Anda terutama feedback yang bersifat saling memberikan tanggapan. Ada berbagai faktor karyawan tidak mau memberikan tanggapannya, salah satunya adalah takut dengan atasan atau kolega yang dapat mempengaruhi hubungan mereka. Lalu bagaiaman Anda mempersiapkan agar karyawan mau memberikan tanggapan kepada Anda?

Berikan Sebuah Metode Kepada Karyawan

Sebenarnya feedback 360 derajat atau tanggapan tidak hanya untuk mengetahui keadaan perusahaan Anda. Tanggapan ini bisa menjadi alat atau dasar untuk mengembangkan kemampuan karyawan Anda dan perusahaan. Agar tanggapan ini berhasil Anda dapatkan, karyawan perlu mengetahui bagaimana memberikan tanggapan dengan baik. Dalam hal ini dibutuhkan kepercayaan terhadap karyawan dan manajemen. Untuk itu Anda perlu memastikan semua karyawan mendapatkan pelatihan yang diperlukan untuk menyampaikan tanggapan kinerja yang relevan. Selain itu, Anda perlu menjaminan bahwa tanggapan yang berasal dari individu akan ditampilkan secara anonim. Tujuan dari ini adalah memberikan rasa aman kepada karyawan karena terkadang berpikir bahwa tanggapan tersebut akan berdampak pada hubungan kerja, peningkatan prestasi, dan peluang promosi mereka. Dengan anonim, akan mendorong karyawan untuk memberikan tanggapan sejujur-jujurnya. Tidak kalah penting adalah ketika Anda ingin mendapatkan tanggapan tersebut, Anda harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh karyawan Anda

Memberi Dukungan Ketika Mendapatkan Feedback

Salah satu alasan utama organisasi menggunakan feedback 360 derajat adalah agar karyawan dapat menerima tanggapan tentang kinerja mereka. Dan mereka harus siap untuk mendengar hasilnya. Anda perlu memberikan penjelasan bahwa tanggapan ini untuk memberikan pemahaman yang lebih objektif tentang kinerja mereka untuk mengurangi bias. Proses pemberian tanggapan 360 derajat ini dapat menyatukan beragam sudut pandang dari sekitar organisasi dan menunjukkan di mana karyawan tersebut unggul dan di mana mereka harus meningkatkan kekurangan mereka. Berikan waktu untuk karyawan Anda dalam mencerna hasil tanggapan yang ditunjukan oleh mereka. Setelah itu Anda harus mendampingi mereka dan bekerjasama dengan manajemen untuk meningkatkan kelemahannya.

Ketika Anda menjalankan proses ini, Anda juga bisa menyebarkan survei kepuasan karyawan secara bersamaan. Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui tingkat kebahagiaan mereka. Kebahagiaan karyawan akan berpengaruh juga kepada produktivitas perusahaan. Di dalam artikel Alasan Survei Kepuasan Karyawan Itu Penting Anda akan mengetahui seberapa pentingnya servei tersebut. Selain itu kami sarankan Anda untuk menggunakan Urbanhire untuk mempermudah Anda dalam masalah perekrutan. Urbanhire, sebuah platform perekrutan yang memiliki Applicant Tracking System (ATS) yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan proses perekrutan secara efisien.