Urbanhire Jobseeker

Menangani Performa Karyawan Yang Menurun

25

Oct 2019

Urbanhire – Memang tidak mudah untuk mengelola sumber daya manusia di dalam sebuah organisasi. Apalagi Anda harus menghadapi berbagai permasalahan tentang sumber daya manusia khususnya performa karyawan yang menurun. Sebenarnya, masalah performa yang turun tidak dialami oleh semua karyawan. Namun bila ini terjadi karena ada faktor yang mempengaruhinya yaitu hilangnya ikatan emosional antara karyawan dengan pekerjaan dan lingkungan kerja. Jika Anda sudah menemukan gejala-gejala adanya penurunan performa, Anda harus segera bertindak agar karyawan yang performanya turun mempengaruhi bisnis Anda.

Untuk menangani performa karyawan yang menurun, Anda perlu menjadi seorang pemimpin yang baik dalam mengamati karyawan Anda agar karyawan-karyawan Anda tetap dalam performa terbaiknya. Lalu bagaimana tips untuk menangani performa karyawan yang menurun?

Berikan Feedback Atau Komentar

Salah satu cara terbaik untuk menangani performa karyawan yang menurun adalah memberikan feedback atau komentar adalah dengan mengatakan langsung kepada karyawan yang performanya menurun. Tujuannya, agar karyawan yang performanya menurun tahu secara langsung dan menunjukan bahwa Anda selalu memperhatikan karyawan-karyawan Anda serta ingin menunjukan kalau Anda tetap ingin mempertahankannya.

Menyiapkan Rencana Terbaik Dan Terburuk

Ketika Anda menghadapi sebuah isu dalam menangani performa karyawan yang menurun alangkah baiknya Anda menyiapkan dua buah rencana, yaitu rencana yang terbaik dan terburuk. Rencana terbaiknya adalah tetap memberikan kesempatan kepada karyawan tersebut. Anda bisa langsung mengatakan untuk meningkatkan performanya agar dapat Anda pertahankan. Namun bila Anda lihat karyawan tersebut memang kurang pantas untuk dipertahankan Anda dapat menggunakan rencana yang terburuk yaitu dengan memberhentikan karyawan tersebut.

Meningkatkan Komunikasi Dengan Baik

Organisasi akan berjalan dengan baik bila komunikasi antar anggota Anda berjalan dengan baik pula. Terkadang penurunan performa karyawan Anda disebabkan oleh pesan yang Anda sampaikan tidak diterima dengan baik oleh karyawan-karyawan Anda. Kesalahan terbesar dalam organisasi adalah para manager atau atasan sering menyimpan tujuan-tujuan mereka tanpa memberikan arahan dan hanya perintah. Ini lah yang dapat membuat performa karyawan Anda menurun. Untuk itu Anda dan manager-manager Anda perlu untuk selalu menyampaikan rencana dan tujuan Anda agar para karyawan memahami dan mampu mencapai target sesuai harapan Anda

Tentukan Target Di Awal

Agar performa karyawan Anda tidak turun, Anda perlu menetapkan target setiap individu. Anda dapat meminta mereka untuk menyampaikan strategi-strategi mereka dalam mencapai target tersebut. Setelah Anda mendengarkan strategi mereka, Anda dapat memberikan masukan berupa poin-poin yang perlu ditingkatkan agar mereka lebih mudah dalam mencapai target.

Mengontrol Implementasi

Ketika Anda sudah menentukan target dan mengetahui strategi-strategi setiap individu, Anda harus selalu mengawasi dan mengontrol bagaimana karyawan-karyawan Anda mengimplementasikan strategi mereka. Pastikan Anda tetap menjaga agar karyawan Anda tetap berjalan sesuai rencana.

Dari semua tips di atas, Anda juga perlu untuk selalu memberikan motivasi kepada karyawan Anda. Tujuannya adalah menumbuhkan ikatan emosional antara Anda dengan bawahan Anda. Ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda lihat di artikel “10 Tips untuk Memotivasi Karyawan”

Dan kami sarankan untuk Anda agar memakai Urbanhire yang memiliki teknologi ATS (Applicants Tracking System) dalam mencari kandidat terbaik dan berkualitas untuk perusahaan Anda, karena Urbanhire memiliki melalui fitur Pre-Assessment Questions Urbanhire